Sebelum membahas mengenai metabolisme tubuh, mari kita bahas dulu pengertian dari metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh pada dasarnya adalah proses tubuh untuk mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi yang digunakan untuk beraktivitas.

Sayangnya  proses metabolisme tubuh seseroang bisa berjalan dengan cepat atau lambat. Saat metabolisme tubuh melambat, maka tubuh bisa saja mengalami beragam masalah kesehatan, seperti obesitas, mudah lelah, hingga kulit yang kering.

Anda bisa mencoba beragam jenis diet, namun pada akhirnya cara sederhana untuk menjaga badan metabolisme tubuh adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat. Dibandingkan dengan melakukan diet ekstrim, ahli gizi lebih menyarankan untuk mengkonsumsimakanan sehat. Elisa Goodman dan Dana Jaes seorang ahli gizi mengungkapkan ada beberapa makanan yang baik untuk membantu mempercepat metabolisme tubuh, diantaranya :01dari 14

Kacang Lentil

Untuk melakukan proses pembakaran kalori secara efektif, tubuh membutuhkan zat besi. Zat besi inilah yang akan membantu memperlancar a;iran oksigen ke seluruh tubuh dan membantu meningkatkan metabolisme tubuh. “Salah satu makanan dengan kualitas nutrisi terbaik adalah kacang lentil. Kacang lentil memiliki protein paling tinggi, berdasarkan beratnya, dibandingkan makanan nabati apa pun, kacang lentil merupakan pengganti protein hewani yang mudah dalam untuk diolah menjadi resep apa pun, dan kacang lentil sarat dengan serat”,  kata Goodman. Satu cangkir lentil menyediakan 35 persen kebutuhan zat besi harian Anda, ditambah protein dan serat, yang membantu pencernaan.

Brokoli, Kubis, dan Kembang Kol

Dalam sayuran seperti brokoli, kubis, dan kembang kol terdapat 3 nutrisi yang membantu memperkuat metabolisme tubuh, seperti vitamin B, kalisum, dan vitamin C. Sayuran ini juga kaya akan kandungan air dan serat yang membantu tubuh untuk bekerja membakar lemak.

Kacang-Kacangan

Segala jenis kacang-kacangan, mulai dari kacang merah hingga kacang hitam dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh karena kandungan seratnya yang tinggi. Kacang-kacangan juga dapat membantu penurunan insulin, sehngga memicu tubuh untuk menyimpan lemak dalam jumlah lebih sedikit. Sebagai sumber protein dan vitamin yang sangat baik, kacang-kacangan juga membantu Anda merasa cepat kenyang. 

Daging Tanpa Lemak

Tubuh akan bekerjajauh lebih keras saat mencerna protein jika dibandingkan mencerna lemak atau karbohidrat. Mengkonsumsi daging tanpa lemak seperti daging putih dan ayam kalkun membuat tubuh membutuhkan energi lebih banyak untuk mencerna bdaging tersebut. Selain itu, protein juga membantu massa otot untuk menjaga metabolisme tubuh.05

Buah-Buahan

Buah-buahan, terutama jeruk, lemon, dan anggur sangat bai untuk pencernaan. Buah-buahan ini cenderung rendah gula dan memiliki kandungan antioksidan yang membantu menjaga gula darah setelah makan.

Oat

“Oat bebas gluten adalah biji-bijian yang menyehatkan dan menyediakan vitamin,mineral,serta serat yang membuatnya cocok untuk dijadikan menu sarapan sehat dan enak”, jelas Goodman. Oat tidak hanya membantu menjaga kadar insulin tetap rendah, mecegah terjadinya lonjakan gula darah, sehingga tubuh akan menyimpan lemak dan memecah serat ini untuk membakar kalori.

Itulah beberapa makanan sehat yang membantu mempercepat metaboisme tubuh Anda. Masih ada beberapa makanan lainnya di bagian ke II. Jangan lewatkan untuk membaca bagian selanjutnya.

Baca Juga :

<strong>6 Cara Seimbangkan Metabolisme Anda Dengan Makanan</strong>

4 Kebiasaan Baik Untuk Metabolisme Yang Lebih Sehat

Bisa Mengacaukan Diet Kamu, Ini Mitos Metabolisme Tubuh Yang Dipercaya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

9 Cara Menurunkan Berat Badan dengan PCOS

Jika Anda menderita sindrom ovarium polikistik (PCOS), tindakan