Saat ini produk perawatan kulit sangat banyak dan telah dibuat dengan fungsi yang cukup jelas, misalnya susu pembersih, tomer, krim pagi, krim malam, hingga serum. Semuanya telah memiliki fungsi masing-masing, misal krim pagi memang digunakan untuk pagi hari, krim malam untuk malam hari, susu pembersih untuk membersihkan wajah, namun bagaimana dengan serum? Apakah memang diperlukan untuk wajah?

Untuk lebih memahami serum wajah, kami mencoba menemui Rawn Bosley, MD, FAAD, dan Nkem Ugonabo, MD, MPH  dokter kulit bersertifikat. Dr Bosleydan Dr Ugonabo akan mencoba menjawab dan menjelaskan pertanyaan kita.

Rawn Bosley, MD, FAAD, adalah dokter kulit bersertifikat dan ahli bedah yang berbasis di Texas, sedangkan Nkem Ugonabo, MD, MPH, adalah dokter kulit bersertifikat dari New Yorkdi UnionDerm 

Apa Itu Serum Wajah?

Dr Bosley menjelaskan, “Serum wajah adalah skincare berbentuk larutan yang dibuat dari bahan aktif khsusu dengan tekstur yang mudah meresap”. Kandungan aktif ini yang nantinya akan menutrisi serta memenuhi kebutuhan kulit, mulai dari mengontrol kelebihan minyak pada wajah, hingga mengencangkan kulit wajah yang mulai kendur. Beberapa serum dibuat dengan tamabahan bahan khusus, seperti vitamin C, retinol, asam haluronat, dan bahan aktif lainnya. 

Manfaat dari Serum

Serum dapat memberikan manfaat mulai dari memperbaiki tesktur,warna kulit, mengurangi garis halus dan kerutan, serta mengingkatkan hidrasi dan menutrisi kulit. Ugonabo sendiri mengungkapkan manfaat serum wajah sendiri tergantung dari bahan aktif si serum itu sendiri. “Serum dengan bahan aktif BHA, Glikolat, dan asam salisilat cocok untuk Anda dengan masalah watna dan tekstur kulit, sedangkan bagi Anda yang ingin mengurangi garis halus dan kerutan, pilih serum dengan retinol sebagai bahan utamanya. Bagi Anda yang hanya ingin memberikan nutrisi dan hidari kuit saja, pilih serum dengan bahan utama asam hialuronat.

Cara Memilih Serum

Di jaman yang semakin maju dimana kita bisa berbelanja secara online melalui Shopee, Tokopedia, dan Marketplace lainnya mungkin saja Anda banyak tergoda untuk mencoba serum yang ditawarkan. Tapi Bosley menyarakan kita untuk membeli serum berdasarkan bahan aktifnya.  “Produsen serum umumnya akan mencantumkan bahan aktif dari serum buatannya dengan pejelasan singkat terkait manfaat serum untuk wajah itu sendiri,” katanya. Rekomendasinya meliputi:

Pilih bahan aktif seperti asam glikolat, antioksida, dan asam traneksamat untuk membantu masalah pigmentasi, sedangkan bagi Anda dengann masalah wajah kemerahan dan meradang, pilih serum dengan bahan aktif niacinamide. Asam hialuronat dan panthenol juga sangat cocok bagi kulit yang kurang terhidrasi. Bahan aktif niacinamide dan asam sallisilate sangat cocok untuk kulit yang rentan berjerawat.

Seperti produk perawatan kecantikan lainnya, memilih serum wajah sangat bergantung pada jenis kuit dan bagaimana efek yang diinginkan pada kulit, sehingga sangat disarankan untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter kulit untuk membantu Anda menemukan perawatan yang tepat sesuai kebutuhan dan jenis kulit Anda.

Setelah mendapatkan serum yang tepat sesuai kebutuhan dan jenis kulit, lalu kapan menggunakan si serum ini? Yuk lanjut membaca di bagian ke dua.

Baca Juga :

Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Penggunaan Serum Vitamin C Untuk Wajah

4 Cara Menggunakan Serum Wajah dengan Benar Untuk Manfaat Maksimal

<strong>5 Tips Cara Memilih Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Berminyak</strong>

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Tips Penting untuk Pencegahan Kulit Terbakar Sinar Matahari

Jadi, kamu terlalu banyak mendapat sinar matahari, ya?