Pusing merupakan salah satu penyakit yang paling sering kita rasakan. Gejala ini merupakan tanda-tanda awal dari semua sakit ringan yang sering kita alami sehari-hari seperti flu, masuk angin, atau maag. Namun adakalanya kita merasakan sakit yang sedikit berbeda dari biasanya. Jangan pernah remehkanpusing yang kamu alami, karena mungkin tubuhmu sedang berusaha memberitahumu bahwa ada sesuatu yang tidak beres di dalam sana. Berikut ini 7 macam sakit kepala yang harus kamu waspadai.

1. Sakit Kepala bak Disambar Petir

Sakit kepala ini datang tiba-tiba dengan rasa yang menusuk tajam, seolah-olah petir sedang menyambar kepalamu. Rasanya seperti tiba-tiba dipukul palu dan tidak kunjung hilang dalam beberapa detik. Mungkin saja ada pendarahan otak yang disebabkan oleh aneurysm. Segera konsultasikan ke dokter dan jangan sampai kamu meremehkannya dengan meminum penahan sakit lalu tidur.

 

2. Sakit Kepala disertai Demam

Sakit Kepala yang disertai demam bisa berarti tubuhmu sedang mengalami infeksi. Demam adalah sistem pertahanan tubuh untuk melawan infeksi yang terjadi dalam tubuh. Saat suhu tubuh naik, otak akan memberi sinyal kepada sel darah putih untuk segera bekerja melawan penyusup yang merugikan. Jangan anggap remeh demam yang disertai pusing luar biasa karena bisa jadi gejala awal meningitis atau radang otak.

3. Sakit Kepala yang Semakin Membesar

Migrain atau sakit kepala sebelah biasanya sering terjadi saat berada di bawah tekanan atau terlalu tegang. Migrain biasa memang biasanya tidak berarti sesuatu yang serius, dan bisa disembuhkan dengan obat-obatan atau relaksasi dengan secangkir teh hangat. Namun apabila sakit kepala itu terasa seperti musik yang dibesarkan suaranya, dan perlahan-lahan semakin tidak tertahankan maka kamu harus berhati-hati. Segera periksa ke dokter dan mintalah bantuan medis.

4. Pusing dari Balik Kelopak Mata

Apabila sakit kepala berasal dari balik daerah mata, dan kamu mengalami gangguan pengelihatan, bisa jadi bukan pertanda yang baik. Sakit kepala di daerah tersebut berpotensi menjadi pertanda tekanan pembuluh darah di sekitar mata. Jika tidak segera ditangani, gejala ini bisa mengakibatkan gangguan pengelihatan permanen bahkan kebutaan.

5. Pening di Kedua Sisi Dahi

Pening yang berpusat pada kedua sisi dahi sebenarnya sering terjadi dan kemungkinan besar bukan hal yang serius. Tetapi untuk orang yang berusia 50 tahun ke atas, bisa jadi ini merupakan pertanda penyempitan pembuluh darah. Segera minta bantuan medis agar ditangani sebelum terlambat

6. Pusing Setelah Terbentur

Apabila kepalamu baru saja terbentur dengan keras, bahkan hingga menyebabkan lebam atau memar, semua tanda sakit kepala wajib diperiksakan. Jangan sampai kamu mengalami pendarahaan di dalam atau darah beku yang dapat menyumbat pembuluh darah di otak.

7. Sakit Kepala Beramai-ramai

Aapabila orang disekelilingmu juga merasakan sakit kepala bersamaan denganmu, dan kalian sedang berada di ruangan yang sama, segera buka jendela lebar-lebar. Bisa saja kalian sedang mengalami keracunan karbon dioksida atau menghirup zat beracun yang sedang masuk ke dalam ruangan. Segera periksa apakah ada kebocoran dan sebisa mungkin keluar dari rangan tersebut.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

9 Manfaat Luar Biasa dari Jambu Biji untuk Kulit Anda

Manfaat daun jambu biji banyak sekali. Merebus daun