Pengalaman pertama menjadi seorang ibu umumnya penuh tantangan. Ibu muda harus terbiasa dengan menyusui anaknya di depan umum, terbiasa dengan rumah yang berantakan penuh mainan anak, terbiasa multi-tasking mengurus anak dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga, dan lain-lain.

Tapi tahukah kamu? Sebagai seorang ibu muda yang beru pertama kali mempunyai anak, kamu tidak harus merasa bersalah atau merasa malu karena hal-hal berikut ini: 

  1. Bagaimana dan kapan kamu menyuapi bayi

Tidak ada yang berhak memberi tahu kamu tentang bagaimana dan kapan kamu harus menyuapi bayi kamu. Jadi, kamu tidak perlu merasa bersalah atau meminta maaf kepada siapa pun yang berpikir bahwa mereka lebih tahu apa yang dibutuhkan bayimu. Tidak peduli apakah itu adalah ibu kamu atau mertua kamu.

Kamu bebas memilih untuk memberikan asi kepada bayi atau memilih untuk menggunakan susu formula. Kamu juga bebas memilih menu makanan apa yang ingin kamu masak dan berikan kepada anak. 

  1. Kamu membutuhkan waktu untuk diri sendiri

Setelah melahirkan, kamu mungkin tertekan karena harus menghabiskan waktumu bersama anak selama 24 jam non stop. Ketika ingin istirahat dan membutuhkan waktu untuk sendiri, terkadang ibu muda merasa bersalah karenanya.

Padahal, menyempatkan waktu untuk diri sendiri tidak akan membuat kamu menjadi ibu yang jahat. Kita semua butuh meluangkan waktu untuk diri kita sendiri, meski hanya sesekali, dan itu sangat dapat dimengerti, karena kamu pun harus istirahat dan mengisi ulang daya energi kamu. 

  1. Rumah terlihat berantakan

Tenang, kamu tidak akan menjadi ibu rumah tangga yang bruk jika rumah kamu berantakan dengan mainan dan pakaian anak. Tidak perlu merasa bersalah jika ada tumpukan piring kotor dan pakaian kotor yang belum kamu bersihkan.

Pasalnya, merawat anak bisa menjadi pekerjaan full time yang memang tidak memungkinkan bagimu untuk multi-tasking ke pekerjaan lainnya. Bahkan, jika kamu sudah membersihkan rumah pun dalam waktu singkat anak kamu bisa membuatnya berantakan lagi. 

  1. Penampilan kamu tidak cantik

Entah itu rambut berantakan atau memakai pakaian lama, kamu tidak perlu merasa malu akan hal itu. Kamu juga tidak harus terburu-buru untuk diet dan mengembalikan tubuh langsung kamu yang dulu. Cintai tubuh kamu dan penampilan kamu apa adanya. Berikan penghargaan kepada dirimu sendiri yang telah berhasil menghadirkan malaikat kecil ke dunia.

  1. Asi bocor

Saat menjadi ibu dan menyusui anak dengan asi, maka akan ada kemungkinan di mana payudara kamu bocor terkena asi. Itu adalah proses alami yang tidak dapat kamu kendalikan. Jadi, kamu tidak perlu merasa malu atau merasa bersalah karena hal itu. 

  1. Kamu tidak selalu merasa bahagia

Merawat anak sepanjang waktu memang sangat melelahkan, baik secara fisik maupun secara emosional. Ada kalanya kamu begitu lelah dan tak berdaya, sehingga kamu merasa tidak bahagia. Itu adalah hal yang wajar. It’s okay to not be okay. Menjadi seorang ibu adalah pekerjaan yang sangat sulit, jadi meraa “tidak baik-baik saja” adalah hal yang sangat normal. Kamu tidak bisa bahagia sepanjang waktu.

  1. Kamu membutuhkan bantuan

Orang tua mengatakan, kamu harus tahu cara merawat anak-anak kamu sendirian. Kadang mereka juga membanding-bandingkan bagaimana cara mereka merawat banyak anak dahulu. Jika mereka merendahkan kamu karena kamu membutuhkan baby sitter untuk merawat anak, jangan hiraukan mereka. Kamu tidak perlu merasa bersalah karena kamu membutuhkan bantuan orang. Itu tidak berarti kamu lemah, tapi kamu hanya menginginkan yang terbaik untuk anak kamu, dan itu yang penting.

  1. Cara kamu melahirkan

Hanya kamu yang dapat memutuskan apa yang terbaik untuk kamu dan bayi kamu. Bukan masalah jika kamu memilih untuk melahirkan dengan cara beda sesar. Hal itu tidak menghalangi kamu menjadi seorang ibu. Apalagi jika kamu mengalami masalah tertentu yang memang tidak memungkinkan bagi kamu untuk melahirkan secara normal.

Baca Juga :

5 Trik Cepat Tampil Cantik Untuk Ibu Muda Sibuk dan Kelelahan

5 Cara Mudah Menghemat Uang Tanpa Mengorbankan Hiburan

Hairstyle Rambut Mudah Untuk Liburan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Lapar Setiap Malam? Pastikan 3 Hal Ini Dulu Sebelum Makan

Banyak orang merasa lapar sebelum tidur, atau sekadar