Jeans ketat atau skinny jeans sudah menjadi gaya yang umum di kalangan kaum muda selama bertahun-tahun. Bahkan, tahun 2022 skinny jeans juga masih populer. Beberapa orang merasa sudah nyaman menggunakan skinny jeans dan menggunakannya sampai seharian. Padahal, terlalu lama memakai skinny jeans bisa berisiko bagi kesehatan. 

Kira-kira mengapa kita tidak boleh memakai skinny jeans terlalu lama? Simak lima risiko kesehatan yang dapat terjadi jika kamu memakai skinny jeans terlalu lama: 

  1. Berbahaya untuk kesehatan kaki

Skinny jeans memang membuat kita terlihat modis. Hampir semua jenis atasan dapat dipadukan dengan skinny jeans. Namun, jika dipakai terlalu lama, skinny jeans berisiko membuat kakimu bermasalah, terutama jika kamu memakai skinny jeans sambil melakukan banyak aktivitas fisik.

Banyak bergerak atau banyak berjongkok dengan skinny jeans sepanjang hari dapat melukai otot dan saraf di kaki kamu. Tidak hanya itu, jika kamu memakai skinny jeans dengan ikat pinggang yang ketat, bagian paha bisa mati rasa, nyeri, dan kesemutan. Masalah kesehatan pada kaki yang bisa terjadi ini biasa disebut sebagai Skinny Pant Syndrome.

  1. Dapat memperlambat sirkulasi darah

Skinny jeans mungkin sudah menjadi pakaian wajib yang harus ada di lemari. Tetapi, pakaian ini bisa berbahaya jika kamu memakainya dalam waktu lama. Memakai pakaian apa pun yang terlalu ketat, terutama ketat di sekitar pinggang, dapat menurunkan sirkulasi darah dan mempersulit pembuluh darah untuk memompa darah kembali ke jantung dan organ lainnya. Tentu masalah ini dapat berpengaruh pada kesehatan secara keseluruhan.

  1. Dapat memperparah gejala mual

Celana ketat apa pun, termasuk skinny jeans, bisa menyebabkan tonjolan dalam di sekitar pinggang. Hal ini bisa menekan perut kamu sehingga menyebabkan refluks asam, salah satu masalah pencernaan paling umum yang diderita banyak orang.

Bagi yang tidak menderita masalah pencernaan, skinny jeans bisa berisiko membuat kamu mual karena asam lambung naik. Bagi yang sudah mengalami gejala mual akibat masalah pencernaan, skinny jeans dapa memperparah gejalanya. 

Karena itu, usahakan untuk tidak memakai skinny jeans terlalu lama, ya.

  1. Dapat mempengaruhi postur tubuh

Meskipun mengenakan jeans ketat membuat kamu tampil fashionable, tapi penggunaan yang terlalu lama bisa mempengaruhi postur tubuh. Jika kamu terlalu lama memakai skinny jeans, postur tubuh berisiko menjadi bungkuk. 

Hal tersebut terjadi akibat skinny jeans yang kamu pakai mengganggu keseimbangan antara punggung bawah dan pinggul. Jeans ketat yang dipakai sepanjang hari dapat meningkatkan tekanan pada cakram tulang belakang kamu. Inilah yang membuat postur tubuh jadi tidak baik.

  1. Tidak baik bagi kesehatan reproduksi

Memakai skinny jeans dalam waktu yang lama apalagi memakainya setiap hari, dapat meningkatkan risiko infeksi dan iritasi pada bagian alat reproduksi. Salah satu risiko penyakit yang dapat terjadi adalah vulvodynia. Penyakit ini ditandai dengan gejala nyeri kronis di area miss V. Para peneliti menemukan bahwa wanita yang memakai skinny jeans selama 4 kali atau lebih dalam waktu seminggu, memiliki risiko dua kali lipat untuk mengidap vulvodynia dibandingkan mereka yang tidak pernah memakai skinny jeans.

Itulah alasan mengapa kamu tidak boleh memakai skinny jeans terlalu lama, apalagi memakainya setiap hari.

Baca Juga:

8 Kesalahan Pakai Jeans Ini Bisa Membuatmu Mati Gaya

Kenali 7 Jenis Jelana Jeans Ini untuk Pilih Jeans yang Paling Cocok Untuk Kamu

Memilih Jeans Tanpa Mencoba, Memangnya Bisa? Bisa! Yuk, Simak 4 Tips Ini

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Cara Mengukur Wajah dan Memilih Gaya Kacamata Sesuai Bentuk Wajah Anda

Apa pun cuacanya, Anda selalu membutuhkan kacamata hitam!