Tidak dapat dipungkiri bahwa ginjal memainkan peran yang sangat penting dalam tubuh kamu. Ginjal bertugas membuang limbah melalui urin, memproduksi hormon, dan menyaring racun serta cairan berlebih dalam darah kamu. Itulah mengapa kamu harus merawat ginjal kamu dengan baik selalu berusaha menjaga kesehatan ginjal.

Kamu perlu berhati-hati, karena ternyata beberapa makanan dapat menurunkan fungsi ginjal bahkan merusaknya jika dikonsumsi secara berlebihan. Berikut adalah daftar beberapa makanan populer yang dapat membahayakan ginjal :

  • Alpukat

Walaupun alpukat terkenal karena beragam gizi yang terkandung di dalamnya, makan terlalu banyak alpukat bisa jadi berbahaya bagi ginjal kamu, terutama jika kamu sudah memiliki riwayat penyakit ginjal. Mengapa demikian? Alasannya adalah alpukat  memiliki tingkat kalium yang sangat tinggi. Tubuh kita memang membutuhkan mineral ini, tetapi terlalu banyak kalium dalam darah dapat menyebabkan masalah serius seperti kram otot dan detak jantung yang tidak teratur.

  • Daging

Makan terlalu banyak daging dapat menyebabkan masalah ginjal karena protein hewani bisa sulit untuk dicerna dalam proses metabolisme. Hal ini membuat eliminasi produk limbah menjadi beban berat bagi ginjal. Jika kamu terlalu sering memakan protein hewani, hal itu bisa memicu berkembangnya batu ginjal. Daging juga dapat merangsang produksi asam urat yang merupakan salah satu penyebab umum dari batu ginjal.

  • Garam

Pola makan yang sehat harus mencakup maksimum 2.300 mg natrium per hari (sekitar satu sendok teh garam per hari). Jika kamu makan terlalu banyak garam, ginjal kamu harus bekerja lebih keras untuk menghilangkan kelebihan natrium, sehingga ginjal mulai menahan air yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Agar ginjal kamu tetap sehat, tambahkanlah bumbu dan rempah ke dalam makanan kamu dan kurangi kandungan garam. Sebaiknya kamu juga mulai mengurangi konsumsi makanan-makanan yang mengandung kandungan garam yang tinggi seperti camilan, saus pizza, dll.

  • Pisang

Jika kamu menyukai buah pisang namun kamu juga memiliki riwayat penyakit ginjal, sebaiknya kamu mengurungkan niat kamu untuk makan pisang banyak-banyak. Pisang memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi. Hal ini dapat berbahaya bagi mereka yang memiliki masalah ginjal. Orang dewasa yang normal memang harus mengonsumsi sekitar 3.500 mg – 4.700 mg kalium setiap hari. Rata-rata, 1 buah pisang (150 g) sudah mengandung 537 mg kalium. Jadi, jika kamu menderita penyakit ginjal, kamu sebaiknya tidak mengonsumsi pisang terlalu banyak.

  • Produk Susu

Hampir semua orang menyukai produk susu. Entah itu keju, yogurt, atau mungkin susu murni yang langsung dikonsumsi. Meskipun produk susu kaya akan vitamin dan nutrisi, tapi terlalu banyak mengonsumsi produk susu dapat menyebabkan masalah kesehatan. Tingginya kandungan fosfor yang terkandung dalam produk susu dapat   memberi tekanan pada ginjal kamu. Selain itu, jika ginjal kamu tidak berfungsi dengan normal, ginjal tidak akan dapat menghilangkan kelebihan fosfor dari dalam darah kamu. Hal ini dapat menyebabkan tulang kamu semakin tipis dan lemah sehingga  risiko patah tulang pun meningkat.

  • Roti Gandum Utuh

Roti gandum utuh adalah makanan sehat dan bergizi., bahkan jauh lebih baik daripada roti tawar biasa. Tetapi ketika dimakan dalam jumlah yang berlebihan, terutama dimakan oleh orang yang menderita penyakit ginjal, roti gandum bisa jadi berbahaya.  Hal ini disebabkan oleh tingginya jumlah fosfor dan kalium yang terkandung dalam roti gandum utuh. Bahkan kandungan kalium dan fosfor pada roti gandum utuh lebih banyak daripada roti tawar putih biasa. Satu potong roti gandum mengandung 81 mg kalium dan 57 mg fosfor, sedangkan satu potong roti putih, yang hanya memiliki 37 mg kalium dan 35 mg fosfor.

Baca Juga :

https://www.tampilcantik.com/punya-masalah-ginjal-makanan-makanan-ini-wajib-kamu-konsumsi-biar-sehat/

https://www.tampilcantik.com/ladies-tanda-tanda-ini-menunjukkan-bahwa-masalah-buang-air-kecilmu-bisa-jadi-batu-ginjal-waspada-ya/

https://www.tampilcantik.com/bahan-alami-yang-satu-ini-akan-membantu-membersihkan-pankreas-hati-ginjal-lho/

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Apa yang Sebenarnya Terjadi Ketika Lalat Hinggap di Makanan Kamu?

Lalat hampir selalu ada di mana-mana, mulai dari