Kulit kepala kita harus menghasilkan minyak dalam jumlah tertentu agar tetap lembap  dan mampu melindungi rambut. Tetapi minyak yang berlebihan dapat menyebabkan kita menjadi tidak nyaman, seperti mengurangi volume, rambut menjadi kusam, iritasi kulit kepala dan masalah ketombe.

Jika kamu bisa mengidentifikasi penyebab rambut berminyak, kamu bisa mengendalikannya. Berikut adalah beberapa alasan yang menyebabkan rambut kamu cepat berminyak :

  • Kamu terlalu sering mengikat rambut
10 Rekomendasi Gaya Ikat Rambut Wanita yang Cantik dan Mudah ...

Meskipun kuncir kuda mungkin tampak seperti cara yang baik untuk menyembunyikan rambut berminyak, faktanya adalah sebaliknya. Rambut kamu mungkin terlihat rapi tetapi gaya rambut yang ketat dapat menyebabkan sebum kamu menumpuk di rambut dan akar rambut.

  • Kamu sering keramas dengan air panas

Air panas sangat bagus untuk membuka pori-pori dan kutikula rambut serta menghilangkan kotoran, tetapi air panas juga bisa merusak rambut kamu. Karena air panas mencuci sebum dan dapat mengeringkan kulit kepala kamu sehingga menyebabkan ketombe dan produksi minyak berlebihan. Lebih baik kamu memilih air hangat untuk keramas dan bilas rambut kamu dengan air dingin setelah kamu selesai keramas untuk menutup kutikula rambut.

  • Kamu salah memilih produk perawatan rambut

Kamu harus berhati-hati dalam memilih produk perawatan rambut, apalagi produk yang berlabel “intensif”. Produk-produk ini dapat membuat rambut kamu terlalu mengembang. Sebaiknya, kamu menghindari produk perawatan rambut yang khusus dirancang untuk rambut kering atau rusak. Karena produk ini biasanya menutupi rambut dengan lapisan pelindung tipis yang membuat rambut kamu terlihat lebih berminyak. Alih-alih memilih produk untuk rambut rusak, kamu bisa mulai menggunakan perawatan rambut alami, seperti minyak zaitun, misalnya.

  • Kamu terlalu sering menyisir dan menyentuh rambut

Ketika kamu menyentuh rambut kamu, tanpa sadar kamu telah memindahkan minyak dan bakteri dari tangan ke rambut. Inilah yang menyebabkan rambut kamu terlihat lebih berminyak. Selain itu, menyisir rambut terlalu sering juga bisa menjadi pemicunya. Menyisir rambut secara konstan membuat sebum menyebar ke seluruh rambut kamu dan membuatnya terlihat lepek dan tidak segar.

Apa yang harus dilakukan? Biasakanlah untuk tidak menyentuh rambut kamu dengan tangan jangan menyisir rambut terlalu sering. Kamu cukup menyisir rambut kamu 2 kali sehari saja.

  • Kamu terlalu sering keramas

Meskipun mungkin terdengar agak absurd, tapi nyatanya semakin sering kamu mencuci rambut, semakin berminyak pula rambut kamu. Seorang ahli biologi rambut menyatakan bahwa miliaran bakteri baik yang meningkatkan pH kulit kita hidup di kulit kepala. Jadi ketika kita terlalu sering mencuci rambut, kita mungkin mengganggu keseimbangan pH dan menyebabkan kelenjar sebum menghasilkan lebih banyak minyak.

Apa yang harus kamu lakukan?

Cobalah untuk tidak mencuci rambut terlalu sering. Para ahli juga menyarankan agar kamu memperhatikan lingkungan tempat tinggal kamu dan masalah rambut yang kamu miliki. Misalnya, jika kamu adalah penduduk kota, maka kamu memang harus lebih sering mencuci rambut daripada mereka yang tinggal di daerah pedesaan.  Karena polusi udara di kota tentu membuat rambut kamu lebih mudah kotor.

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/3-hacks-untuk-atasi-rambut-berminyak-dengan-tepat/

http://www.tampilcantik.com/masalah-rambut-berminyak-siapa-takut/

http://www.tampilcantik.com/hanya-dengan-tips-ampuh-inilah-kamu-bisa-mengatasi-kulit-kepala-yang-mengelupas-dan-rambut-berminyak/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Skincare Para Wanita Jepang Untuk Kulit Sehat dan Awet Muda

Banyak wanita Jepang yang mahir dalam hal terlihat-puluhan-tahun-lebih-muda