Tahukah kamu? Setiap hari pikiran kita bisa memproses banyak sekali informasi, dan tubuh kita juga melakukan ribuan tindakan. Kehidupan yang sibuk membuat kita sering luput dan tidak memperhatikan beberapa tanda-tanda  yang ditunjukkan tubuh bahwa ada masalah di dalam tubuh. Ketika kita tidak menangkap tanda-tanda ini, masalah di dalam tubuh bisa sangat parah dan pada akhirnya mempengaruhi kehidupan kita.

Nah, berikut ini adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa ginjal kamu tidak berfungsi dengan baik: 

  1. Kesulitan tidur

Ketika ginjal kamu tidak berfungsi dengan baik, berarti racun tidak dapat keluar dari tubuh melalui urine dan racun tersebut tetap berada di dalam darah. Tingkat racun yang meningkat membuat kamu sulit tidur. Jika kamu mengalami kesulitan tidur, mungkin saja ginjal kamu mengalami penurunan fungsi.

Orang dengan Penyakit Ginjal Kronis lebih sering menderita apnea tidur. Apnea tidur adalah gangguan yang menyebabkan satu atau lebih jeda pada napas saat kamu tidur. Jeda ini dapat berlangsung dari beberapa detik hingga satu menit. Setelah setiap jeda, pernapasan kembali normal dengan mendengus keras. Jika kamu juga mendengkur berat secara terus-menerus saat tidur, sebaiknya kamu segera menghubungi dokter. 

  1. Sakit kepala, cepat lelah dan lemah

Ginjal yang sehat dan berfungsi dengan baik akan mengubah Vitamin D dalam tubuh kita untuk memelihara kesehatan tulang dan menghasilkan hormon yang disebut Erythropoietin (EPO). Hormon ini berperan penting dalam produksi sel darah merah.  Ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, mereka menghasilkan lebih sedikit EPO. Dampaknya, tubuh kamu akan mengalami penurunan sel darah merah (yang membawa oksigen) sehingga otot dan otak kamu cepat lelah.

  1. Kulit kering dan gatal

Ginjal yang sehat melakukan pekerjaan luar biasa dengan membuang limbah dan cairan ekstra dari darah, membantu memproduksi sel darah merah, dan menjaga jumlah mineral dalam tubuh kamu. Kulit yang gatal dan kering menandakan kegagalan ginjal untuk menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi yang dapat menyebabkan penyakit tulang dan ginjal.

Jika kamu memiliki kulit kering dan gatal, usahakan agar tubuh kamu tetap terhidrasi. Ingat, sebelum minum obat gatal apa pun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kamu. Obat-obatan tertentu memiliki bahan yang berpotensi lebih merusak fungsi ginjal kamu.

  1. Bau mulut seperti rasa logam

Ketika kotoran menumpuk di dalam darah, kotoran ini dapat mengubah rasa makanan dan meninggalkan rasa logam di mulut kamu. Memiliki bau mulut adalah tanda bahwa ada terlalu banyak racun dan kontaminasi dalam aliran darah. Ada berbagai alasan mengapa makanan dapat memiliki rasa logam (mulai dari alergi hingga kesehatan mulut yang buruk). Biasanya, rasa logam di mulut kamu akan hilang jika penyebabnya telah diobati. Jika rasanya terus muncul, sebaiknya hubungi dokter.

  1. Sesak napas

Hubungan antara penyakit ginjal dengan sesak nafas disebabkan oleh dua faktor. Pertama, cairan ekstra di dalam tubuh berpindah ke paru-paru saat ginjal tidak berfungsi dengan baik. Kedua, anemia menyebabkan tubuh kekurangan oksigen dan menyebabkan sesak napas.

Ada berbagai penyebab sesak napas mulai dari gagal ginjal, asma, kanker paru-paru atau gagal jantung. Jika kamu menyadari bahwa kamu terus-menerus kehabisan napas setelah melakukan sedikit aktivitas, kamu harus segera menghubungi dokter.

  1. Bengkak di kaki, pergelangan kaki dan tangan

Ginjal yang gagal berfungsi dengan baik tidak mengeluarkan cairan ekstra dari tubuh. Nah, ini menyebabkan retensi natrium yang menyebabkan pembengkakan di kaki, pergelangan kaki, dan tangan. Pembengkakan pada bagian bawah tubuh kamu juga bisa menandakan penyakit jantung dan hati atau masalah pembuluh darah kaki.

  1. Mengalami sakit punggung

Gagal ginjal dapat menyebabkan nyeri punggung yang biasanya nyeri di bagian dalam dan terletak tepat di bawah tulang rusuk. Nyeri bisa dirasakan di bagian depan selangkangan atau area pinggul. Nyeri punggung dan kaki dapat disebabkan oleh kista ginjal, yang merupakan kantung berisi cairan besar yang terbentuk di ginjal, dan merupakan akibat dari penyakit ginjal polikistik.

Sakit punggung akibat gagal ginjal, biasanya disertai rasa mual, muntah, suhu tubuh tinggi, dan sering buang air kecil. Nyeri punggung normal yang tidak memiliki korelasi dengan ginjal akan berbeda. Nyeri normal lebih terlokalisasi dan terjadi tiba-tiba, tidak ada demam. Jika kamu terus mengalami sakit punggung dan pil pereda nyeri pastikan kamu memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga :

Punya Masalah Ginjal? Makanan-Makanan Ini Wajib Kamu Konsumsi Biar Sehat

Ternyata 6 Makanan Populer Berikut Ini Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan Ginjal

Ladies, Tanda-Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Masalah Buang Air Kecilmu Bisa Jadi Batu Ginjal, Waspada, Ya!

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Inilah yang Terjadi Jika Kamu Terlalu Lama Memakai Headphone

Dokter memiliki aturan yang disebut dengan aturan “60-60”.