Pagi hari adalah saat yang tepat untuk menenangkan diri dan mengatur suasana hati untuk menjalani hari-hari kamu. Ritual pagi kita bisa menentukan apakah kita akan makan siang dalam porsi besar atau kecil, apakah tubuh akan membakar semua kalori atau menyimpannya dan membuat tubuh kita semakin gemuk.

Untuk mengatur aktivitas pagi, kamu perlu tahu beberapa kebiasaan tidak baik di pagi hari yang bisa menghambat proses diet kamu : 

  1. Kamu menolak untuk sarapan

Waktu ketika kita makan jauh lebih penting daripada apa yang kita makan. Ilmuwan membuktikan bahwa diet dengan sarapan yang banyak dan makan malam yang sedikit, akan jauh lebih efektif dalam hal menjaga berat badan.

Mengapa demikian?

Ini karena kecepatan metabolisme bisa berbeda pada waktu yang berbeda dalam sehari. Kesimpulan utama yang didapat para ilmuwan adalah bahwa kamu tidak boleh menolak untuk makan sarapan berkalori tinggi. Makan siang kamu harus berukuran sedang dan makan malam kamu harus ringan.

  1. Kamu tidak berjemur di bawah sinar matahari

Tahukah kamu? Sinar matahari benar-benar bisa membakar lemak. Setidaknya, membakar jaringan lemak putih. Para peneliti di Kanada melakukan percobaan dan membuktikan bahwa ukuran lipid berkurang saat terkena sinar matahari.

Penemuan ini menjelaskan mengapa orang bertambah berat badan selama musim dingin ketika mereka kekurangan sinar matahari. Perlu diingat bahwa menghabiskan terlalu banyak waktu di bawah sinar matahari juga bukan ide yang baik. Pastikan kamu selalu menggunakan sunscreen.

  1. Kamu tidak minum air setelah bangun tidur

Tubuh orang dewasa terdiri dari 55% hingga 60% air, sehingga minum segelas air setelah bangun adalah ide yang sangat bagus. Air akan mempercepat metabolisme, yang dapat menurunkan risiko penambahan berat badan. Air juga akan membantu tubuh membuang racun. 

  1. Kamu tidak berolahraga

Olahraga di pagi hari sangat penting dilakukan karena dapat membantu kamu menurunkan nafsu makan! Menurut penelitian, orang yang terbiasa melakukan olahraga sebelum sarapan, cenderung makan lebih sedikit sepanjang hari. Berolahraga saat masih lapar memiliki tingkat efisiensi sekitar 20% lebih baik dalam hal penurunan berat badan.

  1. Kamu menyimpan makanan manis dan lezat untuk dimakan di malam hari

Jika kamu tidak bisa menahan diri untuk makan makanan manis atau makanan lezat seperti daging panggang, misalnya, maka kamu perlu makan makanan-makanan tersebut di pagi hari. Cake, muffin, coklat, dan aneka daging panggang yang dimakan di pagi hari akan berdampak lebih sedikit pada kenaikan berat badan daripada ketika semua makanan itu kamu makan di malam hari. 

  1. Kamu selalu membaca berita di pagi hari

Rasa takut atau rasa kesal akibat membaca berita di pagi hari ternyata bisa berdampak negatif bagi kesehatan kamu, loh. Hal ini bisa semakin berdampak buruk jika kamu menderita insomnia yang kronis. Stres jangka panjang menyebabkan sel punca berubah menjadi sel lemak.

Stres menyebabkan tubuh memproduksi hormon yang membantu tubuh beradaptasi dengan lingkungan baru. Jika stres terjadi jangka pendek, sel lemak baru tidak terbentuk. Tapi jika stres berkepanjangan, mekanisme “hemat kalori” akan dimulai. Dan bahkan jika kita makan lebih sedikit, kita tidak akan bisa menurunkan berat badan sampai tubuh kita mendapat sinyal bahwa stres kita sudah hilang.

Baca Juga :

9 Alasan Mengapa Kamu Gagal Diet

4 Trik Jitu Untuk Tahan Nafsu Makan Saat Sedang Diet. Wajib Coba Bagi Kamu Yang Sering Gagal Diet!

Kunci Gagal Diet! Jangan Pernah Lakukan Hal Ini Di Awal Diet

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Hati-hati, 5 Risiko Ini Harus Kamu Hadapi Jika Makan di Depan Laptop

Meski keliru, kebiasaan makan di depan laptop, entah