Orang cenderung berpikir bahwa mereka dapat mengendalikan reaksi dari tubuh mereka. Padahal, ada berbagai jenis reaksi yang terjadi tanpa disengaja. Tidak peduli seberapa keras kita kamu mencoba mengendalikannya, tetap saja reaksi ini tidak dapat dikendalikan tubuh.

Nah, salah satu reaksi tersebut adalah blushing atau tersipu. Ketika kamu mengalami reaksi tersipu, maka kamu akan mendapati wajah kamu memerah terutama pada bagian pipi.  Hal ini merupakan respons spontan yang tidak dapat kita hindari maupun kita munculkan dengan sengaja. Jadi, tidak ada blushing yang palsu (kecuali ketika kamu memakai perona pipi ya!)

Reaksi wajah memerah atau blushing ini adalah reaksi yang tulus dan unik, sehingga cenderung sulit untuk dipahami. Tapi di sini, kamu akan mendapat beberapa fakta menarik tentang apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh saat kamu tersipu :

  1. Apa yang terjadi pada tubuh kita saat kita tersipu

Tubuh manusia mengalami rangkaian reaksi dan juga proses, sebelum pada akhirnya memunculkan perubahan warna pada pipi dan wajah kita. Wajah memerah tampaknya merupakan reaksi alami terhadap sesuatu yang disebut sistem saraf simpatik, yang bertanggung jawab atas beberapa respons tak sadar yang terjadi sangat cepat di tubuh kita.

Saat sistem saraf ini merasakan beberapa jenis emosi tertentu, sistem akan mengirimkan pesan ke kelenjar adrenal untuk melepaskan hormon yang disebut hormon adrenalin, yaitu hormon yang juga bertanggung jawab untuk memicu respons tubuh saat melawan atau lari.  

Ketika hormon ini dilepaskan, detak jantung kita mulai berpacu, sehingga menyebabkan pembuluh darah membesar, kemudian dapat meningkatkan kadar oksigen dalam aliran darah.

Penelitian telah menemukan bukti bahwa area yang paling rentan terhadap wajah memerah atau blushing adalah area pipi, leher, dan telinga.

  1. Kenali kemungkinan penyebab mengapa kamu blushing

Kita sudah mengetahui proses internal yang menyebabkan tubuh kita mengalami reaksi blushing. Nah, sekarang kita akan mengenal  apa yang sebenarnya memicu respons seperti blushing/tersipu :

  • Emosi

Rasa malu, malu, jatuh cinta, atau bahkan kemarahan bisa menjadi alasan mengapa beberapa bagian di wajah kita jadi memerah.

  • Suhu

Jika suhu tubuh kita naik karena panas atau karena latihan fisik, maka bisa jadi akan muncul warna kemerahan di wajah kita. Selain suhu panas, suhu dingin yang ekstrem pun dapat menyebabkan warna telinga, hidung, dan pipi kita jadi memerah.

  • Demam

Ketika suhu tubuh kita meningkat karena reaksi virus atau bakteri, maka wajah bisa berubah menjadi berwarna kemerahan. Ketika demam sudah mereda, kemerahan pada wajah pun akan hilang dengan sendirinya.

  • Makanan atau minuman

Makan sesuatu yang sangat pedas, atau makan suatu makanan yang mengandung komponen kimia tertentu, ternyata juga dapat menyebabkan wajah kita jadi memerah.  Hal yang sama bisa terjadi jika kamu meminum sesuatu yang sangat panas atau meminum alkohol.

Sekarang kamu sudah tahu kan alasan mengapa wajah kamu bisa tersipu?

Kira-kira penyebab manakah yang sering membuat kamu blushing?

Apakah karena emosi yang kamu rasakan saat jatuh cinta? Atau karena makan makanan pedas?

Baca Juga :

Hal-Hal Mendasar yang Diharapkan Wanita Dari Seorang Pria Dalam Setiap Hubungan

6 Tanda yang Jelas Bahwa Seseorang Menyukai Kamu

Temui Magnolia, The Hair Stylist Prodigee yang Masih Berumur 5 Tahun

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ini 7 Tanda Kamu Sedang Kelelahan Secara Mental

Rollercoaster kehidupan sangat mungkin membuat seseorang kelelahan, baik