Menjalani fase kehamilan tentu saja tidak mudah, entah itu kehamilan pertama, kedua, atau ketiga. Kehamilan merupakan perjuangan bagi ibu dan si jabang bayi. Menjaga kesehatan kehamilan adalah hal yang penting dilakukan agar janin dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, hingga siap dilahirkan ke dunia. 

Meski hamil, tentunya kamu tetap menjalani aktivitas sehari-hari, bukan? 

Saat menjalankan aktivitas seperti biasa, ada banyak masalah yang kerap dijumpai para ibu hamil (bumil). Hal ini cukup wajar karena bentuk tubuh, pola makan, dan kebiasaan menjadi berubah saat masa kehamilan.

Karenanya, berikut terdapat beberapa trik yang mungkin dapat membantu para bumil agar bisa mengatasi masalah kehamilan. 

  1. Konsumsi madu untuk mengatasi nyeri ulu hati

Selama kehamilan, kamu pasti pernah mengalami sensasi terbakar yang menyakitkan di dada setelah makan makanan berat. Gejala tersebut mungkin saja terjadi karena tubuh kamu mengalami banyak perubahan hormon dan berat badan saat fase kehamilan. 

Untuk meredakan gejala dengan cepat, kamu bisa mencoba mengonsumsi madu. Caranya, campurkan satu sendok makan madu dalam susu hangat, lalu minum. Campuran madu dan susu hangat akan meredakan nyeri pada ulu hati yang kamu derita. Selain itu, resep ini juga bisa membantu kamu saat mengalami diare.

Ingat, selama masa kehamilan, kamu perlu memastikan tubuh mengonsumsi semua nutrisi penting untuk menjaga kesehatan ibu dan mendukung perkembangan janin. Oleh karena itu, konsumsi madu sebagai obat alami bisa menjadi solusi.

  1. Pilih bra sport daripada bra khusus bersalin

Saat hamil bentuk tubuh kamu akan berubah, termasuk bentuk payudara. Jadi,  kemungkinan besar kamu akan merasa tidak nyaman jika masih memakai bra lama kamu. Alih-alih membeli bra bersalin  yang mahal dan mungkin tidak akan kamu pakai lagi setelah melahirkan, lebih baik kamu membeli sport bra. 

Mengapa sport bra? Karena sport bra sangat mungkin kamu gunakan lagi bahkan setelah hamil, melahirkan, dan menyusui. Sport bra akan mendukung banyak aktivitasmu di masa depan, jadi pastikan kamu memilih bra yang sesuai dengan ukuran payudara.

Saat membeli sport bra, pilihlah yang memiliki bahan ringan, lembut, dan memiliki daya serap keringat tinggi. Pemilihan bahan yang tepat akan membantumu sebagai langkah antisipasi ketika terjadi kebocoran asi selama masa kehamilan dan menyusui. 

  1. Makan pisang untuk meredakan kram kaki

Banyak ibu hamil mengalami rasa sakit yang terjadi secara tiba-tiba pada kaki mereka. Hal ini biasanya terjadi pada malam hari. Umumnya, sakit atau kram pada kaki terjadi akibat tubuh kekurangan vitamin. Saat tubuh kekurangan vitamin, metabolisme akan berubah dan terjadilah kram pada berbagai bagian tubuh, termasuk kaki dan pinggang. 

Gejala kram kaki umum terjadi di akhir masa kehamilan. Jadi, kamu perlu mengantisipasi kram kaki dan menanggulanginya saat sudah terjadi. Ternyata, tidak perlu obat untuk mengatasi masalah kram kaki. Hal yang kamu butuhkan hanyalah buah pisang.

Konsumsi buah pisang setiap hari agar tubuh mendapat cukup asupan magnesium, potassium, dan kalsium. Nutrisi-nutrisi ini penting untuk membantu meredakan kram pada otot.

  1. Membeli botol air yang unik dan cantik agar termotivasi untuk banyak minum

Selama kehamilan, pastikan tubuh kamu tetap terhidrasi. Ini sangatlah krusial bagi kesehatan dan kondisi tubuh. Air dalam tubuh membantu kinerja sistem pencernaan sekaligus membentuk cairan ketuban di sekitar janin. Karenanya, dokter menyarankan ibu hamil minum 8 – 12 gelas dalam sehari. 

Jika kamu terus menerus lupa untuk minum, maka carilah cara agar kamu termotivasi untuk banyak minum air. Misalnya, dengan membeli botol unik, lucu, atau cantik, untuk di bawa kemana pun kamu pergi. Selalu isi botol dengan air mineral dan konsumsi setiap saat.  Jika perlu, ingatkan dirimu untuk minum menggunakan fitur alarm di ponsel. 

  1. Olahraga teratur

Jangan jadikan hamil sebagai alasan untuk kamu tidak berolahraga. Pasalnya, banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan bila rutin berolahraga selama masa kehamilan. Selain mencegah atau meringankan sakit dan nyeri selama hamil, berolahraga juga bisa meningkatkan kekuatan serta daya tahan tubuh seiring bertambahnya usia kehamilan.

Beberapa jenis olahraga yang baik dilakukan selama masa kehamilan adalah yoga, renang, jalan cepat dan senam khusus bumil. 

Baca Juga a:

Kapan Hamil: Waktu Terbaik Untuk Memiliki Bayi

Ini Lho Cara Mencari Tahu Apakah Anda Hamil

Apakah Anda Hamil? Cek 23 Tanda Kehamilan Ini – Bagian 2

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

10 Ide Permainan Bridal Shower Menyenangkan yang Akan Disuka Tamu Anda

Dari merencanakan pesta lajang hingga memastikan pengantin wanita