Kamu mungkin merasa bahwa keramas adalah hal yang mudah dilakukan. Kamu telah melakukannya sepanjang hidupmu dan tidak ada masalah selama kamu keramas, bukan? Tapi siapa sangka, ternyata ada beberapa kesalahan yang kamu lakukan tanpa kamu sadari. Kesalahan-kesalahan dalam mencuci rambut ini bisa menyebabkan dehidrasi rambut, kerusakan, atau bahkan infeksi kulit kepala, loh!

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang mungkin sering kamu lakukan dalam merawat rambut :

  • Terlalu sering keramas

Menurut para ahli medis, jika kamu ingin membersihkan rambut, sebenarnya kamu tidak perlu menggunakan sampo setiap kali keramas. Membilas rambut dengan air beberapa kali seminggu sudah cukup untuk menghilangkan kotoran yang menempel di rambutmu. Penggunaan sampo sebenarnya akan menghilangkan minyak dari rambut kamu. Minyak sangat penting untuk kesehatan rambut, karena membuatnya tetap lembap dan melindunginya dari kerusakan.

  • Menggunakan terlalu banyak sampo dan tidak bersih dalam membilas rambut

Membilas rambut kamu secara menyeluruh setidaknya selama satu menit sebelum menggunakan sampo membantu menghilangkan residu dari produk perawatan rambut yang terakhir kali kamu gunakan. Membiarkan rambut kamu benar-benar basah sebelum menggunakan sampo adalah langkah penting untuk keramas secara efektif. Jika rambut kamu basah dari atas sampai bawah, sampo akan lebih banyak berbusa dan menyebar lebih merata. Ini juga akan membantu kamu menghemat penggunaan sampo saat keramas.

  • Memakai kondisioner setelah keramas

Kita terbiasa keramas terlebih dahulu, baru setelah itu kita menggunakan kondisioner. Inilah yang direkomendasikan banyak orang dan juga yang tertulis di “cara pemakaian kondisioner” yang biasa terpampang pada belakang botol produk kondisioner. Tapi tahukah kamu? Ternyata rutinitas terbalik justru bisa bekerja lebih efektif untuk beberapa jenis rambut.

Memakai kondisioner terlebih dahulu akan membuat rambut kamu terlihat lebih tebal. Metode ini paling cocok diterapkan untuk rambut halus yang membutuhkan kelembapan. Tapi hati-hati, sebagian besar kondisioner justru dapat membebani rambut kamu dan bahkan membuatnya terlihat berminyak.

  • Memakai sampo sampai ujung rambut

Jika kamu mengoleskan sampo ke akar dan kemudian menambahkannya lagi ke bagian rambut lainnya, kamu mungkin merusak ujung rambut kamu. Akar sering kali menjadi bagian rambut yang paling berminyak. Tapi, seharusnya fokus utama kamu adalah memakai sampo di kulit kepala, bukan di ujung rambut kamu. Ujung rambut biasanya lebih kering, dan mencucinya dengan sampo akan membuatnya terlihat lebih kering.

  • Menggosok kulit kepala dengan kuku

Menggosok kulit kepala dengan kuat dapat menyebabkan lecet dan akhirnya dapat menyebabkan infeksi pada kulit kepala. Rambut kamu akan lebih rapuh dalam kondisi  basah, sehingga penggosokan yang agresif dapat menyebabkan kusut, patah, dan bahkan dapat melemahkan folikel. Cara terbaik untuk mencuci rambut adalah dengan memijat lembut akar rambut dengan jari dan telapak tangan.

  • Mencuci rambut dengan air panas

Suhu air terbaik untuk mencuci rambut adalah suam-suam kuku. Mencuci rambut dengan air panas bisa membuat rambut mudah patah dan melemahkan akarnya. Air yang sedikit hangat bisa membantu membuka kutikula rambut, dan rambut pun akan menyerap kondisioner dengan lebih baik. Cara terbaik adalah menyelesaikan rutinitas keramas dengan membilas rambut dengan air dingin, karena itu akan membantu menutup kutikula dan menjaga rambut agar tidak kusut.

  • Menyisir rambut saat rambut masih basah

Sekali lagi, rambut kita akan berada di posisi paling lemah ketika mereka dalam keadaan basah. Sehingga, jika kamu menyisir rambut saat rambut masih basah, kamu telah berkontribusi dalam misi merusak rambut. Bahkan, mengeringkan rambut dengan handuk juga bisa merusak helai rambut kamu, loh. Cara terbaik untuk mengeringkan rambut dengan aman adalah dengan menepuknya dengan lembut dan biarkan rambut mengering secara alami.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/lakukan-7-hal-ini-untuk-menghindari-rambut-berminyak-tanpa-terlalu-sering-keramas/

https://www.tampilcantik.com/perhatian-kesalahan-keramas-yang-dapat-membuat-rambutmu-rusak/

https://www.tampilcantik.com/lakukan-4-langkah-ini-setelah-keramas-untuk-membuat-rambut-kamu-menjadi-sehat/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengapa Rambut Kamu Beruban di Usia Muda?

Jika kamu mengira kamu satu-satunya orang yang rambutnya