Banyak orang mulai merasa tertekan ketika membicarakan tentang manajemen keuangan di rumah. Mengapa? Karena pengelolaan keuangan biasanya memang tidak menyenangkan, sulit, bahkan kadang terasa tidak berguna. 

Tetapi sebenarnya ada beberapa tips yang akan mengubah manajemen keuangan kamu menjadi tertata dengan mudah.  Berikut adalah beberapa trik yang akan membantu kamu menjadikan uang sebagai alat menuju kehidupan yang lebih baik :

  1. Metode 20/80

Metode 20/80 adalah metode yang menyiratkan bahwa kamu perlu melakukan hal-hal berikut ini :

  • Lunasi semua hutang dan pinjaman bank kamu.
  • Investasikan uang kamu dalam bisnis atau simpanlah sekitar 20% dari gaji bulanan kamu. (ini adalah uang yang tidak bisa kamu belanjakan, mirip seperti dana tak terduga)
  • Habiskan 80% lainnya dari gaji kamu untuk apa pun yang kamu butuhkan dan kamu inginkan.
  • Kamu harus ingat bahwa kamu harus menabung dulu (20%) lalu menghabiskan sisanya.  Jika 20% terlalu besar, coba mulai dengan 10% atau setidaknya 5%. Ini akan membantu kamu mengembangkan kebiasaan menabung.
  1. Metode 60 / 10 / 10 / 10 / 10

Metode ini bekerja dengan cara menganggarkan uang sebanyak :

  • 60% untuk pengeluaran utama
  • 10% untuk masa pensiun 
  • 10% untuk pembelian jangka panjang
  • 10% untuk pengeluaran langka
  • 10% untuk hiburan

Pengeluaran utama kamu adalah makanan, biaya tagihan listrik, air, internet,  transportasi, dan pakaian. Sedangkan mobil, renovasi rumah, atau pelunasan hutang semuanya termasuk dalam pembelian jangka panjang. Nah, untuk anggaran Pengeluaran langka adalah hal-hal seperti hadiah pernikahan, biaya periksa dokter, sumbangan belasungkawa, dsb. Jika kamu memiliki hutang yang besar, sebaiknya gunakan 10% anggaran tabungan pensiun kamu sampai kamu bisa melunasinya.

  1. Metode 10%

Metode ini mengharuskan kamu untuk menyimpan 10% uang dari total pendapatan kamu. Jumlah sekecil itu tidak akan memengaruhi anggaran atau kualitas hidup kamu kok. Lebih baik menyimpan uang ini di bank sehingga kamu tidak memiliki keinginan untuk segera membelanjakannya. Kamu bisa memilih rekening khusus tabungan yang tidak akan memungkinkan kamu mengambilnya dengan mudah. Jika kamu dapat dengan mudah menghemat 10%, coba naikkan menjadi 15% atau bahkan 20%. 

  1. Metode ½

Metode ini menyarankan agar kamu membagi semua uang kamu menjadi 2 bagian.

Bagian 1 untuk kebutuhan sehari-hari.

Bagian 2 untuk bank. 

Ketika uang tunai kamu (Bagian 1) sudah habis, pergilah ke bank dan ambil setengah dari Bagian 2 untuk memenuhi kebutuhan kamu. Metode ini adalah metode terbaik bagi mereka yang benar-benar tidak dapat mengontrol pengeluaran sehari-hari. 

  1. Metode Nenek

Metode ini sangat sederhana :

  • Untuk setiap kategori pengeluaran penting, kamu memiliki amplop khusus. Kamu bisa menulis nama kebutuhan dan total anggarannya. Kategori ini dapat mencakup hal-hal seperti : makanan, pakaian, obat-obatan, mobil, hiburan, dan sebagainya. Semua pendapatan dibagi menjadi beberapa bagian, tergantung jumlah kategorinya, dan dimasukkan ke dalam amplop. 
  • Ketika kamu membutuhkan uang, kamu mengambilnya dari amplop yang sesuai dengan kebutuhan kamu. 
  • Jika kamu kehabisan uang dari amplop penting, seperti amplop “makanan”, kamu mengambil uang dari amplop lain yang kurang penting.
  • Jika kamu kehabisan uang dari amplop “hiburan”, lebih baik hindari hiburan yang harus kamu bayar sampai sumber penghasilan kamu terisi kembali. 
  • Sisa uang dapat dihabiskan atau disimpan. Itu tergantung pada tujuan kamu dan jumlah uang yang tersisa.

Baca Juga :

5 Trik Untuk Menghemat Pengeluaran

Tips Mengontrol Pengeluaran Uang Untuk Menambah Tabungan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Menurut Para Chef, 6 Hal Ini Bisa Membedakan Restoran Baik dan Buruk

Makan di rumah memang paling hemat dan nikmat,