Menua adalah hal yang pasti terjadi dan tidak dapat kita hindari. Inilah mengapa seiring bertambahnya usia, mulai muncul keriput pada wajah. Ada dua faktor yang mempengaruhi penuaan, yaitu intrinsik dan ekstrinsik. Faktor intrinsik adalah faktor penyebab penuaan yang tidak dapat kita kendalikan, karena memang sudah genetik dan bertambahnya usia, sedangkan faktor ekstrinsik adalah faktor penuaan yang dapat kita kendalikan, salah satunya adalah paparan sinar matahari. Selain paparan sinar matahari, ada beberapa kebiasaan dan aktivitas sehari-hari yang mungkin saja tidak Anda sadari justru mempercepat terjadinya penuaan ini, diantaranya:

Tidur Tanpa Membersihkan Wajah

“Tidak membersihkan wajah, terlebih tidur dengan makeup yang masih menempel adalah kebiasaan yang tidak disarankan, karena riasan pada wajah dapat menyumbat pori-pori dan beresiko menimbulkan jerawat. Jerawat inilah yang akan menyebabkan terjadinya peradangan pada kulit dan menyebabkan penuaan dini” , ungkap Dr. Jessica Wright, seorang ahli bedah dari Texas

Tidak membersihkan wajah sebelum tidur juga dapat membuat serum dan skincare malam Anda tidak dapat bekerja dengan maksimal. Membersihkan wajah dari makeup dan kotoran sebelum tidur adalah hal yang wajib dilakukan.

Membersihkan Wajah Terlalu Keras

Membersihkan wajah memang penting, namun cara membersihkannya juga sangat penting. “Sangat penting untuk memperhatikan bagaimana cara membersihkan wajah, terutama area mata yang penuh dengan jaringan halus. Hindari membersihkannya terlalu bersemangat dan menariknya”, ungkap Dr. Wright.

Terlalu bersemangat dalam membersihkan wajah juga dapat menyebabkan terjadinya kerutan pada wajah. Dr. Wright menyarankan untuk mencuci wajah dahulu saat mandi dan biarkan wajah basah selama 5 menit. Selanjutnya Anda bisa menggunakan micellar water atau milk cleanser untuk membersihkan kotoran yang tersisa.

Mengkonsumsi Gula Terlalu Banyak

Peradangan akibat jerawat dapat memicu terjadinya penuaan. Gula yang terlalu banyak di dalam tubuh juga dapat memicu terjadinya peradangan di seluruh tubuh, termasuk kulit. “Kerusakan awal kolagen dapat disebabkan karena adanya peradangan. Inilah yang menyebabkan munculnya keriput dan penuaan kulit”, ungkap Devika Icecreamwala dokter kulit bersertifikat di Berkeley.

Gula dan rasa manis memang tak bisa ditolak. Ada baiknya Anda mengganti gula dengan buah-buahan yang manis dan mengkonsumsi coklat hitam dibandingkan coklat susu.

Perjalanan

Anda mungkin tak asing dengan paparan sinar matahari yang beresiko menyebabkan penuaan. Bukan hanya di pantai saja yang menjadi penyebabnya. Namun, pernahkah Anda melakukan perjalanan singkat, misalnya saja pergi ke toko kelontong untuk membeli sesuatu. Walaupun hanya beberapa menit saja, namun ini sama saja membiarkan paparan sinar matahari masuk ke dalam wajah Anda. Belum lagi sinar UVA yang dapat menembus kaca mobil Anda.

Salah satu cara untuk mengantisipasi paparan sinar matahari ini adalah dengan mengoleskan krim atau tabir surya dengan kandungan SPF tertentu. Oleskan setiap pagi dan oleskan lagi setidaknya 3-4 jam setelah penggunaannya. Simpan tabir surya tambahan di dalam mobil Anda.

Itulah beberapa kebiasaan yang dapat membuat Anda lebih tua. Tak hanya itu, namun masih ada kebiasaan lain yang harus Anda tahu di bagian 2. 

Baca Jug :

<strong>6 Gaya Pengasuhan: Orang Tua Macam Apa Anda? </strong>

Anak Mulai Pacaran? Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua

Hindari 7 Hal Ini Jika Tidak Ingin Terlihat Lebih Tua dari Usia Sebenarnya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like

Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Terapi Cahaya Untuk Jerawat Bag 2

Jika Anda pernah berurusan dengan jerawat, bahkan jika