Menyisir rambut memang terlihat seperti hal yang mudah, tetapi sebenarnya ada aturan tersendiri dalam melakukannya. Ada panduan tentang bagaimana cara menyisir rambut yang benar dan bagaimana contoh menyisir rambut yang salah. 

Jika kamu menggunakan jenis sisir yang salah, rambut kamu bisa melemah dan mudah patah, sementara jika menyisir rambut dengan jenis sisir yang benar, rambut kamu berkilau, bebas kusut, dan semakin cepat tumbuh.

Berikut adalah daftar kesalahan paling umum dalam menyisir rambut, pastikan untuk menghindari kesalahan berikut supaya rambut kamu tidak rusak :

  1. Menyisir rambut ke arah yang salah

Menyisir rambut dengan arah  dari atas ke bawah dapat menarik rambut keluar dari folikel dan menyebabkan kerusakan. Cara terbaik untuk merapikan rambut kusut adalah dengan memulai beberapa inci dari ujung rambut, lalu sisi dengan lembut sampai ke akarnya. Teknik yang paling efisien adalah dengan membagi rambut menjadi beberapa bagian, lalu perlahan menghilangkan kusut di setiap bagian secara terpisah.

  1. Hanya menyisir ujung rambut

Memang benar bahwa kamu harus menyisir rambut dengan arah dari bawah ke atas, tapi itu bukan berarti kamu harus menghindari rambut di bagian atas. Ketahui dan pahami bahwa kulit kepala kamu menghasilkan minyak kaya nutrisi yang penting untuk kecantikan dan kesehatan rambut kamu. 

Penyebaran minyak dari akar ke ujung rambut akan membuat rambut kamu halus dan berkilau, dan bahkan mungkin memiliki efek anti kusut. Jadi, kamu harus menyisir rambut dari ujung hingga akar, jangan hanya sisir rambut bagian ujung saja. 

  1. Menggunakan sisir yang salah

Ada begitu banyak jenis sisir yang tersedia. Menggunakan sisir yang tepat dapat menyelamatkan rambut kamu dari kerusakan. Jika kamu memiliki rambut bergelombang dan keriting, pilih paddle brush, karena sisir jenis ini akan dengan mudah membebaskan rambut kusut. Jika rambut kamu halus dan tidak bervolume, sisir rambut jamu dengan boar bristles.

  1. Terlalu sering menyisir rambut

Menyisir terlalu sering akan membuat rambut menjadi lemah dan rusak. Cobalah untuk fokus pada kualitas menyisir daripada kuantitasnya. Jangan lupa untuk selalu memastikan sisir rambut kamu tetap bersih. Sering-seringlah mencuci sisir rambut, karena menggunakan sisir kotor justru akan menyebarkan sel kulit mati ke rambut kamu.

  1. Menggunakan sisir yang sama untuk rambut basah dan rambut kering

Rambut basah cenderung mudah patah, jadi penggunaan jenis sisir rambut yang salah dapat dengan mudah merusaknya. Alat terbaik untuk menyisir rambut basah kamu adalah sisir bergigi lebar. Ini akan mengurai rambut dengan aman. Jangan menggunakan sisir yang sama yang kamu gunakan untuk rambut kering, ya.

  1. Menyisir rambut ikal dalam kondisi kering

Hindarilah menyisir rambut keriting/ikal saat kondisi kering. Gunakan produk semprotan penghilang kusut atau kondisioner tanpa bilas ketika kamu ingin menyisir rambut keriting kamu. Sisirlah rambut dengan lembut tanpa menggunakan terlalu banyak tenaga. Menyisir rambut terlalu keras dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan dan kerusakan.

  1. Tidak menyisir rambut sebelum keramas

Sebelum kamu keramas, sebaiknya kamu juga menyisir rambut kamu untuk mencegah rambut kusut selama keramas. Pijat sampo dengan lembut ke kulit kepala kamu. Ingat, pijat bukan berarti menggosoknya ya! Saat mengeringkan rambut dengan handuk pun kamu tidak boleh menggosoknya, cukup kerutkan rambut pada handuk saja untuk menghilangkan tetesan air yang masih tersisa. 

Baca Juga :

7 Sisir Rambut Terbaik untuk Berbagai Kebutuhan

Sisir Rambut yang Tepat untuk Rambut Kamu

Jangan Cuman Seringnya Sisir Rambut, Kamu Juga Perlu Tahu Gimana Cara Membersihkannya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Jangan Lakukan 4 Hal Ini pada Pagi Hari Jika Ingin Kulit Tetap Sehat dan Cantik

Untuk menjaga kulit tetap sehat, cantik, dan terawat,