Banyak dari kita pernah mengalami rasa sakit di telapak kaki atau tumit kita. Ini bisa terjadi setelah berolahraga, berdiri berjam-jam, duduk berjam-jam, atau karena berat badan bertambah secara drastis. 

Sakit kaki tidak boleh disepelekan. Karena, tekanan dapat merusak atau merobek jaringan yang menutupi tulang di pangkal kaki, sehingga menyebabkan peradangan dan nyeri.

Jika tidak suka minum obat atau harus menghindari konsumsi obat karena alasan tertentu, maka kamu bisa mencoba meredakan rasa sakit pada kaki dengan melakukan 11 trik berikut ini: 

  1. Peregangan pakai handuk

Coba duduk di lantai dengan kaki lurus. Gulung handuk, pegang dari kedua sisi dan letakkan di telapak kaki kamu. Tarik handuk ke arah kamu dengan lembut setidaknya selama 15 detik. Ulangi gerakan ini 2 hingga 4 kali dalam satu set. 

  1. Peregangan jari kaki

Duduk di kursi, rentangkan kaki kamu dengan posisi kaki di lantai. Sekarang, pegang jempol kaki kamu dengan tangan, lalu angkat ke atas dan turunkan. Ulangi 2 hingga 4 kali dalam satu set dan lakukan beberapa kali sehari.

  1. Peregangan betis

Berdiri sejauh satu lengan dari dinding. Tempatkan kaki kanan kamu di belakang, di bagian kiri. Secara perlahan dan lembut, tekuk kaki kiri kamu ke depan sambil menjaga lutut kanan tetap lurus dan pastikan tumit kanan kamu rata di lantai. Lakukan ini selama 15 hingga 30 detik, kemudian istirahat. Ulangi tiga kali set, lalu coba gantian kaki. 

  1. Pijat lengkungan kaki 

Kamu bisa melakukan ini sambil berdiri atau duduk. Istirahatkan kaki kamu di atas bola kecil atau botol air beku (boleh pakai botol air dingin untuk mengurangi peradangan). Coba gulung objek yang kamu pilih secara perlahan dari telapak kaki kanan ke bagian belakang tumit. Ulangi sebanyak 10 kali pada setiap kaki. Lakukan hal ini sekali sehari.

  1. Terapi kelereng

Relaksasi kaki kali ini membutuhkan kelereng dan mangkuk atau cangkir kosong. Letakkan kelereng di lantai, duduk di kursi, lalu ambil kelereng dari lantai dengan kaki kamu. Ambil kelerengnya, lalu masukkan di wadah kosong menggunakan jari-jari kaki kamu. Cara ini bisa meredakan sakit kaki, loh. 

  1. Peregangan telapak kaki

Sebelum turun dari tempat tidur, regangkan kaki kamu dengan melenturkannya ke atas dan ke bawah setidaknya 10 kali sebelum berdiri.

  1. Tekuk jari kaki

Letakkan tumit kamu di lantai. Angkat sedikit jari kaki kamu ke atas, lalu tekuk ke arah bawah. Tahan posisi selama beberapa detik. Kemudian, tekuk jari-jari kaki kamu ke atas selama beberapa detik. Ulangi 5 kali.

  1. Longgarkan seprai 

Jangan menjepit sudut seprai kamu di bawah kasur. Cobalah untuk menjaga seprai atau selimut tetap longgar saat kamu tidur. Sebab, jika seprai terlalu kaku, kaki kamu akan berada dalam posisi runcing.

  1. Hindari berjalan tanpa alas kaki

Sebaiknya hindari berjalan tanpa alas kaki apalagi saat berjalan di permukaan yang keras. Letakkan sandal atau sepatu di samping tempat tidur kamu, dan pakailah ke mana pun kamu pergi, bahkan saat di dalam rumah sekalipun. 

  1. Terapi pakai es batu

Oleskan es setelah berolahraga atau aktivitas fisik. Isi kantong kain dengan es dan letakkan di area yang sakit setidaknya tiga atau empat kali sehari selama 15 menit.

  1. Kenakan sepatu dengan hak rendah dan sol tebal

American Academy of Orthopedic Surgeons mengatakan bahwa dukungan dan kebugaran yang tepat penting untuk menghindari nyeri tumit dan mencegah cedera terkait olahraga lainnya. Pastikan sepatu memiliki insole ortopedi di dalam untuk memberikan bantalan tambahan. Hindari sepatu hak tinggi dan usahakan pakai sol tebal untuk merawat kesehatan kaki.

Baca Juga :

8 Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki

Bumil, Coba Lakukan 5 Trik Ini untuk Atasi Masalah Kehamilan

Bumil, Coba Lakukan 5 Trik Ini untuk Atasi Masalah Kehamilan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Makanan Bebas Gluten Bagi Penderita Penyakit Celiac

Diet bebas gluten sudah diterima dan diterapkan di