Tangan adalah bagian dari tubuh kita yang paling banyak berhubungan dengan orang lain, benda dan diri kita sendiri. Coba ingat, seberapa sering kamu menyentuh wajah kamu dengan tangan sepanjang hari?

Apakah kamu selalu memiliki Hand Sanitizer atau kamu lebih suka mencuci dengan sabun dan air? Menjaga kebersihan dengan cuci tangan atau menggunakan Hand Sanitizer jauh lebih baik dalam membatasi transmisi virus dan bakteri daripada tidak melakukan apa pun untuk membersihkan tangan kamu. Kelangkaan produk Hand Sanitizer menyebabkan masyarakat resah dan bingung. Tidak hanya langka, tapi harga Hand Sanitizer pun meroket jauh dari harga normal di pasaran.

Lalu, sebenarnya manakah yang lebih efektif? Hand Sanitizer atau Cuci Tangan?

Berikut pendapat para ahli medis tentang metode mana yang terbaik untuk mencegah transmisi virus dan kuman :

Pro dan Kontra Hand Sanitizer

Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri yang Mudah dan Murah

Hand Sanitizer bisa lebih portabel dan mudah diakses ketika orang sedang bepergian. Produk ini memang dapat membantu mengurangi kemungkinan penularan virus,” kata Neha Nanda, serang ahli medis dari University of Southern California.

Niket Sonpal, ahli penyakit dalam, ahli gastroenterologi, dan profesor tambahan di Touro College, New York, juga setuju bahwa Hand Sanitizer bisa menjadi pilihan paling nyaman. Hand Sanitizer mampu memerangi kuman ketika air dan sabun tidak tersedia, karena Hand Sanitizer efektif menetralkan banyak mikroba, virus, dan bakteri – tetapi tidak semua.

Athanasios Melisiotis, seorang dokter di University of Pennsylvania, menunjukkan beberapa potensi kekurangan dari Hand Sanitizer : “Beberapa Hand Sanitizer dapat meninggalkan residu yang terasa licin atau tidak nyaman bagi beberapa pengguna. Hand Sanitizer juga bisa lebih mahal daripada sabun tangan. Hand Sanitizer bagus digunakan dalam keadaan darurat dan lebih nyaman, tetapi sabun dan air pada akhirnya akan lebih baik.

Mengapa Dokter Lebih Suka Cuci Tangan dengan Sabun dan Air?

Lebih Bersih Mana, Cuci Tangan dengan Sabun atau Gunakan Hand ...

Meskipun banyak rumah dan bisnis menyimpan botol pompa Hand Sanitizer dalam jumlah besar, sebaiknya pikirkan Hand Sanitizer sebagai alternatif portabel ketika wastafel dan sabun tidak dapat diakses. Mengapa? Karena virus paling efektif dibunuh dan dihilangkan dari tangan dengan sabun dan air. Standar untuk menjaga kebersihan tangan adalah dengan mencuci tangan yang benar dan konsisten. Itu karena sabun dan air dapat membersihkan dengan lebih menyeluruh.

Hand Sanitizer dapat membunuh virus dan bakteri tertentu, tetapi itu tidak membersihkan tangan kamu seperti halnya sabun dan air. Sanitizer tidak menghilangkan kotoran dan sisa-sisa bakteri yang ada. Tapi, sabun dapat membunuh kuman, mengikatnya dan membantu menghilangkannya secara fisik, dengan aliran air”, kata Athanasios Melisiotis.

Niket Sonpal menjelaskan, “Mungkin menggunakan sabun antibakteri terlihat seperti sebuah pilihan terbaik dan itu memang bukan ide yang buruk. Tapi sebenarnya produk sabun biasa pun sudah cukup. Jika kamu ingin bekerja lebih keras untuk menghilangkan virus dan bakteri dengan membeli sabun antibakteri, kamu dapat melakukannya, tetapi menurut penelitian CDC, tidak ada manfaat tambahan untuk menggunakan sabun antibakteri dibandingkan sabun biasa.”

Baca Juga :

http://www.tampilcantik.com/apakah-virus-corona-mematikan-berikut-penjelasan-dokter-tentang-angka-kematian-covid-19/

http://www.tampilcantik.com/covid-19-8-cara-mengisolasi-diri-saat-diperlukan/

http://www.tampilcantik.com/5-hal-yang-bisa-kamu-lakukan-untuk-menanggulangi-kecemasan-akibat-pandemik-virus-korona/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Kamu Makan Saat Menstruasi

Tahukah kamu? Kebutuhan nutrisi wanita akan berubah sepanjang