Kamu tentu sudah mendengar dan mengetahui tentang cara mengontrol pengeluaran, mulai dari melacak keuangan dengan aplikasi, membuat daftar belanja agar tidak boros, dan menyisihkan uang untuk menyiapkan pengeluaran tak terduga di kemudian hari. Tapi meskipun sudah tahu beberapa tips menghemat uang, kita masih saja lengah dan boros, sampai akhirnya tidak lagi memiliki sisa uang untuk ditabung.

Nah, berikut adalah beberapa tips paling efektif yang perlu kamu pelajari supaya kamu dapat mengontrol keuangan dan mulai menabung :

Visualisasikan Barang yang Ingin Kamu Beli

Tim marketing sebuah produk akan melakukan segala cara untuk membuat kamu tertarik dan akhirnya membeli produk mereka.  Itulah mengapa, ketika kamu berada di mall, kamar pas untuk mencoba baju biasanya ada di sudut terjauh toko, dan barang-barang paling mahal biasanya diletakkan di tempat-tempat yang terjangkau pandangan kamu.

Lalu apa yang harus kamu lakukan?

  1. Ketika kamu ingin membeli barang baru, bayangkan ada seseorang di depan kamu yang memegang barang yang ingin kamu beli di tangan kanan, dan memegang uang di tangan kiri. Kira-kira mana yang akan kamu pilih? Jika kamu lebih memilih uang, berarti kamu tidak perlu membeli barang baru karena kamu lebih membutuhkan uang daripada barang.
  2. Bayangkan barang tersebut dalam 6 bulan kemudian. Misal kamu ingin membeli pakaian, coba bayangkan apa yang akan terjadi dalam 6 bulan ke depan. Apakah kamu hanya akan menyimpannya di lemari tanpa dipakai? Atau kamu benar-benar akan menggunakannya untuk waktu yang lama? Gunakan momen ini untuk membuat keputusan yang tepat.

Jangan Menyentuh Barang yang Ingin Kamu Beli

Seseorang cenderung sangat menghargai barang yang ingin mereka miliki, inilah mengapa barang-barang bekas bisa berharga sangat tinggi. Ketika seseorang memegang sesuatu yang mereka suka, alam bawah sadar mereka akan berpikir bahwa barang tersebut sudah menjadi milik mereka. Inilah mengapa, kamu dianjurkan untuk tidak menyentuh barang yang ingin kamu beli.  

Apa yang harus kamu lakukan?

Alih-alih menyentuh barang yang ingin kamu beli, kamu bisa meminta tolong penjual untuk menunjukkannya padamu. Selain itu, kamu juga bisa menghindari belanja online karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa belanja online bisa membuat kamu lepas kendali.

Jangan Melihat-lihat

Ketika seseorang melihat produk yang mereka inginkan sedang diskon, mereka segera ingin membelinya untuk menghindari kenaikan harga di masa depan. Hal ini adalah naluri dalam diri kamu. Ketika melihat barang diskon, kamu akan berpikir, jika kamu tidak segera membelinya, kamu akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan harga paling murah.

Apa yang dapat kamu lakukan?

Abaikan produk-produk diskon yang sedang dipajang. Setelah kamu membeli barang yang kamu butuhkan, kamu harus segera pergi ke kasir atau lakukan pembayaran (jika kamu belanja online). Jangan melihat-lihat barang lain dan fokuslah pada kebutuhan utama kamu. mendapatkan apa yang kamu butuhkan, langsung ke kasir. Lawan naluri kamu dan lawan pikiran tentang “saya akan rugi jika tidak membeli barang yang sedang diskon”.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/4-tips-berbelanja-dan-meningkatkan-kekebalan-tubuh-saat-self-isolation/

https://www.tampilcantik.com/aman-dan-nyaman-ini-tips-belanja-skincare-secara-online/

https://www.tampilcantik.com/ngincer-diskon-harbolnas-ketahui-dulu-strategi-belanjanya/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Rumah Kamu Sesak? 7 Barang Ini Bisa Kamu Buang!

Rumah yang berantakan bisa membuat kita merasa stres.