Siapa yang suka jika siklus buang air besar tidak lancar? Ketika yang seharusnya sehari bisa buang air besar satu kali, karena tidak lancar akhirnya buang air besar bisa dilakukan dua bahkan tiga hari sekali. Fenomena ini disebut dengan sembelit atau konstipasi. Sembelit sendiri adalah keadaan yang mengharuskan seseorang untuk mengalami kesulitan buang air besar. Saat sembelit, perut akan terasa sangat kembung dan penuh. Penyebab dari sembelit atau konstipasi pun ada berbagai macam. Mulai dari kebiasaan merokok, jarang berolah raga, sering begadang, hingga faktor makanan dan minuman yang dikonsumsi. Untuk menghindari sembelit, sebaiknya anda juga memperhatikan pola makan dan makanan serta minuman apa saja yang masuk ke dalam tubuh anda. Berikut adalah daftar makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan agar terhindar dari sembelit.

  • Roti Tawar Putih

Jika disuruh memilih antara menyantap sarapan berupa roti gandum atau roti tawar putih, kebanyakan orang pasti akan lebih memilih roti tawar putih. Makanan ini sendiri adalah makanan yang digemari banyak keluarga di Indonesia untuk dijadikan sarapan pagi. Apalagi jika diberi selai coklat, kacang hingga stroberi. Ternyata, di balik popularitas roti tawar putih, makanan ini adalah salah satu makanan yang dapat menyebabkan sembelit jika dikonsumsi berlebihan.

Dalam roti tawar putih tidak ada nutrisi apapun selain mengenyangkan saja. Jika anda banyak mengonsumsi makanan ini, bukannya serat yang didapat, sembelit malah akan semakin parah. Terlebih lagi, kadar sodium dalam roti tawar putih pun cukup tinggi. Padahal sodium sendiri meningkatkan kadar garam dalam tubuh yang dapat memicu penyakit jantung.

  • Kopi

Siapa yang tidak suka minum kopi? Selain membuat tenang, kebiasaan minum kopi di zaman sekarang seolah menjadi hobi semua orang. Jika anda adalah salah satu penggemar minuman berkafein ini, ada baiknya untuk berhati-hati dan tidak berlebihan dalam mengonsumsinya.Jika tubuh mengalami dehidrasi dan anda malah gencar mengonsumsi kopi, kafein yang terkandung di dalamnya hanya akan menyebabkan sembelit anda semakin menjadi-jadi.

  • Cokelat

Makanan yang selalu diincar dan diburu di tanggal 14 Februari ini ternyata juga biang kerok memperparah sembelit yang anda alami. Jika anda mengonsumsi coklat berlebihan, hal ini akan mempengaruhi proses pencernaan anda. Meskipun rasanya manis dan mudah dicerna, kandungan dalam coklat diduga bisa memperlambat gerak peristaltik otot usus untuk mengeluarkan kotoran yang sudah mengendap dalam usus besar. Akibatnya, rasa konstraksi untuk buang air besar akan samar bahkan hilang dan menyebabkan sembelit.

  • Daging Merah

Tidak seperti daging ayam, daging merah adalah makanan yang paling sulit dicerna oleh sistem pencernaan manusia. Tak jarang, sering ditemui kasus penderita sembelit yang sudah parah disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi daging merah. Nutrisi dan serat dalam daging merah hampir tidak ada, karena itulah makanan ini sulit dicerna dan menyebabkan sembelit jika tidak diimbangi dengan mengonsumsi sayur, buah dan berolahraga.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/ternyata-makanan-ini-yang-menyebabkan-sembelit-saat-puasa/

https://www.tampilcantik.com/saat-bulan-puasa-kamu-mengalami-sembelit-atasi-dengan-cara-ini/

https://www.tampilcantik.com/say-goodbye-untuk-sembelit-dengan-obat-stroberi-ini/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ramalan Zodiak Oktober 2020 untuk Libra, Scorpio, Sagittarius, Capricorn, Aquarius dan Pisces!

Bagaimana perasaan kamu setelah tiba di bulan ke-10