Sebagai seorang ibu, tentu kamu sudah melakukan segala yang terbaik dalam merawat anak kamu. Tapi, apa yang terbaik bagi kamu, belum tentu terbaik bagi anak. Kadang, apa yang kamu lakukan bisa dianggap menyebalkan oleh anak. Nah, sebenarnya, menurut sebuah survei, ternyata anak-anak memiliki beberapa parameter tertentu yang membuat mereka menyukai sang ibu dan menganggap ibu sebagai role model yang super keren.

Kira-kira apa yang bisa kamu lakukan agar menjadi ibu yang keren bagi anak-anak? Simak daftar berikut: 

  1. Dengarkan anak

Salah satu aspek terpenting untuk menjadi ibu yang keren adalah mendengarkan anak-anak kamu. Ketika anak datang kepadamu untuk menceritakan masalah mereka, maka jadilah teman bagi mereka. 

Penting bagi anak-anak kamu untuk mengetahui bahwa ibunya akan selalu ada untuk mendengarkan dan mendukung mereka. Dengan mendengarkan anak, kamu akan mendapatkan kepercayaannya dan ia pun akan lebih terbuka kepadamu.

  1. Dukung minat anak

Mengetahui hobi apa yang dimiliki anak kamu dan melakukan hobi bersama mereka adalah cara yang sangat bagus untuk mendapatkan rasa hormat dari anak kamu. 

Ketika anak kamu merasa bahwa hobi mereka dihargai, mereka pun akan menghargai ketertarikan dan hobi kamu. Ini akan memungkinkan kamu memiliki banyak hal untuk didiskusikan dengan anak. 

Bahkan jika kamu tidak berpartisipasi untuk melakukan hobi itu bersama mereka, dengan mengajukan pertanyaan tentang hobi anak sudah sangat baik. Mereka akan merasa dihargai dan diperhatikan. 

  1. Hargai privasi anak

Memiliki sebuah rahasia adalah bagian besar dari pertumbuhan seorang individu. Tidak masalah jika anak kamu memiliki rahasia darimu. Tapi jika kamu merasa seolah-olah anak kamu sedang dalam bahaya, maka itu sudah lain cerita, kamu harus tahu apa yang terjadi dan menanyakan kepada mereka dengan baik. 

Tapi, jika rahasia tersebut adalah tentang cinta pertama mereka atau hal lainnya, maka kamu perlu menghormati privasi anak. Mereka akan memberi tahu kamu saat mereka merasa nyaman tentang hal itu.

  1. Laungkan waktu untuk q-time dengan anak

Q-time atau quality time dengan anak sangatlah penting. Coba pilih satu hari setiap bulan untuk dijadikan q-time bersama anak. Kamu bisa berbelanja, berolahraga, mengikuti kelas memasak, menonton film, atau melakukan apa pun yang bisa kalian nikmati berdua. 

Q-time akan memberi kamu kesempatan untuk benar-benar terikat dengan anak. Ini juga dapat membuktikan kepada anak bahwa kamu senang bersama mereka dan sangat mencintai mereka. 

  1. Kenali teman anak

Mengenal teman anak akan membuat kamu tenang ketika mereka bermain di luar rumah. Selain itu, dengan mengenal teman anak, maka anak kamu pun akan merasa nyaman untuk mengundang temannya ke rumah. 

Bertemu dan bergaul dengan teman-teman anak adalah hal yang penting. Tapi ingat, kamu harus menghormati privasi mereka juga ya. 

  1. Pahami bahasa dan selera anak

Setiap anak melewati fase yang berbeda dengan kamu, baik itu tentang mode, musik, atau kepribadian. Itu semua adalah bagian penting dari pertumbuhan anak saat mencari jati diri.

Sementara beberapa fase ini mungkin tidak sesuai dengan apa yang kamu suka atau apa yang kamu anggap benar, tapi kamu tetap harus menerimanya. Zaman sudah berubah, begitu juga gaya hidup anak. 

Satu hal yang penting adalah kamu perlu memastikan anak kamu mengetahui bahwa  kamu selalu ada untuk mereka dan mendukung mereka.

  1. Memiliki aturan yang santai

Kunci lain yang akan membuat kamu menjadi ibu yang keren adalah memiliki aturan santai yang menyenangkan dan tidak terlalu ketat. Menurut survei, anak-anak yang mengatakan bahwa ibunya adalah sosok yang keren mengaku bahwa ibu mereka membiarkan mereka lolos (tidak memerahi mereka) untuk sesuatu yang bisa dianggap masalah oleh ibu-ibu lain.  

Baca Juga :

Topi yang Cocok Kamu Gunakan Saat Liburan Musim Dingin

Sibuk Seharian? Hindari Penampilan Kucel Dengan Tips Berikut

Inspirasi Make Up Keren dari Beauty Blogger Indonesia yang Bisa Kamu Tiru Dan Jadikan Contoh

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

8 Ide Warna Rambut Merah yang Cantik untuk Setiap Skin Tone Wanita Indonesia

Mewarnai rambut memang perlu banyak pertimbangan. Apalagi bagi