Kamu mungkin sering mendengar pepatah yang mengatakan bahwa kamu tidak bisa mengukur kebahagiaan dengan uang, atau kamu mendengar orang bilang bahwa uang itu bukan segalanya. Tapi… kamu tidak dapat menyangkal bahwa untuk hidup, kamu membutuhkan uang dan uang itu sangat penting.

Uang memungkinkan kita mengubah mimpi kita menjadi nyata dan membuat hidup kita lebih nyaman. Tapi tetap saja, dalam kehidupan nyata, tidak semua orang mampu menghabiskan uang dengan cara efektif dan efisien. Kadang orang terlena dan menghabiskan pendapatan mereka untuk hal-hal yang kurang penting.

Nah, artikel ini akan membantu kamu menghindar dari kesalahan tersebut.  Berikut tips dan trik untuk menghemat uang dan mulai menabung :

  • Segera lunasi hutang-hutang kamu

Ketika kamu sadar bahwa kamu memiliki banyak hutang untuk dibayar, kamu mungkin bisa merasa sangat tertekan. Stres dapat mengurangi produktivitas yang kamu perlukan untuk mendapatkan uang. Akan sangat sulit untuk menyimpan uang jika kamu terus-menerus dihantui hutang-hutang.

Nah, untuk itu kamu perlu membuat daftar semua hutang kamu dari saldo terkecil hingga saldo terbesar. Lunasilah hutang terkecil lebih dahulu. Ini disebut snowball hutang. Meskipun mungkin cara ini bukan cara yang paling baik secara matematis, tapi ini adalah cara terbaik secara psikologis. Dan jika kamu ingin membeli sesuatu, jangan membelinya secara kredit! Belanja kredit akan meningkatkan hutang kita.

  • Tetapkan tujuan yang spesifik
Tetapkan Tujuan Anda | Penerbit Mitra Pemuda

Jika kamu tidak memiliki tujuan tertentu, menabung bisa menjadi hal yang membosankan, kamu tidak akan bahagia dan kamu akan mudah lupa untuk menabung. Rencana besar seperti membeli rumah mewah, bisa jadi terlihat tidak mungkin tercapai. Tetapi jika kamu memberikan deskripsi yang lebih rinci, misal area, ukuran, jumlah kamar, dsb., maka setiap sedikit uang yang kamu sisihkan akan menginspirasi kamu dan membuat kamu merasa lebih dekat dengan tujuan kamu.

  • Bayar tagihan yang diperlukan sesegera mungkin setelah menerima gaji

Setiap orang memiliki tagihan wajib di setiap bulan atau tahun. Tagihan itu bisa berupa tagihan listrik, asuransi kesehatan, pembayaran kartu kredit, pembayaran rumah, pembayaran kontrakan, tagihan air, dsb. Jika kamu membayar dan melunasi semua tagihan wajibmu tepat setelah kamu menerima gaji, kamu akan melihat dengan jelas berapa banyak uang yang tersisa. Agar tidak lupa, kamu bisa mengatur fitur bayar otomatis melalui rekening. Sekarang sudah banyak fitur yang akan memudahkan kamu membayar tagihan.

  • Pikir dulu sebelum membeli sesuatu
Kuselalu Berpikir 2 Kali Sebelum Beli Barang Bermerek, Kamu Juga ...

Pembelian impulsif yang kita lakukan ketika kita sedang dalam kondisi emosional yang tidak stabil, mungkin tampak baik-baik saja karena setelah membeli sesuatu atau memanjakan diri, kita akan merasa jauh lebih baik secara emosional. Tetapi setelah itu, kita mungkin dibanjiri kekecewaan karena uang kita telah habis untuk bersenang-senang dan kita tidak bisa memenuhi kebutuhan utama di masa depan.

  • Tetapkan prioritas yang tepat

Biasanya, sebelum kita membeli sesuatu, kita harus memilih merek barang. Misalnya, merek smartphone. Sebelum memilih smartphone, pikirkanlah barang lain yang dapat kamu beli dengan uang yang kamu miliki. Mungkin, alih-alih smartphone baru, kamu lebih ingin traveling karena kamu hanya perlu smartphone untuk komunikasi penting yang cenderung standar dan kamu sudah memilikinya.

Tapi hal ini bisa juga sebaliknya, misal kamu tidak terlalu suka bepergian, tetapi kamu memerlukan ponsel untuk membuat konten sosial media supaya mendapatkan uang, maka mungkin kamu harus membeli smartphone baru yang mendukung pekerjaan kamu.  

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/tips-mengontrol-pengeluaran-uang-untuk-menambah-tabungan/

https://www.tampilcantik.com/cara-mengatur-pengeluaran-bagi-pecinta-skin-care/

https://www.tampilcantik.com/jauhi-5-kebiasaan-buruk-ini-saat-belanja-bulanan-maka-pengeluaranmu-bakal-jauh-lebih-hemat/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Rumah Kamu Sesak? 7 Barang Ini Bisa Kamu Buang!

Rumah yang berantakan bisa membuat kita merasa stres.