Semua orang memiliki kebiasaan atau cara duduk masing-masing. Karena bentuk tubuh dan parameter kenyamanan orang bisa berbeda-beda, jadi wajar jika setiap orang memiliki posisi favorit saat duduk. Tapi, meskipun rasa nyaman adalah hal utama, nyatanya rasa nyaman saat duduk tidak menjamin keamanan dan kesehatan tubuh kamu.

Faktanya menunjukkan bahwa salah satu cara duduk yang populer, yaitu duduk dengan menyilangkan kaki, ternyata dapat memberikan banyak efek negatif pada tubuh kita. Meskipun ini posisi yang nyaman bagi banyak orang, tapi mulai sekarang kamu harus mempertimbangkan untuk menghentikan kebiasaan ini jika tidak ingin kesehatan kamu terganggu. 

Selain menghindari posisi duduk dengan menyilangkan kaki, penting juga bagi kamu untuk membiasakan diri agar selalu duduk dengan posisi tegak sepanjang waktu, apalagi jika pekerjaan kamu mengharuskan kamu duduk sepanjang hari.  Duduk tegak tidak hanya baik bagi kesehatan fisik kamu, tapi juga baik untuk meningkatkan rasa percaya diri.

Demi kesehatan tubuh, kenalilah 5 alasan mengapa posisi duduk menyilangkan kaki bisa berisiko membahayakan kesehatan kamu :

  1. Duduk Menyilangkan Kaki Dapat Memicu Kelumpuhan Saraf

Duduk bersila dalam waktu lama, atau duduk dengan posisi menyilangkan kaki, ternyata dapat menyebabkan kondisi yang disebut kelumpuhan saraf. Hal ini dapat terjadi karena selama kamu duduk, kamu cenderung tidak dapat mengangkat kaki kamu, sehingga ini menyebabkan otot jadi mati rasa dan kamu bahkan bisa melukai saraf peroneal kamu.

  1. Duduk Menyilangkan Kaki Dapat Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

Menurut penelitian, duduk dengan menyilangkan kaki setinggi lutut secara signifikan dapat meningkatkan tekanan darah kamu. Dapat dipastikan bahwa ketika kamu duduk dengan posisi itu, tidak ada lonjakan tekanan darah yang terjadi di pergelangan kaki. Memang lonjakan darah tersebut hanya bersifat sementara, namun sebaiknya kamu menghindari duduk dengan posisi ini jika kamu menderita tekanan darah tinggi, karena posisi ini akan memperburuk masalah tekanan darah tinggi yang kamu alami.

  1. Duduk Menyilangkan Kaki Dapat Membentuk Postur Tubuh yang Buruk 

Duduk dengan kaki disilangkan selama lebih dari 3 jam per hari dapat menyebabkan bahu dan panggul kamu miring ke samping, dan mungkin akan menyejajarkan kepala lebih jauh ke depan. Posisi ini juga dapat menyebabkan ketidaksejajaran tulang belakang kamu, sehingga postur tubuh kamu menjadi buruk. Postur tubuh yang buruk dapat  menyebabkan nyeri dan kekakuan pada otot.

  1. Duduk Menyilangkan Kaki Dapat Menyebabkan Nyeri Sendi

Duduk dengan menyilangkan kaki tidak hanya buruk untuk postur tubuh kamu, tetapi juga dapat menyebabkan nyeri pada persendian kamu. Risiko nyeri sendi bisa melukai leher, panggul, punggung bawah, dan juga melukai lutut kamu. Jika kamu adalah seorang penderita nyeri sendi, sebaiknya kamu segera menghentikan kebiasaan posisi duduk ini.

  1. Duduk Menyilangkan Kaki Dapat Menyebabkan Pembengkakan Pergelangan Kaki Selama Kehamilan

Jika kamu sedang hamil, maka kamu harus segera menghentikan posisi duduk dengan  menyilangkan kaki. Memang posisi duduk dengan menyilangkan kaki cenderung aman bagi bayi kamu, tapi posisi ini dapat menyebabkan pergelangan kaki menjadi bengkak dan dapat menyebabkan kram kaki. 

Jika kamu mengalami salah satu dari efek tersebut, cobalah untuk mengubah posisi duduk kamu dan mulailah duduk dengan kedua kaki menapak di lantai.

Baca Juga :

7 Cara Mengontrol Kandung Kemih Saat Tidak Ada Kamar Mandi untuk Buang Air Kecil

7 Bahasa Tubuh yang Bisa Membuat Orang Lain Jengkel

Cara Mudah Untuk Memperbaiki Postur Tubuh untuk Mengurangi Pegal Karena Bekerja

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Temukan Bakat Kamu Lewat 8 Cara Berikut

Minat dan bakat adalah kedua isu membuat orang