Siapa sih yang kepikiran buat ikut ngejus biji pepaya bersama daging buahnya? Pasti ini seperti hal yang aneh  banget, bahkan mungkin cenderung menjijikkan buat kebanyakan orang. Tapi ternyata, mungkin selama ini kita salah. Tidak mengkonsumsi biji pepaya dan malah langsung membuangnya begitu saja ternyata menyia-nyiakan sesuatu yang sangat berguna.

Ini manfaat dari biji pepaya yang harus kamu tahu.

Kesehatan Hati

Biji pepaya mengandung nutrisi-nutrisi penting yang bisa membantu menyembuhkan penyakit hati. Jika kamu ingin mendapatkan manfaatnya, hancurkan 5-6 butir biji pepahaya dan konsumsilah bersama makanan atau jus, terutama jus jeruk nipis. Lakukan ini selama 30 hari dan dapatkan kebaikan biji pepaya bagi hatimu. Mengkonsumsi biji pepaya dalam jumlah kecil secara teratur bisa membantu mendetoks racun yang ada pada hari dan membuat penyakit jauh-jauh dari kamu.

Kesehatan Ginjal

Selain hati, kesehatan ginjal juga merupakan sesuatu yang akan meningkat jika kamu dengan teratur mengkonsumsi ini. Riset dari Universitas Karachi menemukan bahwa biji ini bisa dipakai untuk mencegah gagal ginjal. Bagi para penderita penyakit ginjal yang terkait karena keracunan, mengkonsumsi biji ini juga bisa membuang jauh racun dari ginjalmu dan mengembalikan kesehatannya.

Anti Bakteri dan Anti Virus

Mengkonsumsi sejumlah kecil pepaya saja ternyata mampu membunuh bakteri berbahaya dalam tubuhmu, termasuk Salmonella, E.colli, dan Staph. Ini adalah bakteri jahat yang bisa menyebabkan  berbagai macam penyakit dan infeksi seperti tipus, diare, dan bahkan demam berdarah dengur. Di Nigeria, orang-orang memanfaatkan biji pepaya dicampur dengan susu untuk menyembuhkan demam gejala demam. Selain itu, biji ini juga secara ekstensif dipakai di Costa Rica untuk melawan demam berdarah dengue. Manfaat yang sama juga bisa ditemukan pada daun pepaya.

Melawan Parasit

Biji pepaya mengandung zat alkaloid yang dinamakan carpaine. Zat ini bisa membunuh cacing dan parasit amoeba. Sedangkan, daging buah pepaya juga merupakan makanan yang bisa memetabolisasi protein dan membuat saluran usus  dan pencernaan menjadi tempat yang tak ramah bagi parasit sehingga mereka kesulitan hidup dan berkembang biak. Bahkan, berdasarkan studi yang dilakukan pada anak-anak di Nigeria, mengkonsumsi jus biji papaya selama 7 hari berturut-turut bsa membuat parasit hilang sekitar 75%.

Melancarkan Pencernaan

Baik pepaya muda yang belum masak maupun biji pepaya sangat tinggi kandungan enzim papain. Papain adalah sebuah enzim yang sangat membantu mencerna protein pada tubuh. Karena itu, proses metabolisme tubuh menjadi lebih lancar.

Tetapi, enzim ini tidak baik dikonsumsi wanita yang sedang atau berusaha hamil karena merupakan kontrasepsi alami. Begitu pula dengan pria. Makan satu sendok teh biji ini setiap haris elama 3 bulan bisa mengurangi produksi sperma walaupun tidak mempengaruhi libido. Tetapi, dampaknya hanay sementara, jadi tak perlu khawatir.

Baca juga Oops Jangan Lakukan Kesalahan Minum jus Buah Ini, Karena bisa Buat Kamu Jadi Gemuk

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tidak Perlu ke Gym, Ini 5 Cara Bakar Kalori Ekstra di Rumah

Olahraga untuk menurunkan berat badan sebenarnya tidak melulu