hasil-lebih-maksimal-perhatikan-hal-hal-ini-sebelum-berolahraga

 

Untuk menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh kita harus melakukan olah raga setiap hari atau beberapa hari sekali, meskipun dengan waktu yang singkat olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan atau kekuatan tubuh agar tubuh kuat untuk menjalani aktifitas setiap hari.

Nah sebelum melakukan olahraga kita perlu memperhatikan beberapa hal yang penting ini agar olahraga maksimal dan tidak akan terjadi cidera pada tubuhmu, berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum olahraga.

 

  • Hindari Berolahraga Dalam Kondisi Perut Lapar

    Tidak disarankan fitnes atau olahraga dalam keadaan perut kosong. Sebab, tekanan yang diterima tubuh saat olahraga, ditambah kurangnya gula (energi) akan memicu hypoglycemia, yakni kondisi yang membuat Anda lebih mudah lelah.

  • Konsumsi Karbohidrat Ringan

    Sebagian praktisi fitnes mungkin menyarankan untuk melakukan latihan dalam keadaan perut kosong karena dipercaya dapat membakar lebih banyak kalori. Tapi, disebutkan dalam laman timesofindia.com, saran ini tidak sepenuhnya benar. Sebab nyatanya olahraga atau latihan akan jauh lebih maksimal jika Anda telah mengisi perut terlebih dahulu sebelum olahraga.

    Konsumsilah karbohidrat satu jam sebelum fitnes. Pilih jenis karbohidrat yang bentuknya ringan dan mudah dicerna. Tidak perlu nasi lengkap dengan lauk dan sayur. Sebutir apel, setangkup roti dengan selai kacang, cornflakes atau pisang cukup ideal dimakan sebelum olahraga.

    Jenis makanan ini tidak perlu waktu terlalu lama untuk dicerna, selain itu juga mudah digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi yang diperlukan selama berolahraga. Jangan lupa juga meminum segelas air putih agar tubuh tidak kekurangan cairan.

  • Hindari Berolahraga Setelah Makan Berat

    Anda baru saja makan berat dan lengkap, namun ingin langsung berolahraga? Sebaiknya tahan dulu keinginan olahraga, kecuali Anda menderita diabetes. Ya, orang dengan diabetes memang disarankan berolahraga setelah makan berat. Namun bagi orang normal, sebaiknya berolahraga baru dilakukan dua hingga tiga jam setelah makan. Sebab, tubuh perlu waktu dalam menyerap gula dari makanan sehingga tenaga tercukupi untuk berolahraga.

Baca juga Ratakan Perut Buncit dalam 28 Hari dengan Olahraga 20 Detik Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Ramalan Zodiak Oktober 2020 untuk Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo dan Virgo!

Selamat! Kamu adalah orang pilihan yang telah bertahan