Metabolisme tubuh adalah proses kimia dimana tubuh ajab mengubah makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuhb menjadi energi. Dengan energi inilah sel dan jaringan tubuh akan tetap sehat dan dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Banyak sekali fungsi tubuh yang dipengaruhi oleh proses metabolisme ini, diantaranya proses pencernaan makanan, proses aliran darah, serta proses memperbaiki dan memperbaharui sel. Proses metabolisme tubuh juga membantu pengendalian suhu tubuh, proses pembuangan kotoran tubuh melalui urine dan feses, serta menjaga fungsi dari organ tubuh seperti otak.

Cpat atau lambatnya metabolisme tubuh sangat dipegaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor yang tidak dapat dikendalikan seperti usia dan genetik, sedangkan faktor yang bisa kita kendalikan adalah makanan, sehingga ada beberapa makanan yang dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh. Sebelumnya jangan lupa baca juga bagian I ya.

Cabai 

Makanan bercitarasa pedas mengandung bahan kimia yang membantu menginkatkan metabolisme tubuh. Cabai mengandung ‘capsaicin’ bioaktif, yang memiliki kekuatan untuk mengaktifkan sistem kekebalan melawan sel kanker,” kata Goodman. Capsaicin, juga membantu tubuh membakar lebih banyak energi. 

Kayu Manis

Saat kadar glukosa tubuh terlalu tinggi, tubuh akan memproduksi insulin dalam jumlah berlebih, sehingga membatasi tubuh untuk penurunan lemak. Mirip dengan cabai rawit, banyak rempah-rempah yang diketahui dapat meningkatkan metabolisme. Namun, menambahkan kayu manis ke dalam makanan Anda dapat membantu mencegah lonjakan gula darah setelah makan.

Buah Beri

Buah beri adalah superfood yang kaya nutrisi. Buah beri membantu mengurangi resiko kanker paru-paru, menghambat perkembangan kanker,melindungi DNA, dan meningkatkan respon kekebalan tubuh. Mengkonsumsi buah beri juga terbukti memiliki efek menguntungkan pada metabolisme, menstabilkan kadar glukosa, dan menurunkan kandungan lemak tubuh.

Ikan

Banyak sekali jenis ikan, namun ada nutrisi spesifik yang ditemukan pada ikan, yaitu Omega 3, EPA, dan DHA yang memberikan manfaat luar biasa bagi tubuh. Nutrisi ini telah terbukti secara drastis mengurangi peradangan, meningkatkan kolesterol HDL (jenis baik yang membuang kelebihan kolesterol dalam tubuh),  dan membantu menjaga fungsi otak. Faktanya, hingga 50 persen asam lemak di otak terdiri dari DHA. 

Gandum Utuh

Asam lemak yang terkandung dalam biji-bijian membantu memicu peepasan leptin (hormon yang memberikan rasa kenyang), sehingga membantu Anda makan lebih sedikit. Tingginya serat juga membantu memperlambat pelepasan gula darah dan menjaga kadar insulin dalam tubuh.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa membantu menjaga keseimbangan bakteri baik yang terdapat did alam usus. Terlepas dari kenyataan bahwa minyak kelapa memiliki kandungan lemak jenuh, minyak kelapa adalah pilihan tepat sebagai pengganti minyak goreng. Minyak kelapa memiliki kandungan trigliserida yang membantu mengurangi kolesterol dan obesitas.  Minyak kelapa juga tinggi lemak baik yang  berfungsi meningkatkan metabolisme Anda. 

Granola 

Kandungan protein yang tinggi pada kacang-kacangan membuat tubuh Anda membakar lebih banyak lemak untuk mencernanya. Mereka juga merupakan makanan rendah glisemik, yang membantu menjaga gula darah tetap stabil. Meskipun ukurannya kecil, kacang-kacangan harus dimakan secukupnya agar berat badan tetap terjaga.

Baca Juga :

<strong>6 Cara Seimbangkan Metabolisme Anda Dengan Makanan</strong>

4 Kebiasaan Baik Untuk Metabolisme Yang Lebih Sehat

Bisa Mengacaukan Diet Kamu, Ini Mitos Metabolisme Tubuh Yang Dipercaya

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

9 Cara Menurunkan Berat Badan dengan PCOS

Jika Anda menderita sindrom ovarium polikistik (PCOS), tindakan