Tidak terasa bulan Ramadhan tinggal menghitung hari, jadi sebentar lagi seluruh umat islam di dunia akan melaksanakan ibadah puasa. Agar ibadah puasa kamu berjalan dengan lancar, kamu harus menjaga kondisi tubuh kamu agar tetap fit. Selain lancar dalam berpuasa, kamu juga bisa beribadah dengan lebih khusyuk. Tetapi karena perubahan pola makan yang terjadi, biasanya tubuh juga akan mengalami perubahan. Dan jika kamu tidak pintar-pintar menjaga tubuh kamu dengan baik, maka bisa jadi ibadah puasa kamu akan terganggu karena kondisi badan kamu yang tidak baik. Oleh karen itu, kamu harus mempersiapakan diri agar tetap fit selama puasa dengan beberapa cara ini, antara lain :

  1. Menghindari Makanan Pedas

Cara pertama yang harus kamu lakukan untuk mempersiapkan diri agar tetap fit saat puasa adalah dengan menghindari makanan pedas. Jika kamu mengonsumsi makanan pedas, maka akan membuat maag kamu kambuh. Apalagi jika perut masih dalam keadaan kosong dan langsung kamu isi dengan makanan pedas, pasti perut kamu akan terasa perih. Dengan begitu kamu tidak akan bisa menjalani ibadah puasa. Jadi, kamu jangan terlalu sering mengonsumsi makanan yang terlalu pedas.

  1. Minum dengan Pola 2-4-2

Cara selanjutnya yang harus kamu lakukan untuk mempersiapkan diri agar tetap fit saat puasa adalah minum air dengan pola 2-4-2. Saat puasa, kamu juga harus tetap menjaga asupan mineral untuk tubuh. Tetapi jangan terlalu banyak mengonsumsi mineral, karena hal tersebut dapat mengakibatkan pengenceran darah dalam tubuh. Jadi kamu harus mengonsumsi mineral dalam batas normal. Akan lebih baiik jika kamu menerapkan pola 2-4-2, yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat makan malam, dan 2 gelas saat sahur.

  1. Melakukan Olahraga Ringan

Cara selanjutnya yang harus kamu lakukan untuk mempersiapkan diri agar tetap fit saat puasa adalah dengan melakukan olahraga ringan. Olahraga memang dianjurkan dilakukan secara rutin. Tetapi saat sedang puasa, kamu juga harus tetap melakukan olahraga. Kamu bisa melakukan olahraga yang ringan saat sedang puasa.kamu bisa melakukan olahraga di sore hari mendekati waktu berbuka puasa.

  1. Berbuka Secukupnya

Cara selanjutnya yang harus kamu lakukan untuk mempersiapkan diri agar tetap fit saat puasa adalah dengan berbuka secukupnya. Karena menahan lapar seharian, jangan langsung berbuka dengan makanan yang berat dan banyak. karena hal ini akan mengganggu kesehatan kamu. jadi saat berbuka, pertama kamu minum air putih, makan sesuatu yang manis, lalu kamu bisa menjedanya dengan melakukan shalat maghrib. Lalu kamu bisa melanjutkannya dengan makan malam. Tetapi kamu juga tetap harus memperhatikan porsi makanan yang kamu konsumsi.

Baca juga Enggak Ada Lagi Alasan Malas Puasa. Gak Cuman Beribadah, Ternyata Puasa Punya Banyak Manfaat Untuk Kecantikan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Perubahan Gaya Hidup Yang Harus Dilakukan untuk Menurunkan Berar Badan

Sekarang ini, banyak wanita yang mengalami obesitas bukan