Dalam hidup ini, kita sering menemui situasi dan kondisi yang di luar kendali kita. Dalam keadaan seperti itu, kita membutuhkan banyak kekuatan emosional, yang kadang-kadang memang berhasil kita kumpulkan. Tetapi, terkadang berusaha untuk “harus selalu kuat” dalam menghadapi masalah hidup, bisa berakibat fatal.

Sebuah studi melakukan penelitian tentang kelelahan emosional pada para perawat yang sering berada pada situasi tak terkendali yang membuat orang mengalami stres. Studi tersebut menunjukkan bukti menarik tentang apa arti tipe kelelahan emosional. Ternyata, dalam hidup ini, menjaga kehidupan emosional agar tetap stabil (menjaga kesehatan mental) adalah hal yang harus selalu menjadi prioritas utama seseorang.

Berikut adalah beberapa tanda atau sindrom Kelelahan Emosional, yang sering tidak diperhatikan. Padahal sebenarnya kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

  • Kelelahan Emosional, Kelebihan Rangsangan

Ketika seseorang mengalami kelelahan secara emosional, mereka sering kewalahan atau merasa memiliki beban berat dalam hidup. Terlalu banyak bekerja bukanlah satu-satunya alasan mengapa kelelahan emosional terjadi. Kelelahan emosional terjadi dalam banyak situasi lain juga, tidak hanya tentang pekerjaan. Kadang-kadang muncul dalam keadaan yang lebih pribadi seperti dengan masalah dengan orang tua, dengan pasangan, atau saat saat mengasuh anak.

Kelelahan emosional sangat berhubungan dengan kondisi di mana tanggung jawab yang ditanggung seseorang lebih besar daripada apa yang bisa ditangani oleh orang tersebut. Kelelahan emosional tidak berbeda dengan kelelahan fisik. Jenis penyakit ini menyebabkan timbulnya perasaan kekurangan kendali atas hidup.

  • Kemungkinan Penyebab Kelelahan Emosional

Terlepas dari kenyataan bahwa para perawat menunjukkan stres kronis akibat pekerjaan mereka, nyatanya siapa pun dapat berisiko menderita kelelahan emosional. Seseorang dapat menjadi semakin kewalahan dengan emosi, pikiran, atau perasaan negatif sampai-sampai mereka menjadi tidak mampu mengatasi stres.

Perasaan lelah secara emosional mungkin meningkat sepanjang hari, terutama pada saat-saat di mana pekerjaan paling menuntut tanggung jawab. Mungkin perasaan lelah tersebut hanya akan sedikit “lebih baik” ketika seseorang mendapatkan kompensasi atau hadiah atas pekerjaannya. Hadiah ini bisa bersifat pribadi atau bersifat finansial.

Perawat adalah contoh profesi yang dapat menunjukkan tuntutan tanggung jawab yang konstan di tempat kerja. Selain beban tanggung jawab, berikut keadaan lain yang juga dapat memicu kelelahan emosional :

  • Mengalami perubahan signifikan dalam hidup, seperti perceraian atau kematian orang yang dicintai
  • Memiliki situasi keuangan yang tidak stabil
  • Bekerja di bawah tekanan atau merasakan tekanan sosial dari keluarga, di tempat kerja, atau di sekolah
  • Memiliki penyakit kronis
  • Beberapa gejala yang mungkin membantu kamu memeriksa apakah kamu menderita kelelahan emosional

Kelelahan emosional bisa datang “secara diam-diam,” tetapi dapat dilihat juga dengan berbagai cara. Contohnya, ketika kamu merasakan kelelahan fisik yang lebih dari biasanya, atau ketika kamu sakit kepala, depresi, atau mengalami gangguan tidur. Jika salah satu dari hal-hal tersebut terjadi padamu dan mengganggu aktivitas sehari-hati kamu, sebaiknya kamu segera meminta bantuan profesional.

  • Kamu mungkin mengalami kesulitan untuk memfokuskan atau memvisualisasikan berbagai hal

Jika kamu tiba-tiba menjadi kesulitan untuk berkonsentrasi pada berbagai hal, kamu mungkin sedang mengalami kelelahan secara emosional. Beberapa orang bahkan mengalami kesulitan mengatur atau merencanakan berbagai hal dalam pikiran mereka.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/kecemasan-emosional-dan-keuangan-yang-ekstrem-akibat-wabah-covid-19/

https://www.tampilcantik.com/6-tanda-pelecehan-emosional-dalam-hubungan-asmara/

https://www.tampilcantik.com/tanda-bahwa-ketidakmampuanmu-dalam-jatuh-cinta-mungkin-adalah-sebuah-masalah-emosional-yang-lebih-besar/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Apa yang Terjadi pada Lemak Setelah Diet?

Tahun 2019 lalu, pola makan sehat dan kesadaran