Kaki yang dingin bisa dirasakan oleh siapa saja, namun bagaimana jika kondisi ini terjadi secara terus menerus? Tentu akan membuat frustasi dan tidak nyaman. Bahkan bisa jadi walaupun Anda telah menggunakan kaus kaki, rasa dinginnya tetap tidak hilang. Jika begini, maka Anda harus mengetahui apa penyebab kaki Anda menjadi dingin.

  1. Anda Memiliki Sirkulasi Tubuh Yang Buruk

Setiap orang memiliki sistem peredaran darah dimana sistem peredaran darah ini bertugas untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Sayangnya, beberapa orang memiliki peredaran darah yang kurang efisien. Sirkulasi tubuh yang buruk dan tidak berjalan semestinya akan mempengaruhi suhu tubuh, termasuk membuat Anda merasa kedinginan, terutama pada bagian tangan dan kaki yang pembuluh darahnya kecil dan sensitif.

Dr. Aarti Agarwal, MD, kepala petugas kesehatan di Juno Medical mengatakan, “Ada banyak faktor penyebab buruknya sirkulasi tubuh, diantaranya adalah merokok dan obesitas. Selain itu ada kondisi kesehatan yang mempengaruhi buruknya sirkulasi peredaran darah, diantaranya penyakit Raynaud dan Arteri Perifer”. Disarankan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan rutin berolahraga.

  1. Stress

Stress dan cemas ternyata juga dapat membuat kaki dan tangan menjadi dingin. Hal ini terjadi karena meningkatnya tekanan darah dan detak jantung. Saat cemas dan stress, mungkin nafas Anda juga akan terasa lebih berat. Ini terjadi karena tubuh mengarahkan oksigen ke bagian tubuh yang membutuhkan, terutama kelompok otot utama.

Sayangnya, tangan dan kaki bukanlah kelompok utama, sehingga mungkin saja mengalami penurunan aliran darah selama masa stress dan cemas. Akibatnya area tangan dan kaki menjadi dingin.

  1. Kurang Aktifnya Tiroid

Kurang aktifnya kelenjar tiroid biasa dikenal dengan istilah hipotiroidisme. Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang memiliki peran untuk memproduksi hormon yang berguna untuk mengatur tubuh dalam menggunakan energi. Kelenjar ini terletak di bagian depan leher.

Kurang aktifnya kelenjar tiroid menyebabkan kurangnya produksi hormon yang berperan mengatur penggunaan energi. AKibatnya metabolisme tubuh akan melambat dan berfungsi kurang baik. Tubuh pun akan mudah lelah, sakit, dan depresi hingga sensitif terhadap suhu dingin.

Mengatasi Kaki Dingin

Penyebab kaki dingin telah dibahas, walaupun beberapa kondisi memang diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Jika memang disertai gejala lain, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penjelasan ahli. Sebagai pertolongan pertama, saat kaki terasa dingin Anda bisa melakukan beberapa hal, diantaranya:

  1. Mencoba merenggangkan dan menggerakkan kaki untuk membantu mengalirkan darah ke area kaki agar hangat.
  2. Berolahraga rutin untuk meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.
  3. Merendam kaki dengan air hangat selama 15 menit. Cara ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke area kaki.
  4. Menenangkan kaki dengan bantuan botol yang diisi air panas atau bantalan pemanas.
  5. Mengurangi rokok dan alkohol. Kedua hal tersebut telah dikaitkan dengan masalah pembuluh darah. Jangan lupa juga untuk meminimalkan stress. Stress juga dapat menyebabkan masalah pada pembuluh darah.

Baca Juga :

Tak Perlu Obat, Coba Redakan Sakit Kaki dengan 11 Tips Berikut Ini 

Kaki Bengkak? Coba Lakukan 7 Hal Ini untuk Mengatasinya

Hemat Biaya, Ini 6 Tips Agar Rumah Tetap Hangat Saat Cuaca Dingin

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Bagaimana Cara Mengganti Nutrisi Penting Jika Anda Diet Bebas Susu

Jika Anda berencana untuk mengikuti diet bebas susu,