Ketika kamu bangun pagi, kamu akan diadapkan dengan berbagai kemungkinan. Salah satu kemungkinan yang bisa jadi bencana di pagi harimu yang indah adalah… jerawat! Penampilanmu bisa jadi gawat ketika berhadapan dengan jerawat! Sebagian orang kana panik dan seketika merasa tidak percaya diri untuk keluar rumah menjalani hari-hari mereka hanya karena jerawat besar yang tiba-tiba muncul di area wajah. Selain mengacaukan penampilan, jerawat baru juga terasa sakit saat tersentuh.

Kira-kira apa yang akan kamu lakukan saat hal ini terjadi padamu? Apakah kamu akan mengoleskan perawatan jerawat yang mengandung 2% asam salisilat? Ya, bisa saja, tetapi itu membutuhkan waktu sekitar satu minggu untuk benar-benar menghilangkan jerawat. Jadi ada baiknya kamu mencari beberapa cara lain untuk mengecilkan jerawat dengan cepat.

Berikut cara cepat untuk menyamarkan jerawat pada wajah :

  • Gunakan krim hidrokortison sebagai pengobatan di titik jerawat

Seorang dokter kulit di New York, Francesca Fusco mengungkapkan bahwa krim hidrokortison mengandung steroid yang sama dengan bahan yang disuntikkan oleh para ahli dermatologi ke dalam jerawat untuk menghilangkannya. Semakin banyak kamu menumpuk produk pada titik jerawat dan semakin lama kamu membiarkan produk terserap, maka akan semakin efektif. Setelah mengaplikasikan krim, sebaiknya kamu menunggu 15 menit sebelum membilasnya.

  • Coba gunakan Visine

Ya, mungkin kamu menganggap hal ini terdengar tidak masuk akal, tapi fakta menyebutkan bahwa setetes Visine dapat membuat jerawat tidak terlalu meradang, sama seperti efek Visine pada mata merah. David Bank, seorang dokter kulit di Mount Kisco, New York menyatakan bahwa Visine mampu menghilangkan jerawat. Ambillah kapas yang dibasahi dengan Visine, kemudian oleskan dengan lembut pada bagian yang berjerawat. Sebagai catatan, meskipun produk ini dapat meringankan peradangan, tapi produk ini tidak bisa membuat benjolan jerawat kamu menjadi lebih kecil.

  • Cuci muka dengan asam salisilat 2%

Jika kamu rentan terhadap jerawat hormonal (jerawat yang biasanya terjadi di sekitar mulut), maka mulailah mencuci wajah kamu menggunakan asam salisilat 2% sekitar seminggu sebelum kamu menstruasi. Hal ini dapat kamu lakukan sebagai pencegahan. Jika kamu merasa kamu akan segera datang bulan, maka mulailah membersihkan wajah kamu dengan produk yang satu ini.

  • (Jika terpaksa) kamu bisa gunakan pengisap jerawat

Meletuskan jerawat sangat tidak direkomendasikan dalam hal perawatan kulit. Tentu kamu sudah tahu bahaya dan risiko dari memencet jerawat, kan? Memencet jerawat dapat merusak jaringan kulit dan membuat jerawat kamu bertambah parah. Tetapi jika kamu benar-benar harus menyingkirkannya saat ini juga, mungkin karena kamu memiliki acara penting yang tidak boleh kamu lewatkan seumur hidup, maka jangan buang pengisap jerawatmu.  Mulailah proses menghilangkan jerawat dengan mandi air panas. Basuh wajah kamu dengan sangat lembut dan sangat hati-hati menggunakan air hangat. Pastikan tangan kamu bersih dan steril. Kemudian, setelah pori-pori kamu mulai terbuka, maka dengan lembut, dengan sangat berhati-hati, tekanlah kulit di sekitar jerawat menggunakan kapas bersih.

Jika kamu takut, sebaiknya jangan lakukan. Alih-alih memencet jerawat, carilah cara lain yang lebih aman. Misalnya, kamu bisa menutup jerawat dengan berbagai teknik make up.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/6-mitos-jerawat-yang-tidak-boleh-dipercaya/

https://www.tampilcantik.com/6-jenis-jerawat-dan-penyebabnya/

https://www.tampilcantik.com/5-cara-ampuh-untuk-menghilangkan-jerawat-di-dada/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Tips Skincare Ala Korea yang Akan Membuat Wajah Awet Muda

Ketika bicara tentang perawatan kulit Korea alias K-Beauty,