Bulan Ramadan tentu menjadi bulan yang amat dinantikan untuk semua umat muslim yang ada di dunia, termasuk juga di Indonesia. Untuk menghadapi bulan puasa, maka diperlukan fisik dan juga mental yang kuat dan siap. Namun, kerapkali yang menjalankan puasa mendapatkan keluhan berupa sembelit. Hmm, nggak enak banget ya pasti

 

Sebetulnya sembelit disebabkan karena asupan cairan yang kurang dan juga jadwal makan berubah hingga kurang konsumsi serat ketika berpuasa. Sembelit ketika puasa memang keluhan yang sering sekali dialami. Sebetulnya dengan penerapan pola makan yang benar dan gaya hidup sehat, maka sembelit bisa dicegah dan reda dengan sendirinya. Ketika memang obat dibutuhkan, maka obat pencahar adalah jawabannya.

 

Awal dari sembelit umumnya ditandai dengan kesulitan buang air besar, kerasnya tinja, rasa di anus mengganjal hingga perut kembung dan terasa penuh. Agar ibadah kamu tidak terganggu, maka berikut ini beberapa tips atasi sembelit yang menyiksa.

 

Cukupilah kebutuhan cairanmu

Memenuhi kebutuhan cairan saat puasa amat penting sehingga bisa bantu cegah dan redakan sembelit, mencegah dehidrasi dan pastinya lancarkan pencernaan. Setidaknya pastikan untuk minum air 2 liter. Aturlah jadwal minum sehingga kecukupan cairan bisa terpenuhi misalnya 2 gelas kala sahur dan 6 gelas kala berbuka puasa. Kurangi minum minuman manis dan perbanyak air putih ya.

 

Perbanyak asupan serat

Makanan yang kaya serat harus tetap kamu konsumsi selama berpuasa. Kamu bisa maksimalkan makanan yang kaya serat ini selama sahur. Dengan demikian maka sembelit bisa dicegah dan teratasi. Selain itu, asupan serat pun akan bisa menjadikan rasa lapar bisa lebih tertahankan selama puasa. Hal ini karena makanan yang berserat dapat dicerna dengan lebih lambat sehingga bisa jadikan perut terasa lebih lama kenyang. Kamu bisa mendapat asupan serat ini dengan konsumsi buah, sayur, biji dan kacang.

 

Tetap lakukan olahraga ringan

Puasa kerapkali menjadikan kamu malas bergerak karena khawatir haus dan pastinya sedang lemas karena tidak makan seharian. Meski demikian, kamu kan sudah sahur sehingga sebetulnya tenaga untuk melewati seharian penuh itu tetap ada. Hindari malas deh dan lakukan olahraga meski ringan. Untuk beberapa jenis olahraga yang dapat kamu pilih misalnya yoga, jalan santai hingga latihan peregangan. Tidak begitu menguras tenaga kok!

 

Atasi sembelit dengan obat pencahar

Cara di atas kadang membutuhkan waktu untuk bisa segera sembuh. Kamu pun akhirnya mulai tidak sabar karena rasa tidak nyaman luar biasa yang dirasakan. Jika demikian, maka ada baiknya kamu mengatasi sembelit memanfaatkan obat pencahar dimana bertujuan untuk melancarkan BAB. Saat ini ada beberapa jenis obat pencahar mulai dari bisacodyl dan laktulosa.

 

Untuk menggunakan obat pencahar, kamu harus mengikuti aturan sesuai yang ada di kemasan. Lebih aman lagi kamu harus menuruti anjuran dari dokter. Kamu juga harus menghindari pemakaian obat pencahar yang dipakai di jangka waktu lama lho ya karena tidak baik juga untuk tubuh. Pastikan untuk berusaha senantiasa menjaga pola hidup sehat sehingga bisa maksimal dalam menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga :

Intermittent Fasting atau Diet Puasa Berkala Paling Efektif Buat Orang-Orang Kaya Gini Nih

Haus dan Lapar Saat Puasa? Itu Pasti, Tapi Kamu Bisa Mengatasinya dengan Cara Ini

Nyangka Gak Sih Kalau Puasa Dapat Membuat Kamu Lebih Cantik???

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

9 Manfaat Luar Biasa dari Jambu Biji untuk Kulit Anda

Manfaat daun jambu biji banyak sekali. Merebus daun