Pernahkah kamu berada pada situasi di mana kamu sangat ingin buang air tapi tidak ada kamar mandi di sekitarmu? Atau kamu sangat ingin buang air tapi waktu sedang tidak memungkinkan karena berbagai situasi?

Ketika kandung kemih sudah sekitar setengah penuh, kamu akan mulai merasakan keinginan untuk pergi ke kamar mandi. Seperti yang kamu ketahui, ini mungkin membuat kamu berada dalam situasi yang tidak nyaman, jika kamu tidak ada waktu untuk buang air atau tidak ada tempat yang tersedia.

Meskipun menahan untuk tidak buang air sangat tidak direkomendasikan karena alasan kesehatan, tetapi jika kamu harus menahannya untuk sementara waktu, kamu dapat mengikuti beberapa trik berikut ini :

  • Buanglah gas jika memungkinkan

Penumpukan gas di dalam usus kamu dapat memberi tekanan tambahan pada kandung kemih. Jadi, kamu bisa mengurangi tekanan ini dengan cara mengeluarkan gas. Setelah mengeluarkan gas, besar kemungkinan kamu akan merasa lebih nyaman dan kamu bisa menahan kencing lebih lama.

  • Ubah posisi tubuh kamu : duduk tegak tapi santai
Duduk di Kantor Tanpa Pegal dengan 5 Tips Posisi Duduk yang Benar!

Cara kamu memosisikan tubuh kamu dapat membantu mengencangkan otot-otot di sekitar kandung kemih dan membuat kamu dapat menahan buang air. Usahakan untuk tidak membungkuk, namun duduklah dengan tegak untuk mengurangi tekanan pada kandung kemih.

  • Jaga tubuh tetap hangat

Saat kamu kedinginan, tubuh kamu akan bereaksi terhadap penurunan suhu. Salah satu konsekuensinya adalah lebih banyak air kencing yang akan diproduksi oleh tubuh. Jadi, ketika kamu sudah memiliki keinginan untuk buang air kecil, tutupi diri kamu dengan selimut, pakailah jaket tebal atau nyalakan penghangat.

  • Berbaring

Menurut penelitian, tekanan pada kandung kemih akan turun secara progresif ketika kamu berbaring dibandingkan dengan ketika kamu berdiri atau dalam posisi vertikal. Saat berdiri, kamu akan menggunakan perut untuk menahan postur tubuh sehingga  berat kencing juga akan menekan kandung kemih kamu.

  • Silangkan kaki kamu saat berdiri

Uretra adalah saluran yang membawa kencing keluar dari tubuh. Kamu bisa memeras tabung ini sedikit dengan menyilangkan kaki kamu. Pastikan kamu menyilangkannya saat berdiri karena jika kamu menyilangkan kaki dalam posisi duduk, itu hanya akan menyebabkan lebih banyak tekanan pada kandung kemih.

  • Jangan tertawa                                  

Saat tertawa, otot-otot inti kamu akan tegang, sehingga memberi tekanan pada kandung kemih kamu. Namun, di sisi lain, otot sfingter yang menutup uretra untuk mencegah bocor, akan rileks dengan peningkatan tekanan ini dan saat itulah buang air kecil akan terjadi. Jadi jika kamu ingin menahan buang air, usahakan untuk tidak tertawa.

  • Hindari masuk ke dalam air

Jika kamu ingin menahan buang air kecil, sebaiknya kamu tidak berendam atau masuk ke dalam air dingin. Jika kebetulan kamu sedang berendam di dalam air hangat, sebaiknya kamu tidak keluar dari air sama sekali karena ketika meninggalkan permandian air hangat, lalu pergi ke tempat yang lebih dingin, kemungkinan itu akan memicu kamu untuk buang air kecil.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/ingin-buang-air-kecil-terus-bisa-jadi-karena-hal-hal-ini-ladies/

http://www.tampilcantik.com/ladies-tanda-tanda-ini-menunjukkan-bahwa-masalah-buang-air-kecilmu-bisa-jadi-batu-ginjal-waspada-ya/

http://www.tampilcantik.com/ada-yang-tidak-biasa-saat-buang-air-kecil-ini-alasan-mengapa-bau-urine-berbeda-dari-biasanya/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Standar Ganda yang Sering Dihadapi Para Wanita

Standar ganda adalah alasan bagi berbagai penderitaan yang