Mencuci rambut terlalu sering dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan. Jika kamu keramas setiap hari, kamu akan menyebabkan kelenjar sebaceous menghasilkan lebih banyak lemak. Akibatnya, kamu masuk ke lingkaran setan dan membuat rambut kamu semakin rusak dan berminyak.

Untuk mencegah supaya kamu tidak terlalu sering mencuci rambut, maka kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini :

  • Perhatikan menu makanan kamu

Untuk memastikan rambut kamu tetap bersih lebih lama, maka singkirkan makanan berlemak atau goreng dari menu harian kamu. Hal yang sama berlaku untuk makanan yang mengandung gula, roti putih, dan makanan kaleng. Ganti produk ini dengan buah-buahan, sayuran, susu, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan. Menu tersebut akan membantu mengurangi aktivitas kelenjar sebaceous.

  • Gunakan sampo kering

Untuk menyembunyikan kilau berminyak yang menyebalkan, sisir rambut kamu menjadi helai-helai rambut yang rapi, kemudian oleskan sampo kering ke akar rambut seperti saat kamu menggunakan hairspray. Lakukan dari jarak 8 – 10 inci. Jika sampo kering berbentuk bubuk, maka oleskan ke akar, tunggu sepuluh menit, lalu sisir rambut kamu.

  • Perhatikan suhu air saat keramas

Apakah kamu sering mencuci rambut dengan air hangat? Mungkin kamu sangat menyukai keramas dengan air hangat karena rasanya sangat menyenangkan dan membuat badan kamu rileks. Tapi, setelah mencuci rambut dengan air hangat, sebaiknya kamu membilas rambut dengan air dingin supaya pori-pori pada rambut tertutup. Setelah itu, biarkan rambut kamu kering secara alami dan hindari penggunaan alat pengering rambut.

  • Kepang rambut kamu

Kepang jenis apa pun akan melakukan pekerjaan yang baik untuk menyamarkan akar rambut yang berminyak. Semakin tebal kepang yang kamu buat, maka semakin baik. Sebaiknya kamu untuk melakukan sedikit backcomb di rambut untuk menyembunyikan bagian rambut berminyak yang lebih terlihat dari yang lainnya.  Pastikan kepang kamu cukup kencang dan tidak mudah berubah atau berantakan.

  • Sisir rambut kamu sebelum tidur

Bagaimana kamu biasa menyisir rambut kamu? Apakah kamu menyisir rambut di pagi hari? Atau kamu pernah mencoba menyisir rambut sebelum tidur? Ternyata, hal yang tepat untuk dilakukan adalah menyisir rambut kamu sebelum tidur. Setelah kamu duduk di bantal, tarik rambut kamu sedemikian rupa dan atur rambut di sepanjang tepi atas bantal. Jika panjangnya memungkinkan, buat kucir kuda dengan cepat atau kepang longgar.

  • Hindari styling rambut

Cobalah untuk tidak memberikan preferensi pada gaya rambut yang halus dan ramping, seperti menambahkan gel atau mengikat terlalu kuat. Hal itu akan membuat rambut kamu terlihat lebih berantakan dan berminyak.  Pilihan terbaik adalah dengan sedikit menyisir rambut di bagian akar untuk mencapai volume yang lebih banyak, dan kemudian mengencangkannya dalam sanggul.

  • Cuci sisir secara teratur

Jangan lupa untuk membersihkan alat penata rambut kamu secara teratur untuk mencegah residu lemak kulit kepala, kondisioner, dan zat penata rambut lainnya kembali menempel di rambut kamu. Sikat dan sisir harus dicuci setidaknya seminggu sekali dalam air hangat atau cuci dengan sampo/sabun.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/3-hacks-untuk-atasi-rambut-berminyak-dengan-tepat/

https://www.tampilcantik.com/masalah-rambut-berminyak-siapa-takut/

https://www.tampilcantik.com/hanya-dengan-tips-ampuh-inilah-kamu-bisa-mengatasi-kulit-kepala-yang-mengelupas-dan-rambut-berminyak/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

4 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Rambut Halus pada Wajah

Apakah kamu pernah merasa tidak nyaman dengan tumbuhnya