Tahukah kamu? Tren perawatan rambut dengan air beras sebenarnya telah digunakan selama berabad-abad dalam budaya Asia. 

Orang-orang Asia mencuci rambut mereka menggunakan air bekas rendaman beras. Mengapa mereka memakai air beras? Karena air beras hemat dan tidak membutuhkan usaha besar untuk mendapatkannya.

Hampir semua orang Asia suka mengonsumsi nasi, karena itu mereka akan selalu menanak nasi. Nah, air cucian beras selalu ada di rumah mereka, karena mencuci atau merendam beras adalah ritual wajib saat akan menanak nasi. Itulah mengapa air beras suka dimanfaatkan untuk merawat rambut agar tidak terbuang sia-sia.

Apakah air beras benar-benar bermanfaat untuk merawat rambut?

Tentu saja!

Air beras mengandung vitamin, mineral, dan hormon inositol yang dapat membuat rambut kamu lebih halus, lebih penuh (bervolume), tidak kusut, dan cepat tumbuh panjang. 

Secara teori, vitamin B dan vitamin E yang terkandung dalam air beras dapat membantu rambut kamu bertahan melawan oksidasi dan penuaan.

Meskipun penelitian tentang topik ini jarang dilakukan, sebuah studi di International Journal of Cosmetic Science telah merangkum manfaat menggunakan air beras untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk perawatan rambut.

Menurut penelitian, mencuci rambut dengan air beras bisa mengurangi gesekan rambut dan meningkatkan elastisitas rambut. Para ahli menjelaskan bahwa rambut juga bisa terasa lebih halus karena pati pada beras akan menempel di folikel rambut dan bertindak sebagai pelapis. 

Meskipun ai beras kaya manfaat, jangan jadikan air beras sebagai solusi pertama untuk rambut rontok. “ika masalah utama kamu adalah kerontokan rambut, kamu harus berkonsultasi dengan dokter kulit untuk perawatan yang memadai. 

Cara merawat rambut dengan air beras 

Oke, sekarang mari kita menuju ke tutorial perawatan rambut dengan air beras.

  1. Pertama, siapkan 1 – 1 ½ cangkir nasi mentah, mangkuk besar untuk menampung nasi dan air, saringan, dan botol semprot atau sampo kosong.
  2. Masukkan beras ke dalam saringan dan bilas dengan baik untuk memastikan tidak ada kotoran. Ingat, airnya harus jernih. Ada juga cara lain untuk step nomor dua ini yaitu memasukkan beras ke dalam mangkuk berisi air dan kemudian menyaringnya.
  3. Letakkan beras ke dalam mangkuk atau wadah lain yang kamu siapkan.
  4. Tuangkan 1 ½ cangkir air (atau sesuai porsi beras yang kamu gunakan), dan aduk. 
  5. Rendam beras selama kurang lebih 24 jam. 
  6. Jika sudah direndam 24 jam, tuang air beras ke dalam botol semprot atau botol sampo bersih agar perawatan lebih mudah. 
  7. Nah, sekarang kita mulai perawatannya. Pertama, kamu perlu keramas sampai bersih. 
  8. Selanjutnya, semprotkan air beras dalam jumlah banyak ke rambut kamu, pastikan kulit kepala kamu juga terkena semprotan air beras. Seluruh helai rambut dan kulit kepala harus terlumuri air beras. 
  9. Jika sudah, biarkan selama sekitar 20 menit. Anggap saja cara ini seperti saat kamu memakai masker rambut.
  10. Terakhir, bilas rambut kamu secara menyeluruh sampai bersih. Tidak perlu pakai sampo, ya. Cukup bilas dengan air biasa saja.

Nah, itulah cara merawat rambut pakai air beras. 

Baca Juga :

Merasa Tersiksa Karena Masalah Jerawat? Inilah Saatnya Kamu Mengatasinya Menggunakan Air Beras

Cara Luar Biasa yang Dilakukan Air Beras Untuk Kulit dan Rambut Kamu

Tips Menggunakan Air Beras untuk Perawatan Kulit Secara Rutin

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Ketahui Kapan Anda Harus Mengganti Make Up dan Parfum Anda

Angkat tangan, sudah berapa lama Anda menggunakan maskara