Setiap orang pasti memiliki momen yang tidak termaafkan. Kesalahan yang pernah dilakukan ini tentu terus membayangi dan selalu muncul di pikiran Anda. Mungkin saja Anda pernah membicarakan hal yang kurang baik tentang orang-orang di sekitar Anda atau Anda pernah membentak si kecil? Apapun kesalahan yang telah dilakukan seburuk apapun itu, Anda harus berusaha untuk memaafkan diri Anda sendiri.

Memaafkan diri sendiri adalah hal penting yang harus dilakukan, sebab dengan memaafkan diri sendiri perasaan kita akan menjadi lebih baik dan hidup kita juga akan berjalan dengan lebih bahagia tanpa ada perasaan bersalah. Sayangnya, kebanyakan dari kita belum bisa belajar untuk memaafkan diri kita sendiri. Bagaimana caranya untuk memaafkan diri sendiri?

  1. Kesalahan Hal Yang Wajar Dilakukan Oleh Manusia

Jika Anda menyalahkan diri sendiri karena melakukan sebuah kesalahan, maka Anda tidak akan pernah merasa lebih baik. Tak apa membuat kesalahan. Akui saja kesalahan yang Anda lakukan.

Salahs atu hal yang membuat seseorang menyesal adalah adanya kemampuan tak dan pikiran yang memberitahu kita “Kenapa ya kita bisa berbuat setega dan sekejam itu”. Perasaan inilah yang membuat rasa penyesalan terus menerus dating.

Kesalahan adalah hal yang wajar dilakukan oleh manusia. Daripada terus menerus hidup dengan dibayangi rasa takut, Anda bisa mengubah rasa takut ini menjadi keberanian untuk meminta maaf dan berjanji untuk tidak mengulangi kesalahan itu kembali. Ambillah hikmah dan pelajaran dari kesalahan yang Anda lakukan.

  1. Menuliskan Perasaan Anda

Journaling atau menulis buku harian dianggap sebagai terapi psikologis yang tepat bagi seseorang. Menulis adalah hal yang dapat dilakukan untuk mencurahkan semua perasaan yang Anda rasakan. Setelah menuliskan semua yang dirasakan, tentu Anda akan merasa lega dan lebih tenang.

Anda bisa menuliskan apa yang Anda takutkan, misal “Saya pembohong”, “Saya pemarah”. Setelah itu lihat kembali tulisan Anda dan introspeksi apakah Anda berbohong dan marah setiap hari? Atau Anda berbohong dan marah karena suatu hal tertentu saja? Tentu tak masalah jika berbohong dan marah sesekali.

  1. Minta Maaf

Saat melakukan kesalahan, mungkin saja ada orang lain yang merasa sakit hati dengan kesalahan Anda. Misalnya saja Anda membentak anak, maka tentu di sini anaklah yang merasa sakit hati dan sedih. Tak hanya memaafkan diri sendiri, namun Anda juga harus berbesar hati untuk meminta maaf kepada orang yang Anda sakiti.

Membiarkan orang lain tahu bahwa kita salah dan mau meminta maaf adalah hal yang sangat baik dilakukan dan kita patut berbangga karena kita berjiwa besar dan tak gengsi untuk meminta maaf.

Mungkin muncul ketakutan dalam benak Anda, apakah Anda akan dimaafkan atau tidak? Jika memang tidak dimaafkan, tidak masalah karena mereka pun berhak atas perasaan mereka, begitu juga Anda berhak untuk berbangga hati karena sudah berani untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf. Jadi, biarkan saja dan mulailah memaafkan diri Anda sendiri.

  1. Menerima Konsekuensi

Apapun tindakan pasti ada konsekuensinya, termasuk jika kita berbuat kesalahan. Misal Anda berbohong di tempat kerja, maka konsekuensinya adalah dipecat. Tak apa jika memang terjadi. Anda harus menerima konsekuensinya. Anda harus berubah dan memulai hal yang baik di tempat kerja yang baru nantinya

Baca Juga :

5 Alasan Mengapa Wanita Tidak Bisa Memaafkan atau Memahami Pria

Jangan Langsung Memaafkan! Ini yang Harus Kamu Lakukan Jika Pasanganmu Pernah Menduakanmu

Memaafkan Adalah Obat yang Paling Manjur Untuk Patah Hati

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Makanan Bebas Gluten Bagi Penderita Penyakit Celiac

Diet bebas gluten sudah diterima dan diterapkan di