Memiliki kulit yang sehat, halus dan bercahaya adalah impian semua orang. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan melakukan perawatan secara rutin di rumah. Mulai dari rutin membersihkan wajah hingga eksfoliasi wajah setiap tiga sampai seminggu sekali. Dengan melakukan eksfoliasi secara rutin, sel kulit mati akan terangkat secara berkala dan meninggalkan wajah yang cerah, lembut dan bercahaya. Tetapi karena jenis kulit setiap orang berbeda-beda, menggunakan produk skincare eksfoliasi wajah agak sedikit tricky. Mau tidak mau, anda harus mencari tahu dan mencoba dahulu apakah produk yang anda incar cocok untuk jenis kulit dan masalah kulit yang sedang dihadapi. Ketika anda salah memilih produk, imbasnya adalah pada kulit anda sendiri. Yang tadinya tidak berjerawat menjadi berjerawat banyak. Yang tadinya tidak berminyak menjadi gampang berminyak. Maka dari itu anda harus hati-hati dan ketahui jenis kulit anda sendiri. Berikut adalah tips memakai produk eksfoliator wajah tergantung daari jenis kulit wajah yang dimiliki.

  • Jenis Kulit Berminyak

Kulit berminyak adalah jenis kulit wajah yang cenderung mudah ditumbuhi jerawat. Hal ini disebabkan karena minyak yang berada pada wajah akan sering menangkap kotoran dan debu juga radikal bebas. Sehingga jerawat dan bakal jerawat di dalam kulit bisa tumbuh karena hal tersebut. Untuk membersihkan dan melakukan eksfoliasi pada jenis kulit berminyak, anda bisa menggunakan produk eksfoliasi scrub, brush dan sponge. Hal ini membantu menyingkirkan kotoran-kotoran yang membandel dan juga menekan produksi minyak berlebih pada wajah.

  • Jenis Kulit Sensitif

Jenis kulit yang satu ini adalah kulit yang sangat rentan terkena iritasi dan peradangan jerawat yang parah. Menggunakan produk physical eksfoliator sangat tidak disarankan. Untuk membersihkan sel kulit mati yang menumpuk pada kulit sensitif, produk yang disarankan adalah chemical exfoliation. Produk chemical exfoliation masih dibagi menjadi dua, yaitu AHA dan BHA. Untuk memilih salah satunya, hal itu tergantung dari masalah yang dihadapi. Jika ingin membersihkan komedo yang membandel dapat memakai BHA. Namun jika masalah kulit yang dihadapi hanya kulit kusam, anda bisa menggunakan produk yang mengandung AHA.

  • Jenis Kulit Kering

Kulit kering adalah jenis kulit yang juga rentan terkena iritasi jika dibersihkan dengan menggunakan produk physical eksfoliator. Keadaan kulit yang kering disebabkan karena wajah tidak menghasilkan cukup minyajk untuk melembabkan kulit. Alhasil, anda harus memakai produk eksfoliator yang sekaligus dapat melembabkan kulit. Untuk anda yang memiliki kulit kering, anda bisa mengeksfoliasi wajah dengan menggunakan produk chemical eksfoliator yang mengandung AHA. Karena sifatnya yang mengeksfoliasi, kulit harus dilindungi agar sel kulit yang baru tidak terkena dampak radikal bebas dan sinar UV. Jangan lupa untuk selalu memakai sunscreen dengan kandungan SPF untuk melindungi kulit wajah.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/kenapa-ya-komedo-mudah-sekali-muncul-di-hidung-cari-tahu-yuk/

https://www.tampilcantik.com/mengenal-perbedaan-whitehead-dan-milia-serta-cara-penanganannya/

https://www.tampilcantik.com/hilangkan-milia-dengan-bahan-alami-ampuh-berikut-ini/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Mengapa Rambut Kamu Beruban di Usia Muda?

Jika kamu mengira kamu satu-satunya orang yang rambutnya