Ada garis tipis antara sikap “peduli” dan “mengendalikan” dalam hubungan. Terkadang memang sulit untuk menentukan apakah sikap pasanganmu itu adalah wujud kepeduliannya dan perhatiannya kepadamu, atau dia hanya ingin mengendalikan segala aspek dalam hidupmu.

Agar kamu lebih berhati-hati, berikut adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa pasangan kamu tidak perhatian atau peduli, melainkan ingin mengendalikan diri kamu:

  1. Dia membuatmu melakukan hal-hal yang tidak kamu suka

Jika pasangan kamu ingin kamu makan lebih banyak sayuran atau memotivasi kamu untuk berolahraga demi memperbaiki postur tubuh dan meredakan sakit punggung yang kamu derita, itu tandanya pasangan kamu peduli dengan kesehatan kamu. 

Tetapi, jika pasangan kamu membuat kamu makan makanan sehat dan berolahraga setiap hari hanya untuk memperbaiki penampilan yang bahkan tidak ingin kamu ubah, maka dia menunjukkan bahwa sikap tersebut hanya dilakukan demi kebutuhannya sendiri, bukan demi kebaikan kamu.

  1. Dia ingin dihormati tapi tidak mau menghormati

Setiap hubungan memiliki standar atau aturan tertentu. Setelah menyepakati aturan itu, pasangan harus mengikutinya. Tapi, jika kamu merasa dia mengabaikan aturan yang kamu buat, tetapi dia marah ketika kamu mengabaikan aturan yang dia buat, itu tandanya dia hanya ingin dihormati tanpa mau menghormati orang lain. 

  1. Kamu merasa tidak tenang saat berada di sekitarnya

Ketika kamu hidup bersama pasangan yang peduli dan mencintaimu, maka kamu akan merasa nyaman dan aman setiap kali bersamanya. Tapi, jika kamu bahkan takut untuk mengungkakan pendapat di depan pasangan, atau takut dia menyerangmu dengan kata-kata yang tidak ingin kamu dengar, berarti dia bukanlah pasangan yang baik untuk kamu. Itu artinya, hanya dia yang mengendalikan semua hal dalam hubungan. 

  1. Dia mulai melanggar batasan pribadi kamu

Berbagi tentang banyak hal dalam hubungan memang wajar, apalagi jika hubungan sudah dibawa ke jenjang yang lebih serius. Tetapi, jika pasangan kamu memaksa kamu untuk memberi tahu sesuatu yang sangat pribadi sampai membuat kamu tidak nyaman, itu adalah sebuah kesalahan. Kamu tidak perlu mengatakan segala hal padanya jika kamu merasa tidak aman dan tidak nyaman dengan hal itu. 

Karena, pasangan yang benar-benar peduli dan mencintai kamu akan sangat menghargai batasan pribadi kamu. Sebaliknya, jika dia memaksa kamu mengatakan sesuatu, maka itu menunjukkan bahwa dia ingin tahu segala hal tentangmu termasuk semua kelemahan kamu sehingga dia dapat memanfaatkannya untuk melawanmu suatu hari nanti. memiliki kendali atas kamu dan suatu hari nanti menggunakan kelemahan kamu untuk melawan kamu.

  1. Dia menggagalkan rencana masa depan kamu

Jika kamu memiliki ambisi besar, baik dalam hal pendidikan atau pekerjaan, maka pasangan yang peduli padamu akan mendukung misi besarmu itu. Sebaliknya, pasangan yang suka mengontrol hidupmu akan membuat kamu merasa ragu pada rencana masa depan yang kamu buat. Bukannya mendukung, dia malah akan membuat kamu meragukan diri sendiri, dengan mengatakan bahwa kamu tidak boleh mencoba karena dia takut kamu akan kecewa setelah mencobanya. 

  1. Dia mulai mengganggu hubungan kamu dengan teman dan keluarga

Untuk mendapatkan kendali atas hidupmu, pasangan yang suka mengontrol akan mencoba mengisolasi kamu dari keluarga dan teman-teman kamu. Dengan begitu, dia tidak akan merasa terancam, karena dia sudah memastikan bahwa kamu hanya punya dia seorang. Jadi, dia tidak khawatir lagi tentang kemungkinan kamu meninggalkannya suatu hari nanti. 

Sebaliknya, pasangan yang benar-benar peduli padamu akan berusaha bergaul dengan teman-teman dekatmu dan juga dengan keluarga besarmu. Dia tidak akan pernah melarang kamu berkomunikasi dengan teman dan keluargamu.  

  1. Kamu merasa didominasi 

Jika pasangan kamu benar-benar peduli, kamu akan merasa diterima, dicintai, dan diakui keberadaannya. Tetapi jika kamu terus-menerus menerima ancaman dari pasangan kamu, misalnya dia mengatakan bahwa dia akan meninggalkan kamu jika kamu tidak melakukan apa yang dia suruh, kemungkinan besar kamu sedang terjebak dalam hubungan toxic yang hanya akan menyiksa kamu. 

Baca Juga :

Tanda-Tanda Jika Pasangan Mengendalikan kamu Secara Emosional

Cara Ampuh Untuk Menggunakan Jus Lemon Untuk Mengendalikan Rambut Rontok

Sebelum Dia Mengendalikan Seluruh Hidupmu, Kenalilah Tanda-Tanda Cowok Tukang Kontrol Berikut Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

7 Tindakan Pria yang Membuat Wanita Berdebar

Tidak seperti pria yang mungkin mudah jatuh cinta