Pada dasarnya, orang berpikir bahwa kondisi rambut sangat tergantung pada bagaimana cara kita merawatnya dan pada faktor-faktor eksternal lainnya seperti panas dan polusi. Tetapi, tahukan kamu? Ternyata, kondisi rambut kita bisa menjadi sebuah indikator bahwa mungkin saja ada sesuatu yang salah dengan kinerja tubuh kita.

Nah, beriku adalah beberapa masalah rambut paling umum yang ternyata mampu menunjukkan masalah kesehatan dalam tubuh kita :

  • Rambut kusam dan tak bernyawa

Alasan pertama yang muncul di benak kita jika rambut kita menjadi kusam dan mati adalah kesalahan dalam perawatan, seperti dampak dari penggunaan cat rambut, alat pengeriting atau pelurus rambut. Ternyata, rambut kusam, rambut mati dan rambut rontok (terutama di musim dingin) dapat mengindikasikan bahwa tubuh kita kekurangan vitamin. Gejala ini mengindikasikan bahwa tubuh kamu membutuhkan selenium, belerang, dan fosfor. Untuk memastikan gejala ini benar, coba kamu perhatikan gusi dan gigi kamu. Jika kamu melihat masalah gigi atau perubahan yang tidak lazim lainnya, kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter.

  • Ketombe

Masalah ketombe bisa terjadi kepada semua orang tanpa terkecuali. Ketombe memang tidak berbahaya tetapi ketombe bisa mengganggu dan dapat menyebabkan rasa gatal yang berlebihan. Ada banyak alasan yang menyebabkan ketombe. Kamu mungkin menggunakan terlalu banyak produk perawatan rambut atau justru jarang mencuci rambut. Alasan lain mungkin adalah kamu terlalu stres, kamu memiliki masalah dengan saluran pencernaan kamu,  atau kamu mengelami defisiensi imun.

Jika seseorang menderita ketombe kuning, mereka mungkin menderita dermatitis seboroik, yaitu suatu patologi dermatologis yang agak sulit untuk dihilangkan. Dalam hal ini, sampo anti-ketombe tidak akan membantu mengatasi masalah, sehingga kamu harus mengunjungi dokter untuk menentukan penyebab dan menemukan solusi.

  • Rambut tipis dan rapuh

Rambut yang tipis dan rapuh mungkin merupakan akibat dari kekurangan protein. Protein adalah suatu elemen yang melakukan berbagai fungsi signifikan yang tidak dapat ditangani oleh elemen lain. Dengan kata lain, protein adalah elemen yang dapat membangun tubuh kita. Ketika tubuh menderita kekurangan protein, kondisi kulit, kuku, dan rambut kita akan memburuk.

Tetapi gejala-gejala rambut tipis dan rapuh juga dapat mengindikasikan bahwa ada masalah yang lebih serius. Misalnya, rambut rapuh adalah salah satu gejala penyakit Cushing. Agar aman, pastikan kamu tidak memiliki tanda-tanda lain seperti insomnia kronis, tekanan darah tinggi, dan nyeri punggung yang tidak dapat dijelaskan.

  • Kerontokan rambut yang parah

Fakta mengungkapkan bahwa seseorang bisa saja kehilangan sekitar 100 helai rambut per hari, dan itu adalah normal. Cara termudah untuk memeriksa apakah semuanya baik-baik saja adalah dengan menyisir rambut menggunakan jari-jari kamu dan menyeretnya dari akar ke ujung. Jika kamu dalam kondisi sangat sehat, setidaknya ada 0 – 2 helai yang rontok; jika kondisi kamu baik-baik saja, setidaknya akan ada 3 – 5 helai yang rontok. Tapi, jika ada lebih dari 5 helai yang rontok, maka sudah saatnya kamu mengunjungi dokter dan memeriksakan kesehatan kamu.

Rambut rontok dapat dihubungkan dengan sistem endokrin atau masalah dengan sistem kekebalan tubuh kamu. Ini juga bisa menjadi tanda penyakit diabetes. Jadi disarankan untuk mengunjungi dokter sesegera mungkin. Tapi ingat, jangan panik! Mungkin kekurangan vitamin atau stres bisa menjadi penyebab rambut kamu rontok parah.

  • Rambut berminyak

Rambut berminyak biasanya menunjukkan bahwa pola makan kamu tidak cukup sehat atau kamu mengonsumsi terlalu banyak lemak hewan. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah mengurangi daging, makanan berminyak dan gorengan. Kamu juga perlu menghindari konsumsi makanan manis, alkohol, dan kopi. Jika tips ini tidak berhasil, rambut berminyak dapat mengindikasikan bahwa kamu mengalami masalah metabolisme, kegagalan hormonal, atau masalah pada hati. Dalam hal ini, kamu harus segera periksa agar tidak memperburuk situasi.

  • Kulit kepala gatal

Jika gejala kulit kepala gatal disertai dengan jerawat, luka, pengelupasan kulit kepala, dan jenis iritasi kulit lainnya, itu adalah tanda bahwa ada sesuatu yang salah dalam tubuh kamu dan saatnya kamu periksa ke dokter kulit untuk memastikan itu bukan psoriasis atau eksim. Jika gatal tidak disertai dengan gejala lain, itu mungkin akibat dari gangguan sistem saraf yang disebabkan oleh stres.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/mulai-8-kebiasaan-baik-untuk-rambut-sehat-dan-indah/

https://www.tampilcantik.com/inilah-3-rahasia-untuk-memiliki-rambut-sehat-dengan-rutin-melakukan-ini-udah-gak-perlu-perawatan-ke-salon/

https://www.tampilcantik.com/hentikan-kebiasaan-ini-jika-kamu-ingin-rambut-sehat-tanpa-ke-salon/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

4 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Rambut Halus pada Wajah

Apakah kamu pernah merasa tidak nyaman dengan tumbuhnya