Pekerjaan rumah seperti membersihkan ruangan, menyetrika, dan mencuci baju, dan mencuci piring adalah tugas yang melelahkan. Apalagi jika kamu harus mengerjakan semua itu sambil bekerja di rumah alias work from home. Pasti rasa lelah menjadi berlipat ganda. Belum lagi jika kamu harus mengasuh anak.

Untuk meringankan pekerjaan rumah kamu, berikut daftar pekerjaan rumah yang tidak perlu kamu lakukan terlalu sering. Bahkan, jika kamu tidak melakukan pekerjaan ini pun, tidak akan ada hal buruk yang terjadi di rumah kamu :

  1. Menyetrika tirai dan seprei 

Butuh waktu lama untuk menyetrika kain sebesar tirai dan seprei. Dan menyetrika kain itu pun sebenarnya tidak diperlukan, karena tirai dan seprei kamu akan lurus dengan sendirinya ketika mulai dipakai. Jadi, apakah kamu masih perlu membuang banyak waktu dan tenaga untuk menyetrikanya? Tentu tidak. 

Mulai sekarang kamu bisa melewatkan pekerjaan yang melelahkan ini. Cukup lipat dan simpan seprei kamu setelah kering, atau kamu bisa langsung memakainya. Tanpa menyetrika tirai dan seprei, kamu bisa menghemat tenaga dan listrik.

  1. Mengepel lantai kayu dengan banyak air

Air dan lantai kayu bukanlah teman terbaik. Tentu bukan berarti kamu tidak boleh mencuci lantai sama sekali, hanya saja kamu tidak boleh menggunakan terlalu banyak air, karena hal itu dapat meninggalkan noda di permukaan lantai. Selain itu, jika lantai kayu kamu memiliki retakan, air akan masuk ke dalam dan merusak kayu kamu. 

  1. Terlalu sering membersihkan toilet 

Jika toilet kamu sudah terlihat bersih dan tidak ada noda yang tampak, maka kamu tidak perlu menggosok atau mencucinya. Cukup bersihkan toilet kamu seminggu sekali saja, tidak perlu setiap hari atau tiga hari sekali. 

Karena faktanya, toilet bukanlah tempat paling kotor di rumah. Bakteri di wastafel dapur jauh lebih banyak daripada di toilet. Bahkan bakteri di handphone kamu mungkin akan jauh lebih bahaya dari toilet. Sebaiknya kamu lebih sering membersihkan wastafel dapur dan handphone kamu usai menggunakannya. 

  1. Membersihkan debu dengan kain kering setiap hari

Banyak orang lebih suka membersihkan permukaan barang dengan kain bekas. Mereka juga kerap membersihkan debu di permukaan furnitur rumah, bahkan ada yang setiap hari melakukannya. Padahal, lebih baik kamu membersihkan debu seminggu sekali daripada melakukannya setiap hari. 

Pertama, kain kering dapat merusak furnitur karena akan ada goresan kecil di permukaan furnitur. Kedua, debu tidak akan menempel di kain, debu hanya akan menyebar ke udara dan mendarat di tempat lain. 

  1. Membersihkan cermin kamar mandi 

Jika ada sidik jari atau beberapa tetes pasta gigi di cermin, kamu bisa menggunakan handuk micro fiber basah untuk menghilangkannya. Usahakan untuk menghindari penggunaan cairan khusus untuk membersihkan cermin, karena jika kamu terlalu sering memakai cairan pembersih, permukaan cermin bisa cepat rusak. 

  1. Membersihkan debu dari buku 

Saat membersihkan rak buku, biasanya kita akan mengelapnya dengan handuk kering. Padahal, hal itu bisa merusak buku. Jangan membersihkan buku setiap hari, karena buku harusnya dibersihkan setiap 3 sampai 4 bulan sekali dengan gerakan lembut menggunakan kain yang lembut juga. 

Jika memang jarang digunakan, sebaiknya kamu simpan buku di dalam rak tertutup sehingga mengurangi debu yang masuk. 

Baca Juga :

Ini Lho Pekerjaan Rumah yang Bisa Bantu Bakar Lemak di Tubuhmu

Beberapa Dampak Buruk yang Terjadi Jika Kamu Membawa Pekerjaan ke Rumah

10 Cara Menyulap Perabot Rumah Tangga Agar Terlihat Baru Lagi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

HP Lemot? Coba 5 Trik Ini Agar HP Makin Gesit

Handphone (HP) yang lemot alias lambat, bukan berarti