Kelelahan kini menjadi sesuatu yang banyak terjadi dimana-mana karena hidup kita yang sangat sibuk. Namun, bagi beberapa orang, ternyata kelelahan ekstrim yang mereka alami berasal dari sindrom kelelahan kronis, sebuah gangguan kompleks yang bergejala rasa lelah yang terus menerus dan membuat susah melakukan aktivitas. Dengan kelelahan ini, penderita jadi tak bisa berfungsi normal dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Apakah kamu merasa bahwa kelelahan yang kamu rasakan sedikit tidak wajar? Coba perhatikan gejala-gejala ini dan jika memang kamu mengalaminya, bisa jadi kelelahan yang kamu rasakan adalah pertanda kamu mengalami sindrom kelelahan kronis.

Jika kamu menjawab iya untuk berbagai pertanyaan ini, maka kamu harus waspada.

Apakah kamu merasa kelelahan bahkan setelah tidur semalaman?

Ini adalah komponen kunci dan paling membuat frustrasi dari sindrom ini. Tidur, walaupun dilakukan sampai semalaman penuh, tidak bisa meningkatkan enegi. Kebanyakan pasien dengan gangguan ini masih merasakan lelah bahkan walaupun mereka telah beristirahat cukup. Bayangkan tidur 10 hingga 12 jam dan masih belum bisa menarik dirimu dari tempat tidur di pagi hari. Separah inilah sindrom kelelahan kronis.

Apa yang menyulut rasa lelah ini masih merupakan sebuah misteri, meskipun banyak orang yang menderita sindrom ini bilang bahwa mereka terserang sindrom ini setelah terkena infeksi virus. Beberapa ahli percaya bahwa ini disebabkan oleh kombinasi berbagai faktor, termasuk sistem kekebalan tubuh yang terlalu reaktf dan abnormalitas hormon.

Apakah kamu merasa begitu lelah selama berbulan-bulan?

Kebanyakan orang akan merasa kelelahan selama beberapa hari, dimana mereka entah mengapa tak bisa mengusir rasa ini. Namun, diagnosis sindrom kelelahan kronis diberikan setelah seseorang mengalami kelelahan kronis selama lebih dari enam bulan. Dan, ini bukan merupakan sesuatu yang sering terjadi.

Apakah aktivitas apa pun membuatmu benar-benar capek?

Tidak butuh lebih dari sekedar sedikit aktivitas fisik atau stress emosional bagi seseorang dengan sindrom kelelahan kronis untuk menjadi begitu kehilangan tenaga. Pasien penyakit ini memiliki sensitivitas berlebihan pada aktivitas sehari-hari yang normal, seperti melakukan perjalanan ke tempat kerja, atau bahkan dalam kasus-kasus serius, berjalan menaiki tangga. Mereka bisa butuh berhari-hari untuk sembuh dari rasa lelah ini.

Apakah kamu merasa gejala lain?

Kelelahan yang tak habis-habis yang dialami oleh penderita sindrom kelelahan kronis bukan satu-satunya gejala, ada juga rasa sakit kepala, sakit sendi, sakit tenggorokan, dan otot yang kaku. Walaupn masih belum dipastikan apa penyebabnya, kemungkinan penyakit ini terkait dengan inflamasi kronis yang terjadi pada tubuh, dan karena itulah, gejala-gejala lain tersebut terjadi.

Jika kelelahanmu diiringi hal-hal di atas, maka kamu harus segera menghubungi dokter, ladies!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Kebenaran Tentang Kehidupan yang Jarang Diakui Orang

Di dunia ini banyak sekali kebenaran yang ditolak