Kaki adalah bagian tubuh yang sangat penting tapi juga merupakan bagian yang paling sering disepelekan dan dilupakan. Hayo, coba kamu ingat-ingat. Apakah kamu selalu membersihkan kaki kamu saat mandi? Banyak orang yang jarang membersihkan kaki secara khusus saat mandi. 

Mari kita mulai tips ini dengan beberapa tips yang paling umum! 

Hal pertama yang harus kamu mengerti adalah kaki kita membutuhkan perawatan harian. Jika kamu ingin tumit kamu halus dan lembut, kamu harus membersihkan kaki dengan batu apung atau kikir kaki setiap hari. Inilah tips perawatan kaki umum untuk kamu :

  • Angkat sel kulit mati selama atau setelah mandi. Lakukan eksfoliasi dengan gerakan melingkar untuk hasil yang lebih baik. Bilas dan tepuk kaki kamu hingga kering setelah membersihkan sel kulit mati, lalu oleskan pelembab.
  • Rendam kaki kamu dengan air hangat atau air dingin. Ingat, kamu harus menggunakan air hangat, bukan air panas, karena air panas dapat membuat kulit kamu kering.
  • Gunakan scrub eksfoliasi untuk kaki kamu, baik scrub buatan pabrik atau scrub yang kamu buat sendiri dari madu, garam, gula, atau kopi.

Setelah kamu sudah rajin melakukan perawatan umum, saatnya kamu melakukan perawatan tambahan untuk mendapatkan kaki yang lembut dan cantik : 

  1. Soda kue

Kita semua tahu bahwa soda kue adalah bahan ajaib untuk perawatan kulit. Nah, untuk menggunakan soda kue, kamu perlu menyiapkan Soda Kue dan Air dengan perbandingan 3 : 1 (3=soda kue, 1=air).

Langkah Perawatan :

Campur bahan dalam mangkuk dan oleskan ke kaki kamu. Pijat kaki kamu dan beri  perhatian khusus pada bagian tumit, jari kaki, dan bagian kulit yang kapalan (jika ada). Setelah selesai, bilas kaki kamu dengan air hangat lalu gunakan pelembab.

  1. Cuka sari apel

Cuka sari apel tidak hanya terkenal untuk mengobati jerawat atau menjadi obat untuk kulit kering. Cuka sari apel pun bisa berguna untuk melembutkan kulit di kaki. Untuk perawatan ini, kamu perlu menyiapkan Cuka sari apel, Listerine, dan air hangat dengan berbandingan 1:1:2 (1=cuka sari apel, 1= listerine dan 2=air hangat)

Langkah Perawatan :

Campur semua bahan ke dalam baskom. Rendam kaki kamu tidak kurang dari 10 menit dan tidak lebih dari 20 menit. Keringkan kaki kamu, lalu eksfoliasi sel kulit mati di kaki dengan batu apung atau kikir kaki. 

Cara lain untuk menggunakan cuka sari apel adalah merendam kapas dalam cuka, lalu tempelkan ke area kaki yang kapalan. Setelah itu, kencangkan kapas dan cuka dengan perban berperekat, dan biarkan semalaman. Setelah bangun tidur di pagi hari, lepaskan perban dan lakukan eksfoliasi. 

  1. Madu

Selain lezat, madu juga merupakan pelembab kulit yang bagus. Untuk melembapkan dan melembutkan kulit kaki, siapkan madu dan air hangat lalu rendam kaki kamu di air madu. Perbandingan madu dan air hangat adalah ¼ cangkir madu untuk 1 liter air. 

Setelah merendam kaki, kamu juga bisa membuat scrub madu dengan menyiapkan bahan berikut :

  • ¼ cangkir gula merah
  • 2 sdm minyak kelapa
  • 2 sdm madu
  • 3 tetes minyak peppermint

Langkah Perawatan :

Campur semua bahan secara menyeluruh dalam mangkuk dan pijat scrub ke seluruh kaki kamu, lalu bilas dan keringkan dengan handuk. 

Baca Juga:

Kulit Kaki Pecah-pecah ? Atasi dengan Bahan Alami Ini

5 Cara Menghilangkan Sel Kulit Mati di Area Kaki

Perawatan Rumahan Untuk Kulit Gelap Pada Pergelangan Kaki

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

6 Tips Mengencangkan Kulit yang Kendur

Kulit kendor bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan