Nampaknya semua orang ingin memiliki tubuh yang sehat dengan metabolisme yang baik. Banyak cara dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Banyak cara dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan metabolisme tubuh tetap terjaga dengan baik. 

Beberapa orang menganggap bahwa metabolisme tubuh adalah jumlah kalori yang akan dibakar setiap harinya. Kalori yang dibakar harus lebih banyak dibandingkan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Namun, ternyata metabolisme lebih banyak dari itu. Mudah meningkatkan metabolisme tubuh, walaupun tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Pengertian Metabolisme

Kata metabolisme sendiri sebenarnya berasal dari kata “metabolismo” dari Yunani yang artinya adalah perubahan. Metabolisme sendiri adalah total dari reaksi kimia dalam tubuh Anda yang akhirnya akan mempengaruhi keseimbangan energi.

Keseimbangan energi akan mempengaruhi berat badan dimana ada metabolisme yang cepat dan lambat. Metabolisme lambat dipahami seperti ingin menambah berat badan tanpa makan berlebihan, sedangkan metabolisme cepat dipahami sebagai kemampuan untuk makan berlebihan tanpa mengalami penambahan berat badan.

Metabolisme bukan hanya soal berat badan saja, namun kesehatan metabolisme ini mencakup seluruh tubuh Anda. Casey Means, MD, salah satu pendiri dan kepala petugas medis Levels Health di Portland, Ore mengungkapkan bahwa, “Metabolisme adalah seperangkat mekanisme yang mampu menghasilkan energi dari makanan dan lingkungan yang nantinya akan memberi daya pada sel tubuh”. Saat energi berjalan lancar, maka metabolisme tubuh akan berjalan secara optimal.

Sisi lain, saat metabolisme tubuh tidak berjalan dengan baik, maka mitokondria yang seharusnya menjadi pengasil energi di dalam sel tidak mampu bekerja dengan baik, sehingga bisa saja terjadi penyakit. Studi menunjukkan bahwa 88% orang Amerika memiliki metabolisme yang kurang baik karena pola makan dan gaya hidup barat yang modern, sehingga rentan mengalami penyakit seperti kanker, infertilitas, jantung, stroke, diabetes, obesitas, dan lainnya.

Jadi bagaimana kiat untuk mencapai metabolisme tubuh yang sehat. Bagaimana kiat untuk menjaga metabolisme tubuh? Ada beberapa kebiasaan sehat yang dapat mendukung metabolisme tubuh yang baik, diantaranya:

Mengkonsumsi Serat Lebih Banyak

Studi menemukan bahwa orang Amerika hanya mendapatkan serat sebanyak 15 gram saja per harinya. Padahal pedoman diet menyarankan wanita untuk mendapatkan setidaknya 25 gram dan pria 38 gram. Sayuran benar-benar sumber serat yang baik, jadi jangan lupa untuk mengkonsumsi lebih banyak sayuran. 

Mengkonsumsi Lebih Sedikit Gula

Mulailah membatasi asupan gula jika ingin meningkatkan kesehatan metabolisme tubuh. Gula yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan energi  hingga masalah kecemasan. Jika dibiarkan dalam jangka panjang, kelebihan gula dapat menyebabkan masalah tubuh hingga beresiko menyebabkan terjadi nya penyakit seperti Alzheimer, demensia, kanker, hingga jantung. 

Banyak Minum Air

Mungkin Anda sudah bosan mendengar bahwa minum air putih adalah jurus jitu untuk menjaga tubuh tetap sehat, namun ini adalah fakta. Konsumsi air setidaknya dua liter atau 8 gelas per harinya untuk mencegah tubuh dehidrasi.

Berjemur Di Pagi Hari

Mendapatkan sinar matahari secara langsung di pagi hari juga sangat baik untuk membantu metabolisme tubuh Anda. Adanya sinar matahari mampu memberikan sinyal pada otak jam berapa saat ini untuk mengatur metabolisme tubuh.

Baca Juga :

Bisa Mengacaukan Diet Kamu, Ini Mitos Metabolisme Tubuh Yang Dipercaya

Kebiasaan Umum yang Tidak Diduga Bisa Memperlambat Metabolisme Lho

Makanan Pembakar Lemak Ini Bisa Meningkatkan Metabolisme Tubuhmu, Ladies

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Cara Cepat Melunasi Hutang , 12 Tips Praktis Dari Ahli Keuangan – Bag 2

Tidak dipungkiri jika di era sekarang ini kebutuhan