Kulit berminyak adalah hasil dari produksi sebum yang berlebih dari kelenjar sebaceous. Kelenjar ini terletak di bawah permukaan kulit. Nah, sebum adalah zat berminyak yang terbuat dari lemak. Memang tidak semua Sebum buruk untuk kulit, karena Sebum juga membantu melindungi dan melembapkan kulit kamu dan menjaga rambut kamu supaya tetap berkilau dan sehat. Namun, jika kulitmu menghasilkan terlalu banyak sebum, maka kulit kamu akan menjadi berminyak. Ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan memicu jerawat.

Kulit berminyak dan berjerawat memang sulit untuk ditangani. Namun, beberapa pengobatan ala rumahan berikut ini dapat membantu kamu mengurangi gejala kulit berminyak :

  • Cuci Muka

Jangan salah, banyak orang dengan kulit berminyak tidak mencuci muka setiap hari loh. Jika kulit kamu berminyak, kamu harus mencuci wajah dua kali sehari – tetapi jangan berlebihan. Gunakan produk facial foam yang cocok untuk kulitmu. Jika kamu lebih suka yang organik, kamu bisa membeli facial foam dari bahan-bahan organik yang sekarang sudah banyak dijual di pasaran.

  • Kertas Penyerap Minyak
Ini Bahayanya Terlalu Sering Gunakan Kertas Minyak - Health ...

Kertas tipis dan kecil ini tidak akan mencegah kelenjar sebaceous kamu untuk memproduksi banyak minyak, tetapi ketas kecil ini memungkinkan kamu untuk menghapus kelebihan minyak yang mengganggu dari wajah kamu. Sehingga kulit wajahmu tidak akan mengkilap dan berminyak. Kertas penyerap minyak tidak mahal dan tersedia di berbagai minimarket. Produk ini juga aman digunakan sehari-hari.

  • Madu

Madu adalah salah satu solusi alami terbaik untuk masalah kulit. Berkat kandungan antibakteri dan antiseptiknya, madu bisa jadi bahan yang sangat menguntungkan bagi berminyak dan kulit rawan jerawat. Madu juga merupakan humektan alami yang membantu menjaga kulit tetap lembap tetapi tetap bebas minyak. Cara menggunakan madu untuk mengobati jerawat dan kulit berminyak adalah :

  • Oleskan lapisan tipis madu ke wajah kamu
  • Biarkan mengering selama sekitar 10 menit
  • Bilas sampai bersih dengan air hangat
  • Oatmeal

Siapa sangka, ternyata Oatmeal dapat membantu menenangkan kulit yang meradang dan dapat menyerap minyak berlebih dari wajah kamu, loh. Oatmeal juga dapat membantu pengelupasan sel kulit mati. Oatmeal biasa digunakan sebagai masker wajah. Kamu juga bisa mengombinasikan Oatmeal dengan yogurt, madu atau buah tumbuk seperti pisang, apel, dan pepaya.

Berikut cara membuat masker Oatmeal untuk perawatan wajah kamu :

  • Campurkan ½ cangkir Oatmeal dengan air panas untuk membentuk pasta.
  • Campurkan 1 sendok makan madu, aduk hingga rata.
  • Oles dan pijat campuran Oatmeal ke wajah kamu selama sekitar 3 menit
  • Bilas dengan air hangat, lalu keringkan.

Cara lain : Oleskan campuran Oatmeal ke wajah kamu dan biarkan selama 10 – 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat, lalu keringkan.

  • Putih Telur dan Lemon

Putih telur dan lemon adalah obat tradisional yang baik untuk kulit berminyak. Kedua bahan tersebut dianggap mampu mengencangkan pori-pori. Asam dalam lemon dapat membantu menyerap minyak pada wajah. Tapi ingat, obat ini tentu bukan pilihan yang baik untuk kamu yang menderita alergi telur. Jadi, hati-hati ya!

Berikut cara membuat masker wajah dari putih telur dan lemon untuk perawatan kulit berminyak :

  • Campurkan 1 putih telur dan 1 sendok teh jus lemon segar.
  • Oleskan pada wajah kamu, biarkan sampai masker mengering.
  • Bilas dengan air hangat dan keringkan.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/panduan-menggunakan-make-up-bagi-kulit-berminyak-dan-berjerawat/

http://www.tampilcantik.com/kulit-berminyak-dan-jerawat-komplit-sudah-penderitaan-kamu-makanya-segera-atasi-dengan-cara-ampuh-ini/

http://www.tampilcantik.com/kulit-berminyak-bukan-lagi-masalah/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Kamu Seorang Fans K-Pop? Simak 8 Fakta Korea Selatan yang Tidak Banyak Diketahui Orang Asing

Jika kamu mengaku seorang fans K-Pop tentu kamu