Jerawat tidak hanya menyerang bagian wajah saja, tapi juga bisa muncul di bagian tubuh lainnya. Jerawat yang tumbuh di badan dan di wajah, sebenarnya memiliki penyebab yang sama. Jerawat muncul akibat produksi minyak berlebih, pori-pori tersumbat, dan peradangan. Selain itu, ada pula faktor-faktor lain, seperti genetika, hormon, dan stres.

Jerawat di badan sering muncul pada area yang biasa berminyak, seperti bagian tengah dada dan bagian atas punggung. Kadar minyak yang lebih tinggi membuat lingkungan kulit ini menjadi ideal bagi bakteri untuk terus tumbuh dan berkembang, sehingga menyebabkan peradangan dan jerawat. 

Selain bagian tengah dada dan bagian atas punggung, pantat juga merupakan area umum yang rawan berjerawat akibat iritasi keringat dan pakaian ketat. Tidak hanya pantat saja, bahkan kaki pun bisa berjerawat. Jerawat pada kaki biasa terjadi akibat iritasi di sekitar folikel rambut setelah bercukur.

Mengapa Tiba-tiba Jerawat Muncul di Badan? 

Seperti tadi sudah dibahas, bahwa jerawat bisa muncul karena banyak faktor.

  1. Jerawat Muncul Akibat Perubahan Gaya Hidup

Ketika kamu terlalu sering duduk, maka akan terjadi lebih banyak gesekan di bagian pantat kamu. Hal ini dapat menyebabkan pantat kamu menjadi berjerawat.  Gesekan pantat dan tempat duduk dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan berjerawat.

Rutinitas olahraga juga bisa memunculkan jerawat di badan. Ketika kamu menghabiskan banyak waktu dengan berolahraga, artinya kamu juga menghabiskan banyak waktu dengan pakaian yang basah terkena keringat. Apalagi, jika setelah olahraga kamu duduk bersantai di sofa, maka pori-pori kulit kamu akan makin tersumbat. Hal ini juga bisa menyebabkan jerawat muncul di badan.  

  1. Kurang Merawat Kulit

Ada banyak faktor yang membuat orang menjadi malas untuk merawat kulit, entah itu karena tidak ada waktu, atau enggan menghamburkan uang untuk skincare. Padahal, perawatan kulit sangat penting untuk menghilangkan sel kulit mati, minyak dan juga kotoran. Orang yang jarang mandi, dapat menyebabkan penumpukan minyak di tubuh, hingga akan muncul jerawat di beberapa bagian tubuh. 

  1. Pola Makan

Pola makan sangat berkontribusi pada munculnya jerawat. Jika kamu selalu makan makanan manis seperti donat, es krim, cake, cookies dan juga mengonsumsi alkohol, maka  kondisi jerawat akan semakin buruk. Studi menunjukkan bahwa konsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat, serta konsumsi produk susu berlebihan dapat memperburuk jerawat.

  1. Stres

Faktor terakhir adalah faktor psikologis. Ada beban emosional besar yang ditimbulkan oleh perubahan dunia di tahun 2020. Stres terkait pandemi dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Stres dapat meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh. Hal ini menyebabkan produksi minyak meningkat, hingga muncul peradangan kulit yang berujung pada masalah jerawat. 

Bagaimana cara menghilangkan jerawat di badan? 

Ketika kita ingin mengatasi suatu masalah (dalam hal ini adalah jerawat), tentu kita harus menemukan akar dari masalah tersebut. Beberapa faktor penyebab jerawat yang telah disebutkan di atas dapat membantu kamu menemukan solusi untuk menghilangkannya.

  1. Atasi Stres

Faktor stres adalah faktor paling marak terjadi saat ini. Oleh karena itu, temukanlah suatu  cara untuk menghilangkan stres. Misalnya, kamu bisa mulai melakukan yoga di rumah.  Yoga dan olahraga yang menenangkan di rumah bisa menjadi cara yang tepat untuk menghilangkan stres dan juga menyehatkan tubuh.

  1. Jaga Pola Makan

Perbanyak menu makan kamu dengan buah dan sayuran yang sehat bagi kesehatan tubuh dan kulit kamu. Kurangilah makanan cepat saji dan makanan yang tinggi gula serta karbohidrat. 

  1. Kenakan Pakaian Longgar

Untuk mengurangi gesekan saat duduk dan gesekan-gesekan lain pada bagian tubuh, kenakanlah pakaian longgar yang nyaman. Selain memudahkan aktivitas, pakaian longgar juga akan mengurangi gesekan yang dapat menyebabkan jerawat.

Baca Juga :

5 Solusi Menghilangkan Jerawat Dada

5 Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Jerawat di Dada

Lakukan Ini Sebelum Tidur untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Hati-hati, Salah Pilih Warna Rambut Bisa Membuat Kamu Terlihat Lebih Tua!

Semua orang ingin memiliki warna rambut yang akan