Dokter di China menyebut wajah kita sebagai “Jendela Kesehatan”. Kira-kira mengapa mereka menyebut wajah sebagai jendela kesehatan?

Ternyata, bukan tanpa alasan. Wajah disebut sebagai jendela kesehatan karena kulit kita bereaksi dengan sangat sensitif terhadap setiap kerusakan dan perubahan kinerja tubuh. Kulit dapat mengirimkan sinyal kepada kita dengan berbagai cara. Salah satu cara kulit merespons masalah dalam tubuh adalah dengan memberi sinyal atau kode melalui timbulnya jerawat di wajah. 

Berikut adalah daftar posisi jerawat di wajah dan apa artinya : 

  1. Jerawat di Dahi dan Alis

Muncul jerawat di area dahi dan sekitar alis? Ini bisa menjadi tanda masalah kesehatan. Kemungkinan besar, jika timbul jerawat di dahi dan alis, maka tubuh kamu sedang mengalami masalah gastrointestinal tertentu. Jembatan antara alis ternyata “bertanggung jawab” untuk memberikan tanda akan masalah kinerja hati.

Sebagai pertolongan awal, cobalah untuk mengatasi masalah ini dengan cara berhenti mengonsumsi makanan berlemak dan gorengan. Kamu juga direkomendasikan untuk mengurangi konsumsi alkohol. Mulailah merawat tubuh kamu dengan menu makan sehat. 

  1. Jerawat di Hidung

Uh, jerawat di hidung! Kamu pasti sangat jengkel ketika muncul jerawat di hidung kamu. Selain menyakitkan, jerawat di hidung juga bisa membuat kita jadi tidak percaya diri dengan penampilan kita. Ternyata, tidak hanya menyebalkan saja, jerawat di hidung juga menandakan adanya masalah sistem kardiovaskular. Penyebab utama dari masalah ini adalah stres.

Jika kamu mengalami jerawat di hidung, cobalah untuk mempertahankan gaya hidup yang aktif, rutinlah berolahraga agar tubuh dan pikiran kamu bisa lebih rileks. Jangan lupa untuk tidur cukup dan hindari begadang.  

  1. Jerawat di Telinga

Jerawat di telinga memang jarang, tapi bukan tidak mungkin kamu bisa mengalaminya. Menurut para dokter Tiongkok, kulit di telinga memiliki hubungan erat dengan kinerja ginjal dan sistem saluran kemih kita. Jika kamu menemukan jerawat di telinga, maka sebagai pertolongan pertama, perbaikilah pola makan kamu. Hindari konsumsi garam dan kopi dan perbanyak minum air putih agar tubuh selalu terhidrasi. 

  1. Jerawat di Sekitar Pipi dan Tulang Pipi

Jerawat di bagian pipi adalah yang paling umum terjadi. Tulang pipi dan bagian atas pipi ternyata dapat mencerminkan kerja paru-paru dan bronkus kita. Jadi, ketika ada jerawat muncul di area ini, bisa jadi tubuh sedang memberikan tanda bahwa ada masalah dalam sistem pernafasan kamu. Selain itu, jerawat di area pipi bagian bawah juga bisa menandakan masalah gigi.

Saat jerawat muncul di area pipi dan tulang pipi, mulailah untuk memperhatikan sistem pernapasan kamu. Pertama-tama, cobalah untuk lebih banyak berjalan kaki dan menghirup udara segar. Berhentilah merokok dan hindari smoking area. Pastikan kamu juga menjaga kebersihan gigi dan mulut serta mengurangi konsumsi produk makanan yang mengandung banyak gula. 

  1. Jerawat di Bibir

Jerawat yang muncul di bibir atau di area sekitar bibir dapat mengindikasikan masalah pencernaan.  Jika muncul jerawat di area bibir, cobalah untuk sepenuhnya berhenti mengonsumsi makanan cepat saji. Perbaiki menu makan kamu, perbanyak makan sayur dan buah yang kaya serat dan hindari berbagai produk makanan yang mengandung banyak pengawet. 

  1. Jerawat di Dagu

Jerawat di area dagu biasanya menunjukkan masalah  reproduksi, seperti masalah keseimbangan hormonal dan fase siklus menstruasi. Jika jerawat di dagu hanya muncul sesekali saja, maka hal itu adalah normal dan kamu tidak perlu panik. Tapi, jika kamu selalu mengalami masalah jerawat yang muncul di dagu, maka kamu perlu mengunjungi dokter dan memeriksakan diri. 

Baca Juga :

Penyebab Munculnya Jerawat di Badan dan Cara Mengatasinya

5 Solusi Menghilangkan Jerawat Dada

6 Makanan yang Akan Mengurangi Bekas Jerawat di Wajah Kamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Breaking Out di Masa Pandemi? 6 Alasan Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Apakah kamu mengalami jerawat berulang yang terus muncul