Bagaimana cara Anda merawat kulit? Apakah dengan rajin mencuci wajah? Sudah rajin melakukan eksfoliasi, mengaplikasikan sunscreen dan pelembab rutin? Ternyata metode perawatan ini belum cukup untuk merawat kulit Anda, karena masih ada tahapan penting yang harus dilakukan, yaitu aplikasi serum.

Di bagian pertama, kita telah membahas bagaimana cara memilih serum terbaik untuk wajah. Setelah mendapatkan serum yang cocok dengan masalah dan jenis kulit Anda, kita wajb tahu kapan saat terbaik untuk menggunakan serum ini.

Waktu Tepat Penggunaan Serum

Seberapa sering penggunaan serum sebenarnya daapt disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing individu. Walaupun serum tersebut memiliki kandungan bahan aktif dengan kandungan vitamin C, disarankan cukup gunakan serum sekali saja di pagi hari. Sedangkan serum dengan bahan aktif retinol sebaiknya digunakan cukup sekali saat malam hari. Gunakan serum dengan bahan aktif asam hialuronat satu atau dua kali sehari. Berbeda dengan serum berbahan AHA dan BHA yang dapat menyebabkan pengelupasan cukup digunakan 2 kali seminggu.

Cara Penggunaan Serum

Kandungan bahan aktif didalam serum termasuk tinggi, sehingga penggunaannya sedikit saja sudah cukup. Biasanya 1-2 tetes saja sudah cukup, namun tetap disarankan untuk membaca petunjuk pemakaian yang tercantum pada kemasan.

Para ahli sepakat bahwa pemakaian skincare dimulai dari urutan produk yang pemakaiannya paling tipis hingga tebal. Biasanya serum diaplikasikan setelah mencuci atau membersihkan wajah sebelum pemakaian skincare yang lebih berat seperti sunscareen, tomer, dan pelembab.

Apakah Masih Membutuhkan Pelembab dan Sunscreen Setelah Aplikasi Serum?

Jika ada pertanyaan di atas jawabannya adalah “Iya perlu”. Ada beberapa kandungan serum yang memberikan reaksi terhadap sinar matahari, sehingga aplikasi sunscreen sangat diperlukan. Para ahli juga menyarakan Anda untuk memilih serum dengan bahan aktif yang berbeda dengan sunscreen Anda, karena penggunaan bahan aktif yang terlalu banyak atau bahan aktif yang tumpang tindih dapat menyebabkan resiko iritasi kulit dan menghambat perawatan kulit.

Kesalahan Umum Yang Harus Dihindari

Kesalahan yang seringkali ditemukan dalam penggunaan serum adalah pemakaian yang berlebihan dengan tujuan mendapat hasil lebih cepat, padahal penggunaan sedikit saja sudah cukup dan tidak perlu berlebihan.  Selain pemakaian yang berlebihan, kesalahan lain yang seringkali dilakukan oleh pemakai serum adalah seringnya penggunaan serum. Padahal cukup gunakan 1-2 kali sehari saja.

Jadi, itulah dua kesalahan yang seringkali dilakukan oleh pengguna serum. Yang pertama penggunaan yang terlalu banyak, kedua intensitas penggunaan yang terlalu sering. Jadi, hindari kesalahan ini ya.

Kesalahan lain yang seringkali dilakukan oleh pengguna serum adalah mengaplikasikan pipet atau aplikastor yang terdapat pada botol langsung pada kulit. Kebiasaan ini dapat menyebabkan terjadinya kontaminasi produk. Pemakaian yang baik adalah dengan meneteskan serum pada tangan yang bersih tanpa menyentuk aplikatornya saat mengaplikasikannya.

Serum wajah adalah salah satu produk perawatan wajah dengan bahan aktif tinggi yang membantu mengatasi masalah kulit tertentu. Sebaiknya kenali jenis kulit dan masalah kulit Anda, sehingga penggunaan serum dapat memberikan hasil sesuai yang diinginkan.

Baca Juga :

Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Penggunaan Serum Vitamin C Untuk Wajah

Serum Vitamin C, Tiket Anda untuk Kulit Bercahaya

<strong>5 Tips Cara Memilih Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak</strong>

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Penting untuk Pencegahan Kulit Terbakar Sinar Matahari

Jadi, kamu terlalu banyak mendapat sinar matahari, ya?