Wabah Virus Corona telah mengubah banyak aktivitas harian kita. Berbagai kebijakan dilakukan untuk mencegah penyebaran virus. Mulai dari himbauan untuk tinggal di rumah, belajar di rumah, bahkan bekerja di rumah.

Berbagi negara terdampak COVID-19 yang fatal seperti Italia telah melakukan lockdown untuk melindungi warganya dan membantu para dokter, perawat dan tenaga medis lainnya dalam menangani kasus Virus Corona.

Profesor Luke O’Neill, seorang ahli imunologi, memberitahukan pada Euronews tentang tindakan penting yang dapat dilakukan setiap orang ketika memerangi COVID-19, yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Prof. O’Neill juga merekomendasikan untuk mengonsumsi Vitamin D yang ditemukan dalam makanan seperti ikan atau susu sebagai nutrisi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Nah, untuk menghadapi Self Isolation atau Self Quarantine, kira-kira apa saja yang harus kamu beli untuk memenuhi nutrisi harian kamu dan keluarga? Berikut tips untuk kamu :

  • Jangan Panik!

Langkah pertama adalah jangan panik. Banyak orang yang membeli barang-barang yang sudah mereka miliki. Ini terjadi karena mereka panik. Sebaiknya kamu tidak perlu panik dan jangan berlebihan. Jangan membeli sesuatu yang tidak kamu butuhkan dan cukup beli untuk persediaan selama satu hingga dua minggu saja.

Percayalah bahwa ada cukup persediaan untuk semua orang. Jadi jangan panik dan pikirkanlah orang lain. Jika kamu dan banyak orang panik lainnya terus membeli sesuatu dengan jumlah yang banyak dan terkesan membabi-buta, hal ini akan membuat persediaan bahan pangan menipis hingga menyebabkan kelangkaan.

  • Belilah Makanan Sehat
Menyusun Daftar Menu Makanan Sehat dan Hemat Untuk Keluarga

Karena sebagian besar masyarakat bekerja dari rumah, ini adalah kesempatan untuk kembali ke menu rumahan yang sehat.  Belilah sayuran hijau, makanan dengan gandum utuh, daging tanpa lemak, kacang-kacangan dan berbagai macam buah segar. Carilah bahan makanan yang banyak mengandung nutrisi, terutama Vitamin C untuk menjaga kekebalan tubuh kamu dan keluarga.

  • Pikirkanlah orang lain saat memasak
Anda Harus Memasak dengan Bir Murah

Cobalah untuk peka terhadap sekitar. Apakah ada tetanggamu yang memerlukan bantuan dan perhatian darimu? Apakah kamu memiliki cukup banyak persediaan makanan untuk dibagi? Jika ada orang lain yang rentan, lansia yang hidup sendirian, atau orang yang tidak mampu, kamu bisa membagikan sedikit makanan kamu untuk mereka. Daripada kamu menyisakan makanan, lebih baik kamu membaginya kepada mereka yang lebih membutuhkan.

  • Jaga Kebersihan, Selalu Cuci Tangan

Jangan lupa untuk selalu mencuci tanganmu setiap kamu selesai beraktivitas. Cuci tangan, setelah kamu pulang dari supermarket, setelah kamu bekerja dengan laptop atau gadget lainnya, setelah kamu membersihkan rumah, dsb. Kamu juga harus cuci tangan sebelum dan sesudah masuk ke kamar mandi.

Kebersihan makanan adalah hal yang terpenting. Oleh karena itu, cuci tangan sebelum memasak adalah hal yang wajib. Kamu harus selalu cuci tangan sebelum menyentuh bahan makanan. Perlu diingat juga, bahwa jika kamu sedang batuk atau flu, kamu sebaiknya tidak memasak. Karena virus yang ada padamu bisa jadi masuk ke dalam makanan dan menginfeksi keluarga kamu.  

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/5-tips-jaga-kebersihan-untuk-cegah-covid-19/

http://www.tampilcantik.com/jogging-di-tengah-pandemi-covid-19-amankah/

http://www.tampilcantik.com/apakah-virus-corona-mematikan-berikut-penjelasan-dokter-tentang-angka-kematian-covid-19/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Rumah Kamu Sesak? 7 Barang Ini Bisa Kamu Buang!

Rumah yang berantakan bisa membuat kita merasa stres.