Anak-anak umumnya memiliki ketakutan pada kegelapan dan ini bisa terus terjadi sampai mereka dewasa. Lalu bagaimana cara kamu menanggulangi ketakutan anak kamu? Apakah kamu menyerah dan selalu menyalakan lampu kamar supaya dia tidak takut saat tidur? Atau kamu masih bingung mencari cara yang tepat untuk menyembuhkan ketakutan pada gelap?

Nah, berikut adalah 5 cara efektif untuk membantu anak melawan rasa takut pada gelap :

  1. Dengarkan anak kamu

Tanggapi ketakutan anak kamu dengan serius dan dengarkan mereka dengan sungguh-sungguh. Jangan mengabaikan anak kamu dengan cara memeriksa di bawah tempat tidur atau lemari dan mengatakan tidak ada hantu di sana. Hal tersebut  sebenarnya bisa memperburuk keadaan, karena kamu menunjukkan kepada anak kamu bahwa kamu percaya bahwa hantu itu nyata.

Tanyakan kepada mereka, apa sebenarnya yang membuat mereka merasa takut dan tunjukkan bahwa kamu memahami ketakutan mereka. Terakhir, yakinkan mereka bahwa mereka aman dan kamu akan selalu ada untuk mereka jika merasa takut.

  1. Puji anak kamu

Penelitian telah menunjukkan bahwa afirmasi positif dapat mengubah cara berpikir kita. Artinya, jika kamu mengatakan pada diri sendiri sesuatu yang positif, kamu mungkin akan mulai mempercayainya. Beri tahu anak kamu bahwa mereka berani dan puji anak kamu karena mereka mampu menghadapi ketakutan mereka akan kegelapan. 

Kata-kata positif dari kamu dapat membantu mereka untuk benar-benar percaya bahwa mereka dapat melawan ketakutan mereka, baik itu hantu di bawah tempat tidur mereka atau bayangan yang menakutkan.

  1. Bersenang-senang dengan lampu malam

Ada banyak lampu tidur kreatif yang dapat membantu anak kamu rileks dan merasa aman. Misalnya, ada lampu tidur berbentuk binatang, proyektor bintang, bintang-bintang di langit malam atau lampu dorong yang dapat dipasang di sekitar kamar anak. Selain itu, pastikan jika kamu menggunakan lampu biasa, lampu itu tidak menimbulkan bayangan yang menakutkan. Hal lain yang harus diperhatikan adalah kecerahan lampu, karena itu dapat mengganggu tidur anak.

  1. Ubah kamar gelap anak menjadi tempat bermain yang menyenangkan

Anak kamu mungkin melihat kegelapan sebagai sesuatu yang menakutkan dan berbahaya, tetapi kamu dapat mengubah cara berpikir mereka dengan memperlihatkan kamar gelap yang indah. Misalnya, kamu dapat mengadakan pertunjukan wayang kulit, kamu bisa berpesta dengan tongkat dan gelang glow in the dark, atau mengenakan pakaian dengan motif glow in the dark. Dengan mengkreasikan berbagai perangkat untuk membuat kamar gelap yang indah, anak kamu akan belajar melihat kegelapan sebagai sesuatu yang menyenangkan dan menghibur.

  1. Coba trik “10 detik” 

Alasan mengapa anak kamu takut akan kegelapan sebenarnya tidak didasarkan pada rasa takut akan kegelapan itu sendiri, tetapi karena transisi di dalam kegelapan. Saat kamu tiba-tiba mematikan lampu, mata kamu menjadi buta selama beberapa detik karena harus menyesuaikan diri dengan lingkungan. Dan saat itulah anak kamu mungkin mulai merasa takut.

Ada trik yang bisa kamu coba untuk membantu anak kamu menyesuaikan diri dengan kegelapan :

  • Minta mereka untuk menutup mata saat lampu masih menyala.
  • Kemudian matikan lampu, lalu tutup mata anak kamu dengan tangan
  • Minta mereka menghitung dari 1 sampai 10
  • Setelah selesai menghitung, minta mereka untuk membuka mata. Sekarang ketika mereka melakukannya, ruangan tidak akan terasa begitu gelap seperti dulu, terutama jika sudah ada lampu-lampu tidur yang lucu.

Baca Juga :

Takut Kelihatan Kusam Buat Kamu Pemilik Kulit Sawo Matang Saat Pake Kebaya? Jangan Panik, Ini Dia Warna Kebaya Yang Cocok Buat Kamu

Jangan Minder dengan Kulit yang Gelap. Gunakan Tips Ini Supaya Kamu Bisa Memilih Make Up yang Tepat

Punya Bibir Gelap ? Pilih Saja Warna Lipstik yang Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

8 Rahasia Tersembunyi di Bioskop Film

Siapa sih yang tidak suka menonton film di