Tahukah kamu? Ternyata jerawat tidak hanya menyakitkan dan merusak penampilan, tapi jerawat juga merusak kulit dan jaringan di bawahnya. Tubuh kita mencoba memperbaiki kerusakan ini dan menghasilkan kolagen. Nah, jika tubuh memproduksi terlalu sedikit atau terlalu banyak kolagen, maka akan muncul bekas luka.

Berbagai industri kosmetik telah menemukan banyak cara untuk memerangi bekas jerawat, tetapi cara termudah, cara termurah dan cara yang paling alami untuk melakukannya adalah dengan memanjakan diri kamu dengan beberapa makanan lezat dan sehat.

Menu makan bergizi dan seimbang adalah kunci untuk kulit bercahaya. Berikut ini adalah beberapa makanan lezat untuk dimasukkan ke dalam daftar belanja kamu jika kamu ingin mengurangi bekas jerawat dan menyehatkan kulit  :

  • Labu

Mengapa Labu penting?

Labu adalah sumber niasin, folat, vitamin A dan B, dan seng yang hebat.

Kegunaan Labu :

Niacin dan folat meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan pembaruan sel, dan bermanfaat dalam mengobati jerawat. Biji labu mengandung seng, yang membantu mengontrol kadar hormon dan produksi minyak serta membantu penyembuhan kulit. Vitamin A membantu meminimalkan bekas jerawat.

  • Kale

Mengapa Kale penting?

Kale kaya akan vitamin C dan K dan merupakan sumber tembaga dan zat besi yang baik.

Kegunaan Kale :

Vitamin, mineral, dan antioksidan dalam Kale dapat mengurangi hiperpigmentasi dan membantu meratakan warna kulit kamu. Vitamin K bekerja untuk mengurangi flek hitam pada kulit kamu. Zat besi mempercepat penyembuhan luka atau bekas luka, termasuk bekas jerawat dan noda.

  • Lemon

Mengapa Lemon penting?

Jus lemon adalah astringent alami. Lemon akan mengencangkan kulit kendur dan melawan noda.

Kegunaan Lemon :

Kulit lemon mengandung flavonoid yang memiliki efek perlindungan dan anticarcinogenic pada kulit kamu. Mulai hari kamu dengan meminum segelas air hangat dengan jus lemon atau menggunakannya sebagai saus salad dapat membantu kamu mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.

  • Ubi Jalar

Mengapa Ubi Jalar penting?

Ubi jalar mengandung retinol dan beta-karoten.

Kegunaan Ubi Jalar :

Tubuh kamu mengubah beta-karoten menjadi vitamin A. Vitamin ini bekerja sebagai pelindung kulit terhadap perubahan warna, peradangan, dan pori-pori yang tersumbat, yang sering kali disebabkan oleh radikal bebas.

Retinol adalah bahan utama dalam banyak produk kecantikan karena melawan hiperpigmentasi, jerawat, garis halus, dan jaringan parut. Alih-alih membeli krim mahal, kamu bisa menikmati bentuk asli retinol dengan menambahkan ubi ke dalam makanan kamu.

  • Pepaya

Mengapa Pepaya penting?

Pepaya kaya akan enzim pencernaan yang disebut papain.

Kegunaan Pepaya :

Papain membantu mengelupas sel kulit mati, membuka pori-pori yang tersumbat, dan memudarkan bekas jerawat. Papain juga membuat kulit kamu terhidrasi dan mencegah berjerawat di masa depan.

  • Kembang Kol

Mengapa Kembang Kol penting?

Kembang kol adalah sumber vitamin C dan asam amino kuat yang disebut histidin.

Kegunaannya :

Histidine melindungi kulit kamu dari sinar UV yang berbahaya yang dapat membuat bintik hitam yang ada menjadi lebih buruk. Vitamin C melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, membantu tubuh kamu menyerap zat besi, dan menyembuhkan luka dan bekas luka.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/cara-cepat-menyamarkan-jerawat/

https://www.tampilcantik.com/6-mitos-jerawat-yang-tidak-boleh-dipercaya/

https://www.tampilcantik.com/6-jenis-jerawat-dan-penyebabnya/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

4 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Rambut Halus pada Wajah

Apakah kamu pernah merasa tidak nyaman dengan tumbuhnya