Wajah kusam ada banyak sekali penyebabnya. Selain karena sering terkena paparan sinar matahari dan radikal bebas dari asap kendaraan, jarangnya melakukan eksfoliasi pada kulit wajah juga menyebabkan kulit kusam bahkan gampang jerawatan. Berbicara tentang eksfoliasi, sebenarnya apa itu pengertian eksfoliasi? Eksfoliasi adalah proses pembersihan atau pengangkatan sel kulit mati yang menyebabkan kulit kusam. Ketika kulit mati banyak menumpuk, hal ini akan menyebabkan jaringan kulit baru yang bercahaya dan merona akan tertutup. Alhasil, yang seharusnya kulit anda terlihat cerah alami malah menjadi kusam karena jarang melakukan eksfoliasi.

Jenis eksfoliasi sendiri ada dua macam, yaitu physical dan chemical. Physical eksfoliasi adalah proses pembersihan sel kulit mati dengan menggosok-gosokkan produk ke kulit wajah. Sedangkan untuk chemical, jenis ini lebih nyaman dan lembut karena tak harus menggosok wajah. Berikut tips yang bisa anda terapkan untuk melakukan eksfoliasi pada wajah.

  • Eksfoliasi Physical Menggunakan Scrub

Melakukan physical exfoliation pada wajah menggunakan scrub mungkin akan terasa menyakitkan jika dilakukan dengan cara yang kasar. Maka dari itu, anda harus melakukannya dengan lembut dengan gerakan memutar searah jarum jam dan bolak balik. Jika kulit anda cenderung sensitif, sebaiknya hindari menggunakan produk eksfoliasi jenis scrub karena akan memancing peradangan pada wajah anda.

  • Eksfoliasi Physical Menggunakan Sponge

Jika takut mencoba chemical eksfoliation yang kandungannya bermacam-macam dan malah akan menimbulkan masalah kulit yang baru pada wajah, anda bisa mencoba melakukan eksfoliasi physical dengan menggunakan sponge. Tidak seperti produk yang mengandung scrub, dengan menggunakan sponge, anda bisa melakukan eksfoliasi secara lembut dan tidak memicu peradangan pada kulit sensitif anda. Caranya cukup diusap-usapkan ke seluruh wajah secara perlahan dan tidak perlu ditekan kuat. Bahan sponge yang empuk dan lembut akan membantu mengangkat sel kulit mati.

  • Eksfoliasi Chemical Menggunakan Produk AHA

AHA atau kepanjangannya adalah Alpha-hydroxy acid adalah jenis bahan kimiawi yang akan meresap ke dalam lapisan kulit pertama. Bahan ini biasanya ada di beberapa produk skincare tertentu seperti serum, toner dan face wash. Jika anda membeli produk skincare dengan kandungan AHA di dalamnya, anda bisa sekaligus melakukan eksfoliasi pada kulit wajah anda.

  • Eksfoliasi Chemical Menggunakan Produk BHA

BHA adalah singkatan dari Beta-hydroxy acid. Tidak seperti AHA yang lebih ringan, produk skincare yang mengandung BHA lebih ampuh mengangkat komedo dan membunuh calon jerawat yang akan tumbuh. Cara kerja BHA akan terserap ke dalam kulit lapisan kulit pertama dan kedua. Di dalam lapisan tersebut, komedo-komedo yang membandel akan diberantas habis oleh BHA. Selain itu, jerawat-jerawat yang biasanya akan tumbuh juga berasal dari sana. Memakai produk BHA disarankan untuk kulit yang acne prone atau mudah berjerawat.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/apa-mungkin-melakukan-eksfoliasi-tanpa-scrub-makanya-kamu-harus-coba-ini/

https://www.tampilcantik.com/jangan-asal-asalan-yah-ternyata-kamu-harus-melakukan-eksfoliasi-dengan-cara-ini-agar-tidak-terjadi-iritasi/

https://www.tampilcantik.com/jika-jenis-kulitmu-berminyak-hindari-jenis-skincare-berikut/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

4 Cara Mencerahkan Warna Rambut dengan Bahan Alami (Tanpa Bleaching!)

Gaya rambut sudah bukan lagi kebutuhan sekunder apalagi