Beberapa jenis pakaian mungkin harus dicuci sesegera mungkin setelah digunakan, misalnya pakaian dalam dan pakaian olahraga, namun ada beberapa bahan lain yang justru tidak harus dicuci terlalu sering. Salah satunya adalah bahan jeans. Siapa yang tidak punya outfit berbahan jeans ini. Tapi, berapa kali Anda mencucinya? Apakah setelah digunakan? Ada saran ahli yang dapat memberitahu Anda.

Pendiri The Laundress Gwen Whiting dan Lindsey Boyd

Denim adalah kain tebal, tidak seperti T-shirt biasa, sehingga tidak mudah aus Ketika dicuci. Mereka menyarankan untuk mencuci jeans setidaknya setelah 10 kali pemakaian atau saat jeans mulai berbau tidak enak. Jangan lupa tambahkan pewangi pakaian saat mencucinya.

Pendiri Let’s Get You Go dan Stylist Pribadi, Nicole Russo

Banyak orang yang melakukan kesalahan dengan mencuci jeans terlalu sering. Semakin sedikit Anda mencucinya, maka akan semakin baik, terutama denim dengan bahan yang meregang. Mencuci terlalu sering justru beresiko membuat jeans rusak. 

Hindari mencuci jeans dengan air panas dan hindari mengeringkannya dengan mesin. Menggunakan mesin pengering hanya akan membuat jeans kehilangan elastisitasnya dan mengendur. Jadi, masih mau menggunakan mesin pengering?

Personal Stylist di NYC, Lana Blanc

Semakin sering jeans dicuci, maka jeans akan terlihat usang. Jika Anda mencoba untuk menjaga denim (jeans) agar tetap awet, Anda bisa mencucinya saat ia bau. Memang terkesan menjijikkan, namun fakta menemukan bahwa mikroba yang ditemukan pada denim setelah digunakan tidak berbahaya, sehingga tidak masalah jika denim tidak dicuci.

Penata Busana Selebriti Los Angeles, Venk Modur

Berapa kali sebaiknya bahan denim dicuci? Itu tergantung dari jenis denim yang dimiliki. Untuk denim jenis klasik bisa dicuci setelah 5 kali pemakaian dengan air dingin dan dikeringkan dengan udara. Untuk denim campuran yang dicampur dengan spandex, poli kapas atau lycra dapat dicuci setelah berbau.

Blogger, Gladys K. Connelly

Denim dapat dicuci setidaknya 6 minggu. Mencuci lebih sering dari itu justru akan membuat bahan denim aus. Belilah jeans baru setidaknya satu tahun sekali. Jika jeansmu bau, segera masukkan ke mesin khusus mencuci jeans. Connelly bahkan mengungkapkan bahwa ada rekannya yang memiliki mesin khusus untuk mencuci jeans. Temannya bahkan bercerita jika ada saat ia akan pergi selama 8 bulan tanpa mencuci celananya.

Pendiri The Male Report , Rinske Fris

Ada satu aturan dalam mencuci jeans, yaitu cuci sejarang mungkin untuk mempertahankan kualitas, bentuk, dan warna denim. Fris menyarankan untuk mencuci jeans setidaknya setelah 12 kali pemakaian. Selain menghilangkan bakteri, cobalah hilangkan bagian denim yang bernoda dengan menggunakan kain yang telah dibasahi air hangat dan jemur di luar ruangan tanpa dikeringkan.

Dari semua ahli, dapat disimpulkan jika ingin bahan denim atau jeans tetap awet, hindari terlalu sering mencucinya. Cucilah jika benar-benar dibutuhkan, misal Anda menumpahkan minuman di atas bahan denim Anda atau jika jeans berbau.

Jangan khawatir mengenai bakteri atau kotoran yang menempel, karena jeans yang tidak dicuci tidak akan menimbulkan resiko kesehatan. Bahkan penelitian dari University of Alberta menunjukkan jumlah bakteri yang sangat rendah pada jeans yang tidak dicuci 15 bulan berturut-turut.

Baca Juga :”

Jangan Kelamaan Pakai Jeans, Simak 5 Risiko Kesehatan Berikut Ini

8 Kesalahan Pakai Jeans Ini Bisa Membuatmu Mati Gaya

Kenali 7 Jenis Jelana Jeans Ini untuk Pilih Jeans yang Paling Cocok Untuk Kamu

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Ini Yang Terjadi Saat Anda Berhenti Mengenakan Bra

Siapa yang suka #dirumahaja dan mengenakan pakaian rumah